EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN STRATEGI LEARNING STARTS WITH A QUESTION (LSQ) DAN PREDICTION GUIDE DITINJAU DARI MOTIVASI BERPRESTASI (Pada Siswa Kelas VII Semester Gasal SMP Muhammadiyah 1 Surakarta Tahun Ajaran 2010/2011)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan efek strategi pembelajaran LSQ dan Prediction Guide tehadap prestasi belajar matematika, (2) perbedaan efek motivasi berprestasi siswa terhadap prestasi belajar matematika, (3) interaksi antara strategi pembelajaran dan motivasi berprestasi...
Saved in:
主要作者: | |
---|---|
格式: | Thesis |
语言: | English English English English English English English English |
出版: |
2011
|
主题: | |
在线阅读: | https://eprints.ums.ac.id/11754/ |
标签: |
添加标签
没有标签, 成为第一个标记此记录!
|
总结: | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan efek strategi pembelajaran LSQ dan Prediction Guide tehadap prestasi belajar matematika, (2) perbedaan efek motivasi berprestasi siswa terhadap prestasi belajar matematika, (3) interaksi antara strategi pembelajaran dan motivasi berprestasi siswa terhadap prestasi belajar matematika. Populasi dalam penelitian adalah semua siswa kelas VII semester gasal SMP Muhammadiyah 1 Surakarta tahun ajaran 2010/2011 sebanyak delapan kelas. Sampel dalam penelitian ini terdi ri dari dua kelas, yaitu kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII B sebagai kelas kontrol.
Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Cluster random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes dan metode angket sebagai metode pokok dan dokumentasi sebagai metode bantu. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama yang sebelumnya dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas. Dari hasil penelitian pada % 5 = a , diperoleh: (1) ada perbedaan efek antara strategi pembelajaran LSQ dan Prediction Guide tehadap prestasi belajar matematika, dengan Fa = 7.339, (2) ada perbedaan efek motivasi berprestasi siswa terhadap prestasi belajar matematika, dengan Fb = 7.479, (3) tidak ada interaksi antara strategi pembelajaran dan motivasi berprestasi siswa terhadap prestasi belajar matematika, dengan Fab = 0.0145. |
---|