PENGARUH ORIENTASI PASAR TERHADAP EFISIENSI BIAYA PENJUALAN PADA DEALER SEPEDA MOTOR DI SURAKARTA

Dealer sebagai distributor produk otomotif dituntut untuk mengembangkan orientasi pasarnya, baik orientasi pasar konsumen, pasar pesaing dan koordinasi antar fungsi. Orientasi pasar ini diharapkan dapat meningkatkan efisiensi biaya penjualan. Efisien atau tidaknya kondisi keuangan perusahaan terg...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: SAFRIA,, RONI
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
Published: 2007
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/11760/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804995428606803968
author SAFRIA,, RONI
author_facet SAFRIA,, RONI
author_sort SAFRIA,, RONI
collection ePrints
description Dealer sebagai distributor produk otomotif dituntut untuk mengembangkan orientasi pasarnya, baik orientasi pasar konsumen, pasar pesaing dan koordinasi antar fungsi. Orientasi pasar ini diharapkan dapat meningkatkan efisiensi biaya penjualan. Efisien atau tidaknya kondisi keuangan perusahaan tergantung pada keberhasilan manajer dalam menerapkan kebijakan baik di bidang keuangan maupun operasi perusahaan. Kegiatan operasional perusahaan dan pengelolaan sumber-sumber yang efisien akan mempengaruhi keberhasilan dalam mencapai tujuan perusahaan. Peneliti mengambil 30 manajer dealer motor sebagai responden dalam sampel penelitian ini, untuk menguji faktor-faktor orientasi pasar terhadap efisiensi biaya penjualan sepeda motor. Uji asumsi klasik digunakan untuk menguji model yang digunakan agar memenuhi kaidah sebagai parameter penduga yang baik (BLUE) yaitu Best, Linier, Unbiased dan Estimated. Dalam model ini digunakan model regresi linier berganda, uji t, uji F dan koefisien determinasi (R2) untuk mengetahui faktor-faktor yang berpengaruh baik secara individu maupun secara serentak aspek orientasi pasar (orientasi konsumen (X1), orientasi pesaing (X2) dan koordinasi antar fungsi (X3)) terhadap efisiensi biaya penjualan (Y). Hasil pengujian dan analisis mendapatkan hasil bahwa dari ketiga faktor yang diteliti sebagai aspek dari orientasi pasar ini memunyai pengaruh yang positip dan signfikan terhadap efisiensi biaya penjualan. Hal ini dibuktikan dengan t-hitung untuk orientasi konsumen sebesar 2,441, t-hitung untuk orientasi konsumen sebesar 2,568 dan t-hitung untuk koordinasi antar fungsi sebesar 2,522 signifikan pada taraf signifikansi 5%. Sedangkan untuk pengaruh ketiga faktor tersebut secara bersamaan mendapatkan nilai F-hitung sebesar 4,867 signifikan pada taraf signifikansi 5%. Sehingga dengan demikian dapat disimpulkan bahwa secara bersama-sama ketiga faktor tersebut berpengaruh secara positip signifikan terhadap efisiensi biaya penjualan. Sedangkan regresi estimasi yang didapatkan dari model regresi linier berganda yaitu: y = -5,817 + 0,302x1 + 0,356x2 + 0,345x3. Koefisien regresi (Beta) yang paling besar adalah variabel x3 (koordinasi antar fungsi). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa faktor koordinasi antar fungsi merupakan faktor yang paling dominan dalam mempengaruhi efisiensi biaya penjualan sepeda motor.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:11760
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
English
publishDate 2007
