PENERAPAN METODE GUIDED NOTE TAKING DAN TEAM QUIZ DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KEAKTIFAN SISWA (PTK di Kelas VIII Semester II SMP Negeri 1 Masaran Tahun Ajaran 2010/2011)

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran matematika melalui matode Guided Note Taking dan Team Quiz pada pokok bahasan bangun ruang sisi datar, kubus dan balok. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penerima tindakan adala...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: WAHYUNINGSIH , ANA
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
English
Published: 2011
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/11749/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran matematika melalui matode Guided Note Taking dan Team Quiz pada pokok bahasan bangun ruang sisi datar, kubus dan balok. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penerima tindakan adalah siswa kelas VIII G SMP Negeri 1 Masaran yang berjumlah 39 siswa dan subjek pelaksana tindakan adalah peneliti yang dibantu oleh guru matematika. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, catatan lapangan, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan metode alur yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan adanya peningkatan keaktifan siswa pada pembelajaran matematika pokok bahasan bangun ruang sisi datar kubus dan balok melalui metode Guided Note Taking dan Team Quiz. Hal ini dapat dilihat dari: 1) Keaktifan siswa dalam mengajukan pertanyaan sebelum dilakukan tindakan sebesar 12,82% dan diakhir tindakan mencapai 35,90%, 2) Keaktifan siswa dalam menjawab pertanyaan sebelum dilakukan tindakan sebesar 15,38% dan diakhir tindakan mencapai 43,59%, 3) Keaktifan siswa dalan mengerjakan latihan soal yang diberikan oleh guru sebelum dilakukan tindakan sebesar 33,33% dan diakhir tindakan mencapai 92,31%, 4) Keaktifan siswa dalam mengerjakan soal di depan kelas sebelum dilakukan tindakan sebesar 10,26% dan diakhir tindakan mencapai 38,46%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan metode Guided Note Taking dan Team Quiz dalam pembelajaran matematika pada pokok bahasan bangun ruang sisi datar kubus dan balok dapat meningkatkan keaktifan siswa.