PENINGKATAN ETIKA DAN MOTIVASI BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ICT (PTK Pada Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 4 Surakarta)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan etika siswa, motivasi belajar siswa, dan prestasi belajar siswa melalui media pembelajaran berbasis ICT. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Subyek penelitian ini adalah guru matem...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Baiti, Erma Nur
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
English
Published: 2011
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/11748/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804995425561739264
author Baiti, Erma Nur
author_facet Baiti, Erma Nur
author_sort Baiti, Erma Nur
collection ePrints
description Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan etika siswa, motivasi belajar siswa, dan prestasi belajar siswa melalui media pembelajaran berbasis ICT. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Subyek penelitian ini adalah guru matematika kelas VIIIB SMP Muhammadiyah 4 Surakarta sebagai subyek pemberi tindakan, serta siswa-siswa kelas VIIIB yang berjumlah 36 siswa sebagai subyek penerima tindakan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi, angket, catatan lapangan, review, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan metode alur yaitu data dianalisis sejak tindakan pembelajaran dilaksanakan dan dikembangkan selama proses pembelajaran. Beberapa hal yang dapat disimpulkan dari penelitian tindakan kelas tersebut antara lain 1) Adanya peningkatan etika siswa dalam pembelajaran, hal ini dapat dilihat dari a). Sikap sopan siswa selama mengikuti pembelajaran meningkat dari 30,55% menjadi 55,55%, b). Sikap menghormati terhadap guru meningkat dari 36,11% menjadi 52,77%, c) Sikap menghargai terhadap teman meningkat dari 22,22% menjadi 47,22%, d). Cara siswa merespon pertanyaan dari guru meningkat dari 19,44% menjadi 52,77%. 2) Adanya peningkatan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika, hal ini dapat dilihat dari a). Keinginan untuk mengikuti proses pembelajaran meningkat dari 27,77% menjadi 50%, b). Kesiapan mengikuti proses pembelajaran meningkat dari 25% menjadi 58,33%, c). Memperhatikan penjelasan guru meningkat dari 19,44% menjadi 52,77%, d). Kemauan untuk mengerjakan latihan soal meningkat dari 27,77% menjadi 58,33%. 3) Adanya peningkatan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika meningkat dari 27,77% menjadi 52,77%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran berbasis ICT dapat meningkatkan etika, motivasi belajar, dan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:11748
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
English
English
English
English
publishDate 2011
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:11748 https://eprints.ums.ac.id/11748/ PENINGKATAN ETIKA DAN MOTIVASI BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ICT (PTK Pada Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 4 Surakarta) Baiti, Erma Nur L Education (General) Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan etika siswa, motivasi belajar siswa, dan prestasi belajar siswa melalui media pembelajaran berbasis ICT. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Subyek penelitian ini adalah guru matematika kelas VIIIB SMP Muhammadiyah 4 Surakarta sebagai subyek pemberi tindakan, serta siswa-siswa kelas VIIIB yang berjumlah 36 siswa sebagai subyek penerima tindakan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi, angket, catatan lapangan, review, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan metode alur yaitu data dianalisis sejak tindakan pembelajaran dilaksanakan dan dikembangkan selama proses pembelajaran. Beberapa hal yang dapat disimpulkan dari penelitian tindakan kelas tersebut antara lain 1) Adanya peningkatan etika siswa dalam pembelajaran, hal ini dapat dilihat dari a). Sikap sopan siswa selama mengikuti pembelajaran meningkat dari 30,55% menjadi 55,55%, b). Sikap menghormati terhadap guru meningkat dari 36,11% menjadi 52,77%, c) Sikap menghargai terhadap teman meningkat dari 22,22% menjadi 47,22%, d). Cara siswa merespon pertanyaan dari guru meningkat dari 19,44% menjadi 52,77%. 2) Adanya peningkatan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika, hal ini dapat dilihat dari a). Keinginan untuk mengikuti proses pembelajaran meningkat dari 27,77% menjadi 50%, b). Kesiapan mengikuti proses pembelajaran meningkat dari 25% menjadi 58,33%, c). Memperhatikan penjelasan guru meningkat dari 19,44% menjadi 52,77%, d). Kemauan untuk mengerjakan latihan soal meningkat dari 27,77% menjadi 58,33%. 3) Adanya peningkatan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika meningkat dari 27,77% menjadi 52,77%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran berbasis ICT dapat meningkatkan etika, motivasi belajar, dan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11748/1/Halaman_Depan.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11748/2/BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11748/3/BAB_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11748/4/BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11748/5/BAB_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11748/7/BAB_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11748/8/DAFTAR_PUSTAKA.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11748/10/Lampiran_ok1.pdf Baiti, Erma Nur (2011) PENINGKATAN ETIKA DAN MOTIVASI BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ICT (PTK Pada Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 4 Surakarta). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A410070152
spellingShingle L Education (General)
Baiti, Erma Nur
PENINGKATAN ETIKA DAN MOTIVASI BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ICT (PTK Pada Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 4 Surakarta)
title PENINGKATAN ETIKA DAN MOTIVASI BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ICT (PTK Pada Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 4 Surakarta)
title_full PENINGKATAN ETIKA DAN MOTIVASI BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ICT (PTK Pada Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 4 Surakarta)
title_fullStr PENINGKATAN ETIKA DAN MOTIVASI BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ICT (PTK Pada Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 4 Surakarta)
title_full_unstemmed PENINGKATAN ETIKA DAN MOTIVASI BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ICT (PTK Pada Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 4 Surakarta)
title_short PENINGKATAN ETIKA DAN MOTIVASI BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ICT (PTK Pada Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 4 Surakarta)
title_sort peningkatan etika dan motivasi belajar dalam pembelajaran matematika melalui media pembelajaran berbasis ict ptk pada siswa kelas viii smp muhammadiyah 4 surakarta
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/11748/
work_keys_str_mv AT baitiermanur peningkatanetikadanmotivasibelajardalampembelajaranmatematikamelaluimediapembelajaranberbasisictptkpadasiswakelasviiismpmuhammadiyah4surakarta