PENINGKATAN ETIKA DAN MOTIVASI BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ICT (PTK Pada Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 4 Surakarta)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan etika siswa, motivasi belajar siswa, dan prestasi belajar siswa melalui media pembelajaran berbasis ICT. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Subyek penelitian ini adalah guru matem...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English English English English English English |
Published: |
2011
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/11748/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan etika siswa,
motivasi belajar siswa, dan prestasi belajar siswa melalui media pembelajaran
berbasis ICT. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, yang
dilaksanakan dalam tiga siklus. Subyek penelitian ini adalah guru matematika
kelas VIIIB SMP Muhammadiyah 4 Surakarta sebagai subyek pemberi tindakan,
serta siswa-siswa kelas VIIIB yang berjumlah 36 siswa sebagai subyek penerima
tindakan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi, angket,
catatan lapangan, review, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara
deskriptif kualitatif dengan metode alur yaitu data dianalisis sejak tindakan
pembelajaran dilaksanakan dan dikembangkan selama proses pembelajaran.
Beberapa hal yang dapat disimpulkan dari penelitian tindakan kelas tersebut
antara lain 1) Adanya peningkatan etika siswa dalam pembelajaran, hal ini dapat
dilihat dari a). Sikap sopan siswa selama mengikuti pembelajaran meningkat dari
30,55% menjadi 55,55%, b). Sikap menghormati terhadap guru meningkat dari
36,11% menjadi 52,77%, c) Sikap menghargai terhadap teman meningkat dari
22,22% menjadi 47,22%, d). Cara siswa merespon pertanyaan dari guru
meningkat dari 19,44% menjadi 52,77%. 2) Adanya peningkatan motivasi belajar
siswa dalam pembelajaran matematika, hal ini dapat dilihat dari a). Keinginan
untuk mengikuti proses pembelajaran meningkat dari 27,77% menjadi 50%, b).
Kesiapan mengikuti proses pembelajaran meningkat dari 25% menjadi 58,33%,
c). Memperhatikan penjelasan guru meningkat dari 19,44% menjadi 52,77%, d).
Kemauan untuk mengerjakan latihan soal meningkat dari 27,77% menjadi
58,33%. 3) Adanya peningkatan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran
matematika meningkat dari 27,77% menjadi 52,77%. Penelitian ini
menyimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran berbasis ICT dapat
meningkatkan etika, motivasi belajar, dan prestasi belajar siswa dalam
pembelajaran matematika.
|
---|