PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCES WITH GAMES UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA (PTK Kelas VII Semester Genap SMP Nurul Islam Ngemplak Boyolali Tahun Ajaran: 2010/2011)

Penelitian ini bertujuan untuk 1). Mengetahui peningkatan keaktifan belajar siswa dengan penerapan Multiple Intelligences with Games. 2). Mengetahui peningkatan hasil belajar siswa. Subjek penelitiannya adalah guru kelas VII C sebagai subjek pemberi tindakan, sedangkan siswa kelas VI...

全面介紹

Saved in:
書目詳細資料
主要作者: LESTARI, INDRIANA PUJI
格式: Thesis
語言:English
English
English
English
English
English
English
English
出版: 2011
主題:
在線閱讀:https://eprints.ums.ac.id/11765/
標簽: 添加標簽
沒有標簽, 成為第一個標記此記錄!
實物特徵
總結:Penelitian ini bertujuan untuk 1). Mengetahui peningkatan keaktifan belajar siswa dengan penerapan Multiple Intelligences with Games. 2). Mengetahui peningkatan hasil belajar siswa. Subjek penelitiannya adalah guru kelas VII C sebagai subjek pemberi tindakan, sedangkan siswa kelas VII C sebanyak 29 siswa sebagai subjek penerima tindakan. Data dikumpulkan melalui observasi, tes, catatan lapangan, dokumentasi dan wawancara. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bersifat kolaboratif antara peneliti, dan guru matematika. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa 1). Adanya peningkatan keaktifan belajar siswa yang meliputi aspek – aspek : a). Keaktifan siswa dalam mengajukan pertanyaan sebelum tindakan 13,79 % dan diakhir tindakan 55,17 %. b). Keaktifan mengerjakan soal – soal latihan di depan kelas sebelum tindakan 6,90 % dan diakhir tindakan 41,38 %. c). Keaktifan siswa dalam menjawab pertanyaan sebelum tindakan 0 % dan diakhir tindakan 51,72 %). d). Keaktifan siswa dalam mengemukakan ide/pendapat sebelum tindakan 0 % dan diakhir tindakan 34,48%. Adanya peningkatan hasil belajar siswa yang mendapat nilai diatas rata – rata kelas yaitu sebelum tindakan nilai rata – rata kelasnya 61,21 sebanyak 14 siswa atau 48,28% dan diakhir tindakan nilai rata – rata kelasnya 75,72 sebanyak 24 siswa atau 82,76%. Dan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika dengan penerapan berbasis Multiple Intelligences with Games dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa.