PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR MATEMATIKA MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF INDEX CARD MATCH (PTK Pembelajaran Matematika Bagi Siswa Kelas VIII Semester Gasal MTs Negeri Boyolali Tahun Ajaran 2010/2011)
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan aktivitas siswa dalam pembelajaran matematika pada materi sistem persamaan linear dua variabel melalui strategi pembelajaran aktif index card match. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. S...
Gardado en:
Autor Principal: | |
---|---|
Formato: | Thesis |
Idioma: | English English English English English English English English |
Publicado: |
2011
|
Subjects: | |
Acceso en liña: | https://eprints.ums.ac.id/11768/ |
Tags: |
Engadir etiqueta
Sen Etiquetas, Sexa o primeiro en etiquetar este rexistro!
|
Summary: | Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan
aktivitas siswa dalam pembelajaran matematika pada materi sistem persamaan
linear dua variabel melalui strategi pembelajaran aktif index card match.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian yang
dikenai tindakan adalah siswa kelas VIIIG MTs Negeri Boyolali yang berjumlah
38 siswa, sedangkan obyek penelitian adalah aktivitas belajar matematika. Metode
pengumpulan data dilakukan melalui observasi, catatan lapangan, dan
dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan
model alur. Keabsahan data menggunakan teknik triangulasi yaitu triangulasi
sumber dan metode. Hasil penelitian adalah ada peningkatan aktivitas belajar
matematika yang dapat dilihat dari meningkatnya indikator aktivitas belajar
matematika meliputi: 1) menjawab pertanyaan sebelum tindakan 27,8 %, putaran I
41,7 %, putaran II 52,6 %, dan di akhir tindakan 79,4 %, 2) mengajukan
pertanyaan sebelum tindakan 13,9 %, putaran I 19,4 %, putaran II 28,9 %, dan di
akhir tindakan 41,2 %, 3) mengemukakan pendapat sebelum tindakan 5,6 %,
putaran I 2,8 %, putaran II 10,5 %, dan di akhir tindakan 23,5 %, 4)
mempresentasikan hasil pekerjaan sebelum tindakan 8,3 %, putaran I 33,3 %,
putaran II 52,6 %, dan di akhir tindakan 76,5 %, 5) mengerjakan pekerjaan rumah
sebelum tindakan 55,6 %, putaran I 69,4 %, putaran II 78,9 %, dan di akhir
tindakan 94,1 %. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penggunaan strategi
pembelajaran aktif index card match dalam pembelajaran matematika dapat
meningkatkan aktivitas belajar matematika.
|
---|