PENINGKATAN MINAT BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN RESOURCE BASED LEARNING ( PTK di Kelas VII SMP Negeri 2 Colomadu Tahun Ajaran 2010 / 2011 )

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar siswa dalam pembelajaran matematika melalui pendekatan resource based learning. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas bersifat kolaboratif antara peneliti, guru matematika, dan kepala sekolah SMP Negeri 2 Colomadu. Sebagai subje...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Ernawati , Ernawati
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
English
Published: 2011
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/11767/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804995430552961024
author Ernawati , Ernawati
author_facet Ernawati , Ernawati
author_sort Ernawati , Ernawati
collection ePrints
description Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar siswa dalam pembelajaran matematika melalui pendekatan resource based learning. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas bersifat kolaboratif antara peneliti, guru matematika, dan kepala sekolah SMP Negeri 2 Colomadu. Sebagai subjek penerima tindakan adalah siswa kelas VII C yang berjumlah 35 siswa, dan subjek pelaksanaan tindakan adalah peneliti dan guru matematika kelas VII C. Data dikumpulkan melalui metode observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Data dianalisis secara diskriptif kualitatif dengan analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini mennunjukkan bahwa pembelajaran matematika dengan pendekatan Resource Based Learning dapat meningkatkan minat belajar siswa. Hal ini dilihat dari aspek – aspek berikut : 1) Antusias Siswa dalam mengikuti pelajaran matematika sebelum tindakan 34.3% meningkat sebanyak 37.1% pada akhir tindakan; 2) Siswa yang memberi tanggapan kepada guru atau siswa lain sebelum tindakan 8.6% meningkat sebanyak 34.3% pada akhir tindakan; 3) Siswa yang menjawab pertanyaan dari guru atau siswa lain sebelum tindakan 14.3% meningkat sebanyak 40% pada akhir tindakan; 4) Siswa menanyakan materi yang belum jelas sebelum tindakan 17.1% meningkat sebanyak 37.2% pada akhir tindakan. Kesimpulan penelitian ini adalah pembelajaran matematika dengan pendekatan resource based learning dapat meningkatkan minat belajar siswa.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:11767
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
English
English
English
English
publishDate 2011
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:11767 https://eprints.ums.ac.id/11767/ PENINGKATAN MINAT BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN RESOURCE BASED LEARNING ( PTK di Kelas VII SMP Negeri 2 Colomadu Tahun Ajaran 2010 / 2011 ) Ernawati , Ernawati L Education (General) Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar siswa dalam pembelajaran matematika melalui pendekatan resource based learning. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas bersifat kolaboratif antara peneliti, guru matematika, dan kepala sekolah SMP Negeri 2 Colomadu. Sebagai subjek penerima tindakan adalah siswa kelas VII C yang berjumlah 35 siswa, dan subjek pelaksanaan tindakan adalah peneliti dan guru matematika kelas VII C. Data dikumpulkan melalui metode observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Data dianalisis secara diskriptif kualitatif dengan analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini mennunjukkan bahwa pembelajaran matematika dengan pendekatan Resource Based Learning dapat meningkatkan minat belajar siswa. Hal ini dilihat dari aspek – aspek berikut : 1) Antusias Siswa dalam mengikuti pelajaran matematika sebelum tindakan 34.3% meningkat sebanyak 37.1% pada akhir tindakan; 2) Siswa yang memberi tanggapan kepada guru atau siswa lain sebelum tindakan 8.6% meningkat sebanyak 34.3% pada akhir tindakan; 3) Siswa yang menjawab pertanyaan dari guru atau siswa lain sebelum tindakan 14.3% meningkat sebanyak 40% pada akhir tindakan; 4) Siswa menanyakan materi yang belum jelas sebelum tindakan 17.1% meningkat sebanyak 37.2% pada akhir tindakan. Kesimpulan penelitian ini adalah pembelajaran matematika dengan pendekatan resource based learning dapat meningkatkan minat belajar siswa. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11767/1/2._Halaman_Depan.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11767/2/3._BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11767/5/4._BAB_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11767/6/5._BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11767/11/6._BAB_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11767/13/7._BAB_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11767/16/8._daftar_pustaka.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11767/25/9._Lampiran.pdf Ernawati , Ernawati (2011) PENINGKATAN MINAT BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN RESOURCE BASED LEARNING ( PTK di Kelas VII SMP Negeri 2 Colomadu Tahun Ajaran 2010 / 2011 ). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A410070251
spellingShingle L Education (General)
Ernawati , Ernawati
PENINGKATAN MINAT BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN RESOURCE BASED LEARNING ( PTK di Kelas VII SMP Negeri 2 Colomadu Tahun Ajaran 2010 / 2011 )
title PENINGKATAN MINAT BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN RESOURCE BASED LEARNING ( PTK di Kelas VII SMP Negeri 2 Colomadu Tahun Ajaran 2010 / 2011 )
title_full PENINGKATAN MINAT BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN RESOURCE BASED LEARNING ( PTK di Kelas VII SMP Negeri 2 Colomadu Tahun Ajaran 2010 / 2011 )
title_fullStr PENINGKATAN MINAT BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN RESOURCE BASED LEARNING ( PTK di Kelas VII SMP Negeri 2 Colomadu Tahun Ajaran 2010 / 2011 )
title_full_unstemmed PENINGKATAN MINAT BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN RESOURCE BASED LEARNING ( PTK di Kelas VII SMP Negeri 2 Colomadu Tahun Ajaran 2010 / 2011 )
title_short PENINGKATAN MINAT BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN RESOURCE BASED LEARNING ( PTK di Kelas VII SMP Negeri 2 Colomadu Tahun Ajaran 2010 / 2011 )
title_sort peningkatan minat belajar siswa dalam pembelajaran matematika melalui pendekatan resource based learning ptk di kelas vii smp negeri 2 colomadu tahun ajaran 2010 2011
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/11767/
work_keys_str_mv AT ernawatiernawati peningkatanminatbelajarsiswadalampembelajaranmatematikamelaluipendekatanresourcebasedlearningptkdikelasviismpnegeri2colomadutahunajaran20102011