STRATEGI PEMBELAJARAN MATEMATIKA RINTISAN SEKOLAH BERTARAF INTERNASIONAL (RSBI) ( Studi Fenomenologi di SMP N 2 Boyolali Tahun Ajaran 2010/2011 )

Tujuan penelitian ini adalah untuk memaparkan strategi pengorganisasian materi dan strategi pengorganisasian interaksi pembelajaran matematika di SMP N 2 Boyolali. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan studi fenomenologi. Infoman dalam penelitian ini adalah Kepala sekolah, guru, d...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Janah , Nurul Choirul
Format: Thesis
Language:English
English
Published: 2011
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/11766/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804995430280331264
author Janah , Nurul Choirul
author_facet Janah , Nurul Choirul
author_sort Janah , Nurul Choirul
collection ePrints
description Tujuan penelitian ini adalah untuk memaparkan strategi pengorganisasian materi dan strategi pengorganisasian interaksi pembelajaran matematika di SMP N 2 Boyolali. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan studi fenomenologi. Infoman dalam penelitian ini adalah Kepala sekolah, guru, dan siswa SMP N 2 Boyolali. Teknik analisis data dilakukan dengan pendekatan second order understanding. Keabsahan data digunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) strategi pembelajaran di SMP N 2 Boyolali adalah strategi pembelajaran yang berbasis IT dan mengacu pada kurikulum KTSP. (2) strategi pengorganisasian materi pembelajaran matematika meliputi aspek pemilihan isi, penataan urutan isi, dan penyajian. Pada aspek pemilihan isi meliputi ilmiah, relevan, memadai, aktual dan konseptual, fleksibel dan menyeluruh. Pada penyajian materi berdasarkan silabus disesuaikan dengan kondisi SMP N 2 Boyolali. (3) strategi pengorganisasian interaksi pembelajaran matematika meliputi dua aspek yaitu interaksi guru dengan siswa dan interaksi siswa dengan siswa lainnya dapat terjalin dengan baik. Interaksi guru dengan siswa dalam pembelajaran mencangkup peran guru sebagai pendidik, informator, motivator, konselor, organisator, moderator, motor, evaluator, katalisator, dan pelopor dapat tercapai dengan baik dan terjadi timbal balik yang sangat berfungsi dengan baik. Interaksi siswa dengan siswa lainnya terjadi di dalam kelas maupun di luar kelas terjalin dengan baik yaitu mencangkup diskusi dalam kelas, diskusi kelompok, kerjasama siswa secara berpasangan dan belajar mandiri. Dengan adanya interaksi antara siswa dengan siswa lainnya menimbulkan semangat dan motivasi dalam pembelajaran matematika.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:11766
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
publishDate 2011
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:11766 https://eprints.ums.ac.id/11766/ STRATEGI PEMBELAJARAN MATEMATIKA RINTISAN SEKOLAH BERTARAF INTERNASIONAL (RSBI) ( Studi Fenomenologi di SMP N 2 Boyolali Tahun Ajaran 2010/2011 ) Janah , Nurul Choirul L Education (General) Tujuan penelitian ini adalah untuk memaparkan strategi pengorganisasian materi dan strategi pengorganisasian interaksi pembelajaran matematika di SMP N 2 Boyolali. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan studi fenomenologi. Infoman dalam penelitian ini adalah Kepala sekolah, guru, dan siswa SMP N 2 Boyolali. Teknik analisis data dilakukan dengan pendekatan second order understanding. Keabsahan data digunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) strategi pembelajaran di SMP N 2 Boyolali adalah strategi pembelajaran yang berbasis IT dan mengacu pada kurikulum KTSP. (2) strategi pengorganisasian materi pembelajaran matematika meliputi aspek pemilihan isi, penataan urutan isi, dan penyajian. Pada aspek pemilihan isi meliputi ilmiah, relevan, memadai, aktual dan konseptual, fleksibel dan menyeluruh. Pada penyajian materi berdasarkan silabus disesuaikan dengan kondisi SMP N 2 Boyolali. (3) strategi pengorganisasian interaksi pembelajaran matematika meliputi dua aspek yaitu interaksi guru dengan siswa dan interaksi siswa dengan siswa lainnya dapat terjalin dengan baik. Interaksi guru dengan siswa dalam pembelajaran mencangkup peran guru sebagai pendidik, informator, motivator, konselor, organisator, moderator, motor, evaluator, katalisator, dan pelopor dapat tercapai dengan baik dan terjadi timbal balik yang sangat berfungsi dengan baik. Interaksi siswa dengan siswa lainnya terjadi di dalam kelas maupun di luar kelas terjalin dengan baik yaitu mencangkup diskusi dalam kelas, diskusi kelompok, kerjasama siswa secara berpasangan dan belajar mandiri. Dengan adanya interaksi antara siswa dengan siswa lainnya menimbulkan semangat dan motivasi dalam pembelajaran matematika. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11766/1/cover__%26_bab1.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11766/3/SKRIPSI-.pdf Janah , Nurul Choirul (2011) STRATEGI PEMBELAJARAN MATEMATIKA RINTISAN SEKOLAH BERTARAF INTERNASIONAL (RSBI) ( Studi Fenomenologi di SMP N 2 Boyolali Tahun Ajaran 2010/2011 ). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A410070246
spellingShingle L Education (General)
Janah , Nurul Choirul
STRATEGI PEMBELAJARAN MATEMATIKA RINTISAN SEKOLAH BERTARAF INTERNASIONAL (RSBI) ( Studi Fenomenologi di SMP N 2 Boyolali Tahun Ajaran 2010/2011 )
title STRATEGI PEMBELAJARAN MATEMATIKA RINTISAN SEKOLAH BERTARAF INTERNASIONAL (RSBI) ( Studi Fenomenologi di SMP N 2 Boyolali Tahun Ajaran 2010/2011 )
title_full STRATEGI PEMBELAJARAN MATEMATIKA RINTISAN SEKOLAH BERTARAF INTERNASIONAL (RSBI) ( Studi Fenomenologi di SMP N 2 Boyolali Tahun Ajaran 2010/2011 )
title_fullStr STRATEGI PEMBELAJARAN MATEMATIKA RINTISAN SEKOLAH BERTARAF INTERNASIONAL (RSBI) ( Studi Fenomenologi di SMP N 2 Boyolali Tahun Ajaran 2010/2011 )
title_full_unstemmed STRATEGI PEMBELAJARAN MATEMATIKA RINTISAN SEKOLAH BERTARAF INTERNASIONAL (RSBI) ( Studi Fenomenologi di SMP N 2 Boyolali Tahun Ajaran 2010/2011 )
title_short STRATEGI PEMBELAJARAN MATEMATIKA RINTISAN SEKOLAH BERTARAF INTERNASIONAL (RSBI) ( Studi Fenomenologi di SMP N 2 Boyolali Tahun Ajaran 2010/2011 )
title_sort strategi pembelajaran matematika rintisan sekolah bertaraf internasional rsbi studi fenomenologi di smp n 2 boyolali tahun ajaran 2010 2011
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/11766/
work_keys_str_mv AT janahnurulchoirul strategipembelajaranmatematikarintisansekolahbertarafinternasionalrsbistudifenomenologidismpn2boyolalitahunajaran20102011