PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCES WITH GAMES UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA (PTK Kelas VII Semester Genap SMP Nurul Islam Ngemplak Boyolali Tahun Ajaran: 2010/2011)
Penelitian ini bertujuan untuk 1). Mengetahui peningkatan keaktifan belajar siswa dengan penerapan Multiple Intelligences with Games. 2). Mengetahui peningkatan hasil belajar siswa. Subjek penelitiannya adalah guru kelas VII C sebagai subjek pemberi tindakan, sedangkan siswa kelas VI...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English English English English English English |
Published: |
2011
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/11765/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Penelitian ini bertujuan untuk 1). Mengetahui peningkatan keaktifan
belajar siswa dengan penerapan Multiple Intelligences with Games.
2). Mengetahui peningkatan hasil belajar siswa. Subjek penelitiannya adalah guru
kelas VII C sebagai subjek pemberi tindakan, sedangkan siswa kelas VII C
sebanyak 29 siswa sebagai subjek penerima tindakan. Data dikumpulkan melalui
observasi, tes, catatan lapangan, dokumentasi dan wawancara. Penelitian ini
merupakan penelitian tindakan kelas yang bersifat kolaboratif antara peneliti, dan
guru matematika. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa 1). Adanya
peningkatan keaktifan belajar siswa yang meliputi aspek – aspek : a). Keaktifan
siswa dalam mengajukan pertanyaan sebelum tindakan 13,79 % dan diakhir
tindakan 55,17 %. b). Keaktifan mengerjakan soal – soal latihan di depan kelas
sebelum tindakan 6,90 % dan diakhir tindakan 41,38 %. c). Keaktifan siswa dalam
menjawab pertanyaan sebelum tindakan 0 % dan diakhir tindakan 51,72 %). d).
Keaktifan siswa dalam mengemukakan ide/pendapat sebelum tindakan 0 % dan
diakhir tindakan 34,48%. Adanya peningkatan hasil belajar siswa yang mendapat
nilai diatas rata – rata kelas yaitu sebelum tindakan nilai rata – rata kelasnya 61,21
sebanyak 14 siswa atau 48,28% dan diakhir tindakan nilai rata – rata kelasnya
75,72 sebanyak 24 siswa atau 82,76%. Dan hasil penelitian dapat disimpulkan
bahwa pembelajaran matematika dengan penerapan berbasis Multiple
Intelligences with Games dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa. |
---|