PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) DENGAN PEMANFAATAN MEDIA PEMBELA JARAN BERBASIS KOMPUTER (PTK Pada Siswa Kelas XI SMA Muhammadiyah 2 Surakarta)
Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan keaktifan dan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika melalui pendekatan Think Pair Share (TPS) dengan pemanfaatan media pembelajaran berbasis komputer. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English English English English English English |
Published: |
2011
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/11752/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
_version_ | 1804995426661695488 |
---|---|
author | PRIHATININGRUM , WAHYU |
author_facet | PRIHATININGRUM , WAHYU |
author_sort | PRIHATININGRUM , WAHYU |
collection | ePrints |
description | Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan
keaktifan dan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika melalui
pendekatan Think Pair Share (TPS) dengan pemanfaatan media pembelajaran
berbasis komputer. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek
penelitian ini adalah guru matematika kelas XI IPA SMA Muhammadiyah 2
Surakarta sebagai subyek pemberi tindakan dan siswa kelas XI IPA yang
berjumlah 32 siswa sebagai subyek penerima tindakan. Teknik pengumpulan data
yang dilakukan adalah observasi, catatan lapangan, dokumentasi, dan review.
Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan metode alur yaitu data
dianalisis sejak tindakan pembelajaran dilakukan dan dikembangkan selama
proses refleksi sampai proses penyusunan laporan. Beberapa hal yang dapat
disimpulkan dari penelitian tindakan kelas tersebut antara lain: 1) Adanya
peningkatan keaktifan siswa dalam pembelajaran matematika, hal ini dapat dilihat
dari a) keaktifan siswa dalam mengajukan pertanyaan sebelum tindakan sebesar
12,9% dan diakhir tindakan mencapai 53,6%, b) keaktifan siswa dalam
mengemukakan ide atau gagasan sebelum tindakan sebesar 16,1% dan diakhir
tindakan mencapai 57,1%, c) keberanian siswa mempresentasikan hasil pekerjaan
di depan kelas sebelum tindakan sebesar 0% dan diakhir tindakan mencapai
28,6%. 2) Adanya peningkatan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran
matematika, hal ini dapat dilihat dari a) kemauan siswa untuk memperhatikan
penjelasan guru sebelum tindakan sebesar 51,6% dan diakhir tindakan mencapai
92,9%, b) semangat siswa untuk belajar mandiri dalam kelas sebelum tindakan
sebesar 0% dan diakhir tindakan mencapai 64,3%, c) antusias siswa untuk
mengerjakan tugas rumah tepat waktu sebelum tindakan sebesar 38,7% dan
diakhir tindakan mencapai 92,9 %. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa
penerapan pendekatan TPS dengan pemanfaatan media pembelajaran berbasis
komputer pada pembelajaran matematika dapat meningkatkan keaktifan dan
motivasi belajar siswa. |
format | Thesis |
id | oai:eprints.ums.ac.id:11752 |
institution | Universitas Muhammadiyah Surakarta |
language | English English English English English English English English |
publishDate | 2011 |
record_format | eprints |
spelling | oai:eprints.ums.ac.id:11752 https://eprints.ums.ac.id/11752/ PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) DENGAN PEMANFAATAN MEDIA PEMBELA JARAN BERBASIS KOMPUTER (PTK Pada Siswa Kelas XI SMA Muhammadiyah 2 Surakarta) PRIHATININGRUM , WAHYU L Education (General) Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan keaktifan dan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika melalui pendekatan Think Pair Share (TPS) dengan pemanfaatan media pembelajaran berbasis komputer. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian ini adalah guru matematika kelas XI IPA SMA Muhammadiyah 2 Surakarta sebagai subyek pemberi tindakan dan siswa kelas XI IPA yang berjumlah 32 siswa sebagai subyek penerima tindakan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi, catatan lapangan, dokumentasi, dan review. