PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) DENGAN PEMANFAATAN MEDIA PEMBELA JARAN BERBASIS KOMPUTER (PTK Pada Siswa Kelas XI SMA Muhammadiyah 2 Surakarta)

Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan keaktifan dan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika melalui pendekatan Think Pair Share (TPS) dengan pemanfaatan media pembelajaran berbasis komputer. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: PRIHATININGRUM , WAHYU
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
English
Published: 2011
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/11752/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804995426661695488
author PRIHATININGRUM , WAHYU
author_facet PRIHATININGRUM , WAHYU
author_sort PRIHATININGRUM , WAHYU
collection ePrints
description Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan keaktifan dan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika melalui pendekatan Think Pair Share (TPS) dengan pemanfaatan media pembelajaran berbasis komputer. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian ini adalah guru matematika kelas XI IPA SMA Muhammadiyah 2 Surakarta sebagai subyek pemberi tindakan dan siswa kelas XI IPA yang berjumlah 32 siswa sebagai subyek penerima tindakan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi, catatan lapangan, dokumentasi, dan review. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan metode alur yaitu data dianalisis sejak tindakan pembelajaran dilakukan dan dikembangkan selama proses refleksi sampai proses penyusunan laporan. Beberapa hal yang dapat disimpulkan dari penelitian tindakan kelas tersebut antara lain: 1) Adanya peningkatan keaktifan siswa dalam pembelajaran matematika, hal ini dapat dilihat dari a) keaktifan siswa dalam mengajukan pertanyaan sebelum tindakan sebesar 12,9% dan diakhir tindakan mencapai 53,6%, b) keaktifan siswa dalam mengemukakan ide atau gagasan sebelum tindakan sebesar 16,1% dan diakhir tindakan mencapai 57,1%, c) keberanian siswa mempresentasikan hasil pekerjaan di depan kelas sebelum tindakan sebesar 0% dan diakhir tindakan mencapai 28,6%. 2) Adanya peningkatan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika, hal ini dapat dilihat dari a) kemauan siswa untuk memperhatikan penjelasan guru sebelum tindakan sebesar 51,6% dan diakhir tindakan mencapai 92,9%, b) semangat siswa untuk belajar mandiri dalam kelas sebelum tindakan sebesar 0% dan diakhir tindakan mencapai 64,3%, c) antusias siswa untuk mengerjakan tugas rumah tepat waktu sebelum tindakan sebesar 38,7% dan diakhir tindakan mencapai 92,9 %. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan TPS dengan pemanfaatan media pembelajaran berbasis komputer pada pembelajaran matematika dapat meningkatkan keaktifan dan motivasi belajar siswa.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:11752
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
English
English
English
English
publishDate 2011
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:11752 https://eprints.ums.ac.id/11752/ PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) DENGAN PEMANFAATAN MEDIA PEMBELA JARAN BERBASIS KOMPUTER (PTK Pada Siswa Kelas XI SMA Muhammadiyah 2 Surakarta) PRIHATININGRUM , WAHYU L Education (General) Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan keaktifan dan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika melalui pendekatan Think Pair Share (TPS) dengan pemanfaatan media pembelajaran berbasis komputer. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian ini adalah guru matematika kelas XI IPA SMA Muhammadiyah 2 Surakarta sebagai subyek pemberi tindakan dan siswa kelas XI IPA yang berjumlah 32 siswa sebagai subyek penerima tindakan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi, catatan lapangan, dokumentasi, dan review. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan metode alur yaitu data dianalisis sejak tindakan pembelajaran dilakukan dan dikembangkan selama proses refleksi sampai proses penyusunan laporan. Beberapa hal yang dapat disimpulkan dari penelitian tindakan kelas tersebut antara lain: 1) Adanya peningkatan keaktifan siswa dalam pembelajaran matematika, hal ini dapat dilihat dari a) keaktifan siswa dalam mengajukan pertanyaan sebelum tindakan sebesar 12,9% dan diakhir tindakan mencapai 53,6%, b) keaktifan siswa dalam mengemukakan ide atau gagasan sebelum tindakan sebesar 16,1% dan diakhir tindakan mencapai 57,1%, c) keberanian siswa mempresentasikan hasil pekerjaan di depan kelas sebelum tindakan sebesar 0% dan diakhir tindakan mencapai 28,6%. 2) Adanya peningkatan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika, hal ini dapat dilihat dari a) kemauan siswa untuk memperhatikan penjelasan guru sebelum tindakan sebesar 51,6% dan diakhir tindakan mencapai 92,9%, b) semangat siswa untuk belajar mandiri dalam kelas sebelum tindakan sebesar 0% dan diakhir tindakan mencapai 64,3%, c) antusias siswa untuk mengerjakan tugas rumah tepat waktu sebelum tindakan sebesar 38,7% dan diakhir tindakan mencapai 92,9 %. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan TPS dengan pemanfaatan media pembelajaran berbasis komputer pada pembelajaran matematika dapat meningkatkan keaktifan dan motivasi belajar siswa. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11752/1/HALAMAN_DEPAN.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11752/2/BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11752/3/BAB_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11752/4/BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11752/6/BAB_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11752/9/BAB_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11752/11/DAFTAR_PUSTAKA.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11752/19/LAMPIRAN.pdf PRIHATININGRUM , WAHYU (2011) PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) DENGAN PEMANFAATAN MEDIA PEMBELA JARAN BERBASIS KOMPUTER (PTK Pada Siswa Kelas XI SMA Muhammadiyah 2 Surakarta). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A410070184
spellingShingle L Education (General)
PRIHATININGRUM , WAHYU
PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) DENGAN PEMANFAATAN MEDIA PEMBELA JARAN BERBASIS KOMPUTER (PTK Pada Siswa Kelas XI SMA Muhammadiyah 2 Surakarta)
title PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) DENGAN PEMANFAATAN MEDIA PEMBELA JARAN BERBASIS KOMPUTER (PTK Pada Siswa Kelas XI SMA Muhammadiyah 2 Surakarta)
title_full PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) DENGAN PEMANFAATAN MEDIA PEMBELA JARAN BERBASIS KOMPUTER (PTK Pada Siswa Kelas XI SMA Muhammadiyah 2 Surakarta)
title_fullStr PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) DENGAN PEMANFAATAN MEDIA PEMBELA JARAN BERBASIS KOMPUTER (PTK Pada Siswa Kelas XI SMA Muhammadiyah 2 Surakarta)
title_full_unstemmed PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) DENGAN PEMANFAATAN MEDIA PEMBELA JARAN BERBASIS KOMPUTER (PTK Pada Siswa Kelas XI SMA Muhammadiyah 2 Surakarta)
title_short PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) DENGAN PEMANFAATAN MEDIA PEMBELA JARAN BERBASIS KOMPUTER (PTK Pada Siswa Kelas XI SMA Muhammadiyah 2 Surakarta)
title_sort peningkatan keaktifan dan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika melalui pendekatan kooperatif tipe think pair share tps dengan pemanfaatan media pembela jaran berbasis komputer ptk pada siswa kelas xi sma muhammadiyah 2 surakarta
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/11752/
work_keys_str_mv AT prihatiningrumwahyu peningkatankeaktifandanmotivasibelajarsiswadalampembelajaranmatematikamelaluipendekatankooperatiftipethinkpairsharetpsdenganpemanfaatanmediapembelajaranberbasiskomputerptkpadasiswakelasxismamuhammadiyah2surakarta