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:11760 https://eprints.ums.ac.id/11760/ PENGARUH ORIENTASI PASAR TERHADAP EFISIENSI BIAYA PENJUALAN PADA DEALER SEPEDA MOTOR DI SURAKARTA SAFRIA,, RONI HD61 Risk Management Dealer sebagai distributor produk otomotif dituntut untuk mengembangkan orientasi pasarnya, baik orientasi pasar konsumen, pasar pesaing dan koordinasi antar fungsi. Orientasi pasar ini diharapkan dapat meningkatkan efisiensi biaya penjualan. Efisien atau tidaknya kondisi keuangan perusahaan tergantung pada keberhasilan manajer dalam menerapkan kebijakan baik di bidang keuangan maupun operasi perusahaan. Kegiatan operasional perusahaan dan pengelolaan sumber-sumber yang efisien akan mempengaruhi keberhasilan dalam mencapai tujuan perusahaan. Peneliti mengambil 30 manajer dealer motor sebagai responden dalam sampel penelitian ini, untuk menguji faktor-faktor orientasi pasar terhadap efisiensi biaya penjualan sepeda motor. Uji asumsi klasik digunakan untuk menguji model yang digunakan agar memenuhi kaidah sebagai parameter penduga yang baik (BLUE) yaitu Best, Linier, Unbiased dan Estimated. Dalam model ini digunakan model regresi linier berganda, uji t, uji F dan koefisien determinasi (R2) untuk mengetahui faktor-faktor yang berpengaruh baik secara individu maupun secara serentak aspek orientasi pasar (orientasi konsumen (X1), orientasi pesaing (X2) dan koordinasi antar fungsi (X3)) terhadap efisiensi biaya penjualan (Y). Hasil pengujian dan analisis mendapatkan hasil bahwa dari ketiga faktor yang diteliti sebagai aspek dari orientasi pasar ini memunyai pengaruh yang positip dan signfikan terhadap efisiensi biaya penjualan. Hal ini dibuktikan dengan t-hitung untuk orientasi konsumen sebesar 2,441, t-hitung untuk orientasi konsumen sebesar 2,568 dan t-hitung untuk koordinasi antar fungsi sebesar 2,522 signifikan pada taraf signifikansi 5%. Sedangkan untuk pengaruh ketiga faktor tersebut secara bersamaan mendapatkan nilai F-hitung sebesar 4,867 signifikan pada taraf signifikansi 5%. Sehingga dengan demikian dapat disimpulkan bahwa secara bersama-sama ketiga faktor tersebut berpengaruh secara positip signifikan terhadap efisiensi biaya penjualan. Sedangkan regresi estimasi yang didapatkan dari model regresi linier berganda yaitu: y = -5,817 + 0,302x1 + 0,356x2 + 0,345x3. Koefisien regresi (Beta) yang paling besar adalah variabel x3 (koordinasi antar fungsi). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa faktor koordinasi antar fungsi merupakan faktor yang paling dominan dalam mempengaruhi efisiensi biaya penjualan sepeda motor. 2007 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11760/1/BAB_1.PDF application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11760/3/DEPAN.PDF application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11760/5/PUSTAKA.PDF application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11760/7/LAMPIRAN.PDF application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11760/9/Bab.2.3.4.5.pdf SAFRIA,, RONI (2007) PENGARUH ORIENTASI PASAR TERHADAP EFISIENSI BIAYA PENJUALAN PADA DEALER SEPEDA MOTOR DI SURAKARTA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. B100030015
spellingShingle HD61 Risk Management
SAFRIA,, RONI
PENGARUH ORIENTASI PASAR TERHADAP EFISIENSI BIAYA PENJUALAN PADA DEALER SEPEDA MOTOR DI SURAKARTA
title PENGARUH ORIENTASI PASAR TERHADAP EFISIENSI BIAYA PENJUALAN PADA DEALER SEPEDA MOTOR DI SURAKARTA
title_full PENGARUH ORIENTASI PASAR TERHADAP EFISIENSI BIAYA PENJUALAN PADA DEALER SEPEDA MOTOR DI SURAKARTA
title_fullStr PENGARUH ORIENTASI PASAR TERHADAP EFISIENSI BIAYA PENJUALAN PADA DEALER SEPEDA MOTOR DI SURAKARTA
title_full_unstemmed PENGARUH ORIENTASI PASAR TERHADAP EFISIENSI BIAYA PENJUALAN PADA DEALER SEPEDA MOTOR DI SURAKARTA
title_short PENGARUH ORIENTASI PASAR TERHADAP EFISIENSI BIAYA PENJUALAN PADA DEALER SEPEDA MOTOR DI SURAKARTA
title_sort pengaruh orientasi pasar terhadap efisiensi biaya penjualan pada dealer sepeda motor di surakarta
topic HD61 Risk Management
url https://eprints.ums.ac.id/11760/
work_keys_str_mv AT safriaroni pengaruhorientasipasarterhadapefisiensibiayapenjualanpadadealersepedamotordisurakarta