PENGARUH ORIENTASI PASAR TERHADAP EFISIENSI BIAYA PENJUALAN PADA DEALER SEPEDA MOTOR DI SURAKARTA
Dealer sebagai distributor produk otomotif dituntut untuk mengembangkan orientasi pasarnya, baik orientasi pasar konsumen, pasar pesaing dan koordinasi antar fungsi. Orientasi pasar ini diharapkan dapat meningkatkan efisiensi biaya penjualan. Efisien atau tidaknya kondisi keuangan perusahaan terg...
Gespeichert in:
1. Verfasser: | |
---|---|
Format: | Abschlussarbeit |
Sprache: | English English English English English |
Veröffentlicht: |
2007
|
Schlagworte: | |
Online Zugang: | https://eprints.ums.ac.id/11760/ |
Tags: |
Tag hinzufügen
Keine Tags, Fügen Sie den ersten Tag hinzu!
|
Zusammenfassung: | Dealer sebagai distributor produk otomotif dituntut untuk mengembangkan
orientasi pasarnya, baik orientasi pasar konsumen, pasar pesaing dan koordinasi antar
fungsi. Orientasi pasar ini diharapkan dapat meningkatkan efisiensi biaya penjualan.
Efisien atau tidaknya kondisi keuangan perusahaan tergantung pada keberhasilan
manajer dalam menerapkan kebijakan baik di bidang keuangan maupun operasi
perusahaan. Kegiatan operasional perusahaan dan pengelolaan sumber-sumber yang
efisien akan mempengaruhi keberhasilan dalam mencapai tujuan perusahaan.
Peneliti mengambil 30 manajer dealer motor sebagai responden dalam sampel
penelitian ini, untuk menguji faktor-faktor orientasi pasar terhadap efisiensi biaya
penjualan sepeda motor. Uji asumsi klasik digunakan untuk menguji model yang
digunakan agar memenuhi kaidah sebagai parameter penduga yang baik (BLUE) yaitu
Best, Linier, Unbiased dan Estimated. Dalam model ini digunakan model regresi linier
berganda, uji t, uji F dan koefisien determinasi (R2) untuk mengetahui faktor-faktor yang
berpengaruh baik secara individu maupun secara serentak aspek orientasi pasar (orientasi
konsumen (X1), orientasi pesaing (X2) dan koordinasi antar fungsi (X3)) terhadap
efisiensi biaya penjualan (Y).
Hasil pengujian dan analisis mendapatkan hasil bahwa dari ketiga faktor yang
diteliti sebagai aspek dari orientasi pasar ini memunyai pengaruh yang positip dan
signfikan terhadap efisiensi biaya penjualan. Hal ini dibuktikan dengan t-hitung untuk
orientasi konsumen sebesar 2,441, t-hitung untuk orientasi konsumen sebesar 2,568 dan
t-hitung untuk koordinasi antar fungsi sebesar 2,522 signifikan pada taraf signifikansi
5%. Sedangkan untuk pengaruh ketiga faktor tersebut secara bersamaan mendapatkan
nilai F-hitung sebesar 4,867 signifikan pada taraf signifikansi 5%. Sehingga dengan
demikian dapat disimpulkan bahwa secara bersama-sama ketiga faktor tersebut
berpengaruh secara positip signifikan terhadap efisiensi biaya penjualan. Sedangkan
regresi estimasi yang didapatkan dari model regresi linier berganda yaitu: y = -5,817 +
0,302x1 + 0,356x2 + 0,345x3. Koefisien regresi (Beta) yang paling besar adalah variabel
x3 (koordinasi antar fungsi). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa faktor
koordinasi antar fungsi merupakan faktor yang paling dominan dalam mempengaruhi
efisiensi biaya penjualan sepeda motor. |
---|