KONTRIBUSI MONITORING ORANG TUA DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP MINAT BELAJAR DAN DAMPAKNYA PADA PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA Pada Siswa Kelas VII Semester Gasal SMP Muhammadiyah 1 Kartasura Tahun Ajaran 2010/2011

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menganalisis dan menguji kontribusi secara tidak langsung variabel monitoring orang tua dan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar matematika melalui minat belajar, (2) menganalisis dan menguji kontribusi secara langsung variabel monitoring orang tu...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: FAUZIYAH, LAINI
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
English
Published: 2011
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/11759/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804995428327882752
author FAUZIYAH, LAINI
author_facet FAUZIYAH, LAINI
author_sort FAUZIYAH, LAINI
collection ePrints
description Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menganalisis dan menguji kontribusi secara tidak langsung variabel monitoring orang tua dan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar matematika melalui minat belajar, (2) menganalisis dan menguji kontribusi secara langsung variabel monitoring orang tua dan fasilitas belajar terhadap minat belajar, (3) menganalisis dan menguji kontribusi yang nyata variabel minat belajar terhadap prestasi belajar matematika. Subyek penelitian ini semua siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah 1 Kartasura sebanyak 149 siswa. Sedangkan sampelnya sebanyak 109 siswa yang diambil dengan teknik proportional random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan: metode angket dan metode dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis jalur yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat analisis data yang digunakan adalah: uji normalitas dengan uji Kolmogorov-Smirnov dan uji linearitas. Hasil penelitian didukung dengan prasyaratan analisis uji normalitas dan uji linearitas telah dipenuhi. Berdasarkan hasil perhitungan analisis maka diperoleh hasil sebagai berikut: (1) terdapat kontribusi secara tidak langsung variabel monitoring orang tua dan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar matematika melalui minat belajar, monitoring orang tua berpengaruh tidak langsung ke prestasi belajar matematika melalui minat belajar dengan nilai IE = 0,183, fasilitas belajar berpengaruh tidak langsung ke prestasi belajar matematika melalui minat belajar dengan nilai IE = 0,132, (2) terdapat kontribusi secara langsung variabel monitoring orang tua dan fasilitas belajar terhadap minat belajar, monitoring orang tua berpengaruh langsung ke minat belajar dengan nilai DE = 0,305, fasilitas belajar berpengaruh langsung ke minat belajar dengan nilai DE = 0,080, (3) terdapat kontribusi yang nyata variabel minat belajar terhadap prestasi belajar matematika, dengan nilai DE = 0,375.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:11759
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
English
English
English
English
publishDate 2011
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:11759 https://eprints.ums.ac.id/11759/ KONTRIBUSI MONITORING ORANG TUA DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP MINAT BELAJAR DAN DAMPAKNYA PADA PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA Pada Siswa Kelas VII Semester Gasal SMP Muhammadiyah 1 Kartasura Tahun Ajaran 2010/2011 FAUZIYAH, LAINI L Education (General) Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menganalisis dan menguji kontribusi secara tidak langsung variabel monitoring orang tua dan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar matematika melalui minat belajar, (2) menganalisis dan menguji kontribusi secara langsung variabel monitoring orang tua dan fasilitas belajar terhadap minat belajar, (3) menganalisis dan menguji kontribusi yang nyata variabel minat belajar terhadap prestasi belajar matematika. Subyek penelitian ini semua siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah 1 Kartasura sebanyak 149 siswa. Sedangkan sampelnya sebanyak 109 siswa yang diambil dengan teknik proportional random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan: metode angket dan metode dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis jalur yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat analisis data yang digunakan adalah: uji normalitas dengan uji Kolmogorov-Smirnov dan uji linearitas. Hasil penelitian didukung dengan prasyaratan analisis uji normalitas dan uji linearitas telah dipenuhi. Berdasarkan hasil perhitungan analisis maka diperoleh hasil sebagai berikut: (1) terdapat kontribusi secara tidak langsung variabel monitoring orang tua dan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar matematika melalui minat belajar, monitoring orang tua berpengaruh tidak langsung ke prestasi belajar matematika melalui minat belajar dengan nilai IE = 0,183, fasilitas belajar berpengaruh tidak langsung ke prestasi belajar matematika melalui minat belajar dengan nilai IE = 0,132, (2) terdapat kontribusi secara langsung variabel monitoring orang tua dan fasilitas belajar terhadap minat belajar, monitoring orang tua berpengaruh langsung ke minat belajar dengan nilai DE = 0,305, fasilitas belajar berpengaruh langsung ke minat belajar dengan nilai DE = 0,080, (3) terdapat kontribusi yang nyata variabel minat belajar terhadap prestasi belajar matematika, dengan nilai DE = 0,375. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11759/1/02._HALAMAN_DEPAN.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11759/2/03._BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11759/3/04._BAB_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11759/5/05._BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11759/10/06._BAB_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11759/12/07._BAB_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11759/14/08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11759/16/09._LAMPIRAN_-_LAMPIRAN.pdf FAUZIYAH, LAINI (2011) KONTRIBUSI MONITORING ORANG TUA DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP MINAT BELAJAR DAN DAMPAKNYA PADA PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA Pada Siswa Kelas VII Semester Gasal SMP Muhammadiyah 1 Kartasura Tahun Ajaran 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A410070224
spellingShingle L Education (General)
FAUZIYAH, LAINI
KONTRIBUSI MONITORING ORANG TUA DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP MINAT BELAJAR DAN DAMPAKNYA PADA PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA Pada Siswa Kelas VII Semester Gasal SMP Muhammadiyah 1 Kartasura Tahun Ajaran 2010/2011
title KONTRIBUSI MONITORING ORANG TUA DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP MINAT BELAJAR DAN DAMPAKNYA PADA PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA Pada Siswa Kelas VII Semester Gasal SMP Muhammadiyah 1 Kartasura Tahun Ajaran 2010/2011
title_full KONTRIBUSI MONITORING ORANG TUA DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP MINAT BELAJAR DAN DAMPAKNYA PADA PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA Pada Siswa Kelas VII Semester Gasal SMP Muhammadiyah 1 Kartasura Tahun Ajaran 2010/2011
title_fullStr KONTRIBUSI MONITORING ORANG TUA DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP MINAT BELAJAR DAN DAMPAKNYA PADA PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA Pada Siswa Kelas VII Semester Gasal SMP Muhammadiyah 1 Kartasura Tahun Ajaran 2010/2011
title_full_unstemmed KONTRIBUSI MONITORING ORANG TUA DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP MINAT BELAJAR DAN DAMPAKNYA PADA PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA Pada Siswa Kelas VII Semester Gasal SMP Muhammadiyah 1 Kartasura Tahun Ajaran 2010/2011
title_short KONTRIBUSI MONITORING ORANG TUA DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP MINAT BELAJAR DAN DAMPAKNYA PADA PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA Pada Siswa Kelas VII Semester Gasal SMP Muhammadiyah 1 Kartasura Tahun Ajaran 2010/2011
title_sort kontribusi monitoring orang tua dan fasilitas belajar terhadap minat belajar dan dampaknya pada prestasi belajar matematika pada siswa kelas vii semester gasal smp muhammadiyah 1 kartasura tahun ajaran 2010 2011
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/11759/
work_keys_str_mv AT fauziyahlaini kontribusimonitoringorangtuadanfasilitasbelajarterhadapminatbelajardandampaknyapadaprestasibelajarmatematikapadasiswakelasviisemestergasalsmpmuhammadiyah1kartasuratahunajaran20102011