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan metode alur yaitu data dianalisis sejak tindakan pembelajaran dilakukan dan dikembangkan selama proses refleksi sampai proses penyusunan laporan. Beberapa hal yang dapat disimpulkan dari penelitian tindakan kelas tersebut antara lain: 1) Adanya peningkatan keaktifan siswa dalam pembelajaran matematika, hal ini dapat dilihat dari a) keaktifan siswa dalam mengajukan pertanyaan sebelum tindakan sebesar 12,9% dan diakhir tindakan mencapai 53,6%, b) keaktifan siswa dalam mengemukakan ide atau gagasan sebelum tindakan sebesar 16,1% dan diakhir tindakan mencapai 57,1%, c) keberanian siswa mempresentasikan hasil pekerjaan di depan kelas sebelum tindakan sebesar 0% dan diakhir tindakan mencapai 28,6%. 2) Adanya peningkatan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika, hal ini dapat dilihat dari a) kemauan siswa untuk memperhatikan penjelasan guru sebelum tindakan sebesar 51,6% dan diakhir tindakan mencapai 92,9%, b) semangat siswa untuk belajar mandiri dalam kelas sebelum tindakan sebesar 0% dan diakhir tindakan mencapai 64,3%, c) antusias siswa untuk mengerjakan tugas rumah tepat waktu sebelum tindakan sebesar 38,7% dan diakhir tindakan mencapai 92,9 %. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan TPS dengan pemanfaatan media pembelajaran berbasis komputer pada pembelajaran matematika dapat meningkatkan keaktifan dan motivasi belajar siswa. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11752/1/HALAMAN_DEPAN.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11752/2/BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11752/3/BAB_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11752/4/BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11752/6/BAB_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11752/9/BAB_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11752/11/DAFTAR_PUSTAKA.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11752/19/LAMPIRAN.pdf PRIHATININGRUM , WAHYU (2011) PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) DENGAN PEMANFAATAN MEDIA PEMBELA JARAN BERBASIS KOMPUTER (PTK Pada Siswa Kelas XI SMA Muhammadiyah 2 Surakarta). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A410070184 |
spellingShingle | L Education (General) PRIHATININGRUM , WAHYU PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) DENGAN PEMANFAATAN MEDIA PEMBELA JARAN BERBASIS KOMPUTER (PTK Pada Siswa Kelas XI SMA Muhammadiyah 2 Surakarta) |
title | PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) DENGAN PEMANFAATAN MEDIA PEMBELA JARAN BERBASIS KOMPUTER (PTK Pada Siswa Kelas XI SMA Muhammadiyah 2 Surakarta) |
title_full | PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) DENGAN PEMANFAATAN MEDIA PEMBELA JARAN BERBASIS KOMPUTER (PTK Pada Siswa Kelas XI SMA Muhammadiyah 2 Surakarta) |
title_fullStr | PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) DENGAN PEMANFAATAN MEDIA PEMBELA JARAN BERBASIS KOMPUTER (PTK Pada Siswa Kelas XI SMA Muhammadiyah 2 Surakarta) |
title_full_unstemmed | PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) DENGAN PEMANFAATAN MEDIA PEMBELA JARAN BERBASIS KOMPUTER (PTK Pada Siswa Kelas XI SMA Muhammadiyah 2 Surakarta) |
title_short | PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) DENGAN PEMANFAATAN MEDIA PEMBELA JARAN BERBASIS KOMPUTER (PTK Pada Siswa Kelas XI SMA Muhammadiyah 2 Surakarta) |
title_sort | peningkatan keaktifan dan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika melalui pendekatan kooperatif tipe think pair share tps dengan pemanfaatan media pembela jaran berbasis komputer ptk pada siswa kelas xi sma muhammadiyah 2 surakarta |
topic | L Education (General) |
url | https://eprints.ums.ac.id/11752/ |
work_keys_str_mv | AT prihatiningrumwahyu peningkatankeaktifandanmotivasibelajarsiswadalampembelajaranmatematikamelaluipendekatankooperatiftipethinkpairsharetpsdenganpemanfaatanmediapembelajaranberbasiskomputerptkpadasiswakelasxismamuhammadiyah2surakarta |