PERILAKU BELAJAR MATEMATIKA SISWA SEKOLAH ALAM (Studi Situs Sekolah Alam Ar Ridho Semarang)

Tujuan umum dari penelitian ini untuk memaparkan perilaku belajar matematika siswa Sekolah Alam Ar Ridho Semarang. Tujuan khusus (1) Memaparkan antusias belajar matematika siswa Sekolah Alam Ar Ridho Semarang. (2) Memaparkan dinamika aktivitas belajar matematika siswa Sekolah Alam Ar Ridh...

Mô tả đầy đủ

Đã lưu trong:
Chi tiết về thư mục
Tác giả chính: KHUSNA , NOVIA NURUL
Định dạng: Luận văn
Ngôn ngữ:English
English
English
English
English
English
English
English
Được phát hành: 2011
Những chủ đề:
Truy cập trực tuyến:https://eprints.ums.ac.id/11753/
Các nhãn: Thêm thẻ
Không có thẻ, Là người đầu tiên thẻ bản ghi này!
_version_ 1804995426934325248
author KHUSNA , NOVIA NURUL
author_facet KHUSNA , NOVIA NURUL
author_sort KHUSNA , NOVIA NURUL
collection ePrints
description Tujuan umum dari penelitian ini untuk memaparkan perilaku belajar matematika siswa Sekolah Alam Ar Ridho Semarang. Tujuan khusus (1) Memaparkan antusias belajar matematika siswa Sekolah Alam Ar Ridho Semarang. (2) Memaparkan dinamika aktivitas belajar matematika siswa Sekolah Alam Ar Ridho Semarang. (3) Memaparkan kebiasaan belajar matematika siswa Sekolah Alam Ar Ridho Semarang. Jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan situs. Informan adalah kepala sekolah, guru, dan siswa SMP Alam Ar Ridho Semarang. Metode pengumpulan data melalui metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara interaktif. Keabsahan data digunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian (1) Siswa sekolah alam Ar Ridho sangat berantusias sekali saat mengikuti pembelajaran. Adanya persaingan yang sehat antar siswa dalam hal prestasi, sangat mempengaruhi kemampuan serta keaktifan siswa saat pembelajaran. Interaksi yang terjadi antara siswa dengan siswa maupun siswa dengan guru berjalan dengan baik, rasa kebersamaan dan kerjasama sudah dimiliki setiap siswa dan guru yang mengajar di sekolah alam. (2) Dinamika aktivitas belajar matematika siswa di sekolah alam dapat menunjang keberhasilan siswa dalam pembelajaran matematika yang ditinjau dari kemampuan kognisi, afeksi, dan psikomotor siswa. Sekolah alam memberikan kebebasan pada siswanya dalam hal belajar. Belajar sendiri dan belajar kelompok adalah pilihan bagi siswa sekolah alam. (3) Kebiasaan belajar matematika siswa di sekolah alam berbeda dengan sekolah pada umumnya. Dalam menerima pembelajaran siswa diberikan suatu kebebasan untuk memilih tempat dimana mereka akan belajar. Di sekolah alam siswa bisa belajar di dalam kelas maupun di luar kelas dengan memanfaatkan fasilitas taman dan gazebo yang disediakan. Siswa dituntut untuk selalu aktif dalam setiap pembelajaran. Mereka selalu dikondisikan untuk belajar mandiri. Guru di sekolah alam selalu melibatkan siswanya saat proses pembelajaran. Dalam satu kelas, tidak semua siswa dapat menangkap pembelajaran dengan baik. Ada beberapa anak yang mengalami keterlambatan dalam menangkap pembelajaran(slowner). Untuk kelengkapan sumber belajar di sekolah alam cukup tersedia, diantaranya perpustakaan yang menyediakan banyak buku-buku yang mendukung pembelajaran matematika. Dalam menerapkan pembelajaran matematika, siswa dilatih untuk terjun langsung dalam kelas bisnis.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:11753
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
English
English
English
English
publishDate 2011
