PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCES WITH GAMES UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA (PTK Kelas VII Semester Genap SMP Nurul Islam Ngemplak Boyolali Tahun Ajaran: 2010/2011)

Penelitian ini bertujuan untuk 1). Mengetahui peningkatan keaktifan belajar siswa dengan penerapan Multiple Intelligences with Games. 2). Mengetahui peningkatan hasil belajar siswa. Subjek penelitiannya adalah guru kelas VII C sebagai subjek pemberi tindakan, sedangkan siswa kelas VI...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: LESTARI, INDRIANA PUJI
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
English
Published: 2011
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/11765/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804995430008750080
author LESTARI, INDRIANA PUJI
author_facet LESTARI, INDRIANA PUJI
author_sort LESTARI, INDRIANA PUJI
collection ePrints
description Penelitian ini bertujuan untuk 1). Mengetahui peningkatan keaktifan belajar siswa dengan penerapan Multiple Intelligences with Games. 2). Mengetahui peningkatan hasil belajar siswa. Subjek penelitiannya adalah guru kelas VII C sebagai subjek pemberi tindakan, sedangkan siswa kelas VII C sebanyak 29 siswa sebagai subjek penerima tindakan. Data dikumpulkan melalui observasi, tes, catatan lapangan, dokumentasi dan wawancara. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bersifat kolaboratif antara peneliti, dan guru matematika. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa 1). Adanya peningkatan keaktifan belajar siswa yang meliputi aspek – aspek : a). Keaktifan siswa dalam mengajukan pertanyaan sebelum tindakan 13,79 % dan diakhir tindakan 55,17 %. b). Keaktifan mengerjakan soal – soal latihan di depan kelas sebelum tindakan 6,90 % dan diakhir tindakan 41,38 %. c). Keaktifan siswa dalam menjawab pertanyaan sebelum tindakan 0 % dan diakhir tindakan 51,72 %). d). Keaktifan siswa dalam mengemukakan ide/pendapat sebelum tindakan 0 % dan diakhir tindakan 34,48%. Adanya peningkatan hasil belajar siswa yang mendapat nilai diatas rata – rata kelas yaitu sebelum tindakan nilai rata – rata kelasnya 61,21 sebanyak 14 siswa atau 48,28% dan diakhir tindakan nilai rata – rata kelasnya 75,72 sebanyak 24 siswa atau 82,76%. Dan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika dengan penerapan berbasis Multiple Intelligences with Games dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:11765
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
English
English
English
English
publishDate 2011
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:11765 https://eprints.ums.ac.id/11765/ PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCES WITH GAMES UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA (PTK Kelas VII Semester Genap SMP Nurul Islam Ngemplak Boyolali Tahun Ajaran: 2010/2011) LESTARI, INDRIANA PUJI L Education (General) Penelitian ini bertujuan untuk 1). Mengetahui peningkatan keaktifan belajar siswa dengan penerapan Multiple Intelligences with Games. 2). Mengetahui peningkatan hasil belajar siswa. Subjek penelitiannya adalah guru kelas VII C sebagai subjek pemberi tindakan, sedangkan siswa kelas VII C sebanyak 29 siswa sebagai subjek penerima tindakan. Data dikumpulkan melalui observasi, tes, catatan lapangan, dokumentasi dan wawancara. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bersifat kolaboratif antara peneliti, dan guru matematika. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa 1). Adanya peningkatan keaktifan belajar siswa yang meliputi aspek – aspek : a). Keaktifan siswa dalam mengajukan pertanyaan sebelum tindakan 13,79 % dan diakhir tindakan 55,17 %. b). Keaktifan mengerjakan soal – soal latihan di depan kelas sebelum tindakan 6,90 % dan diakhir tindakan 41,38 %. c). Keaktifan siswa dalam menjawab pertanyaan sebelum tindakan 0 % dan diakhir tindakan 51,72 %). d). Keaktifan siswa dalam mengemukakan ide/pendapat sebelum tindakan 0 % dan diakhir tindakan 34,48%. Adanya peningkatan hasil belajar siswa yang mendapat nilai diatas rata – rata kelas yaitu sebelum tindakan nilai rata – rata kelasnya 61,21 sebanyak 14 siswa atau 48,28% dan diakhir tindakan nilai rata – rata kelasnya 75,72 sebanyak 24 siswa atau 82,76%. Dan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika dengan penerapan berbasis Multiple Intelligences with Games dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11765/1/HALAMAN_DEPAN.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11765/3/BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11765/6/BAB_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11765/8/BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11765/11/BAB_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11765/14/BAB_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11765/16/DAFTAR_PUSTAKA.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11765/19/LAMPIRAN.pdf LESTARI, INDRIANA PUJI (2011) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCES WITH GAMES UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA (PTK Kelas VII Semester Genap SMP Nurul Islam Ngemplak Boyolali Tahun Ajaran: 2010/2011). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A410070243
spellingShingle L Education (General)
LESTARI, INDRIANA PUJI
PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCES WITH GAMES UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA (PTK Kelas VII Semester Genap SMP Nurul Islam Ngemplak Boyolali Tahun Ajaran: 2010/2011)
title PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCES WITH GAMES UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA (PTK Kelas VII Semester Genap SMP Nurul Islam Ngemplak Boyolali Tahun Ajaran: 2010/2011)
title_full PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCES WITH GAMES UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA (PTK Kelas VII Semester Genap SMP Nurul Islam Ngemplak Boyolali Tahun Ajaran: 2010/2011)
title_fullStr PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCES WITH GAMES UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA (PTK Kelas VII Semester Genap SMP Nurul Islam Ngemplak Boyolali Tahun Ajaran: 2010/2011)
title_full_unstemmed PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCES WITH GAMES UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA (PTK Kelas VII Semester Genap SMP Nurul Islam Ngemplak Boyolali Tahun Ajaran: 2010/2011)
title_short PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCES WITH GAMES UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA (PTK Kelas VII Semester Genap SMP Nurul Islam Ngemplak Boyolali Tahun Ajaran: 2010/2011)
title_sort penerapan strategi pembelajaran matematika berbasis multiple intelligences with games untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa ptk kelas vii semester genap smp nurul islam ngemplak boyolali tahun ajaran 2010 2011
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/11765/
work_keys_str_mv AT lestariindrianapuji penerapanstrategipembelajaranmatematikaberbasismultipleintelligenceswithgamesuntukmeningkatkankeaktifanbelajarsiswaptkkelasviisemestergenapsmpnurulislamngemplakboyolalitahunajaran20102011