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:11753 https://eprints.ums.ac.id/11753/ PERILAKU BELAJAR MATEMATIKA SISWA SEKOLAH ALAM (Studi Situs Sekolah Alam Ar Ridho Semarang) KHUSNA , NOVIA NURUL L Education (General) Tujuan umum dari penelitian ini untuk memaparkan perilaku belajar matematika siswa Sekolah Alam Ar Ridho Semarang. Tujuan khusus (1) Memaparkan antusias belajar matematika siswa Sekolah Alam Ar Ridho Semarang. (2) Memaparkan dinamika aktivitas belajar matematika siswa Sekolah Alam Ar Ridho Semarang. (3) Memaparkan kebiasaan belajar matematika siswa Sekolah Alam Ar Ridho Semarang. Jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan situs. Informan adalah kepala sekolah, guru, dan siswa SMP Alam Ar Ridho Semarang. Metode pengumpulan data melalui metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara interaktif. Keabsahan data digunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian (1) Siswa sekolah alam Ar Ridho sangat berantusias sekali saat mengikuti pembelajaran. Adanya persaingan yang sehat antar siswa dalam hal prestasi, sangat mempengaruhi kemampuan serta keaktifan siswa saat pembelajaran. Interaksi yang terjadi antara siswa dengan siswa maupun siswa dengan guru berjalan dengan baik, rasa kebersamaan dan kerjasama sudah dimiliki setiap siswa dan guru yang mengajar di sekolah alam. (2) Dinamika aktivitas belajar matematika siswa di sekolah alam dapat menunjang keberhasilan siswa dalam pembelajaran matematika yang ditinjau dari kemampuan kognisi, afeksi, dan psikomotor siswa. Sekolah alam memberikan kebebasan pada siswanya dalam hal belajar. Belajar sendiri dan belajar kelompok adalah pilihan bagi siswa sekolah alam. (3) Kebiasaan belajar matematika siswa di sekolah alam berbeda dengan sekolah pada umumnya. Dalam menerima pembelajaran siswa diberikan suatu kebebasan untuk memilih tempat dimana mereka akan belajar. Di sekolah alam siswa bisa belajar di dalam kelas maupun di luar kelas dengan memanfaatkan fasilitas taman dan gazebo yang disediakan. Siswa dituntut untuk selalu aktif dalam setiap pembelajaran. Mereka selalu dikondisikan untuk belajar mandiri. Guru di sekolah alam selalu melibatkan siswanya saat proses pembelajaran. Dalam satu kelas, tidak semua siswa dapat menangkap pembelajaran dengan baik. Ada beberapa anak yang mengalami keterlambatan dalam menangkap pembelajaran(slowner). Untuk kelengkapan sumber belajar di sekolah alam cukup tersedia, diantaranya perpustakaan yang menyediakan banyak buku-buku yang mendukung pembelajaran matematika. Dalam menerapkan pembelajaran matematika, siswa dilatih untuk terjun langsung dalam kelas bisnis. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11753/1/02._HALAMAN_DEPAN.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11753/2/03._BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11753/3/04._BAB_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11753/6/05._BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11753/10/06._BAB_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11753/12/07._BAB_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11753/17/08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11753/20/09._LAMPIRAN.pdf KHUSNA , NOVIA NURUL (2011) PERILAKU BELAJAR MATEMATIKA SISWA SEKOLAH ALAM (Studi Situs Sekolah Alam Ar Ridho Semarang). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A410070193
spellingShingle L Education (General)
KHUSNA , NOVIA NURUL
PERILAKU BELAJAR MATEMATIKA SISWA SEKOLAH ALAM (Studi Situs Sekolah Alam Ar Ridho Semarang)
title PERILAKU BELAJAR MATEMATIKA SISWA SEKOLAH ALAM (Studi Situs Sekolah Alam Ar Ridho Semarang)
title_full PERILAKU BELAJAR MATEMATIKA SISWA SEKOLAH ALAM (Studi Situs Sekolah Alam Ar Ridho Semarang)
title_fullStr PERILAKU BELAJAR MATEMATIKA SISWA SEKOLAH ALAM (Studi Situs Sekolah Alam Ar Ridho Semarang)
title_full_unstemmed PERILAKU BELAJAR MATEMATIKA SISWA SEKOLAH ALAM (Studi Situs Sekolah Alam Ar Ridho Semarang)
title_short PERILAKU BELAJAR MATEMATIKA SISWA SEKOLAH ALAM (Studi Situs Sekolah Alam Ar Ridho Semarang)
title_sort perilaku belajar matematika siswa sekolah alam studi situs sekolah alam ar ridho semarang
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/11753/
work_keys_str_mv AT khusnanovianurul perilakubelajarmatematikasiswasekolahalamstudisitussekolahalamarridhosemarang