PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN THE POWER OF TWO UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MATERI ALJABAR DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA ALGEBRAIC EXPERIENCE MATERIALS (AEM) (PTK di Kelas VII Semester I SMP Negeri 2 Bulu Tahun Ajaran 2010 / 2011)

Tujuan penelitian (1) meningkatkan minat belajar siswa matematika melalui strategi pembelajaran The Power of Two pada siswa SMP Negeri 2 Bulu, (2)meningkatkan prestasi belajar siswa matematika melalui strategi pembelajaran The Power of Two pada siswa SMP Negeri 2 Bu...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: DELINA , NUZUL PUTRI
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
English
Published: 2011
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/11746/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804995425015431168
author DELINA , NUZUL PUTRI
author_facet DELINA , NUZUL PUTRI
author_sort DELINA , NUZUL PUTRI
collection ePrints
description Tujuan penelitian (1) meningkatkan minat belajar siswa matematika melalui strategi pembelajaran The Power of Two pada siswa SMP Negeri 2 Bulu, (2)meningkatkan prestasi belajar siswa matematika melalui strategi pembelajaran The Power of Two pada siswa SMP Negeri 2 Bulu. Jenis penelitian PTK kolaboratif. Subyek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas VII SMP Negeri 2 Bulu Rembang, yang berjumlah 23 siswa. Metode pengumpulan data melalui metode observasi, catatan lapangan, tes ,wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Keabsahan data dilakukan dengan observasi secara terus menerus dan triangulasi data. Hasil penelitian ini: (1) ada peningkatan minat belajar siswa yang dapat dilihat dari meningkatnya indikator minat yang meliputi: a) keinginan siswa untuk menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru meningkat yaitu sebelum dilakukan tindakan 17,04% dan pada akhir tindakan 86,96%, b) keaktifan siswa dalam bertanya tentang materi yang tidak dimengerti meningkat yaitu sebelum dilakukan tindakan 0,00% dan pada akhir tindakan 82,61%, c) kemauan siswa untuk mengerjakan soal di depan kelas juga meningkat yaitu sebelum dilakukan tindakan sebanyak 4,75% dan pada akhir tindakan 78,26%. (2) ada peningkatan prestasi belajar siswa yang mendapat nilai lebih dari sama dengan 60 sebelum tindakan 8,79% dan pada akhir tindakan 82,61%. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penerapan strategi pembelajaran The Power of Two dapat meningkatkan minat dan prestasi belajar siswa matematika materi Aljabar dengan menggunakan alat peraga AEM..
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:11746
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
English
English
English
English
publishDate 2011
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:11746 https://eprints.ums.ac.id/11746/ PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN THE POWER OF TWO UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MATERI ALJABAR DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA ALGEBRAIC EXPERIENCE MATERIALS (AEM) (PTK di Kelas VII Semester I SMP Negeri 2 Bulu Tahun Ajaran 2010 / 2011) DELINA , NUZUL PUTRI L Education (General) Tujuan penelitian (1) meningkatkan minat belajar siswa matematika melalui strategi pembelajaran The Power of Two pada siswa SMP Negeri 2 Bulu, (2)meningkatkan prestasi belajar siswa matematika melalui strategi pembelajaran The Power of Two pada siswa SMP Negeri 2 Bulu. Jenis penelitian PTK kolaboratif. Subyek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas VII SMP Negeri 2 Bulu Rembang, yang berjumlah 23 siswa. Metode pengumpulan data melalui metode observasi, catatan lapangan, tes ,wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Keabsahan data dilakukan dengan observasi secara terus menerus dan triangulasi data. Hasil penelitian ini: (1) ada peningkatan minat belajar siswa yang dapat dilihat dari meningkatnya indikator minat yang meliputi: a) keinginan siswa untuk menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru meningkat yaitu sebelum dilakukan tindakan 17,04% dan pada akhir tindakan 86,96%, b) keaktifan siswa dalam bertanya tentang materi yang tidak dimengerti meningkat yaitu sebelum dilakukan tindakan 0,00% dan pada akhir tindakan 82,61%, c) kemauan siswa untuk mengerjakan soal di depan kelas juga meningkat yaitu sebelum dilakukan tindakan sebanyak 4,75% dan pada akhir tindakan 78,26%. (2) ada peningkatan prestasi belajar siswa yang mendapat nilai lebih dari sama dengan 60 sebelum tindakan 8,79% dan pada akhir tindakan 82,61%. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penerapan strategi pembelajaran The Power of Two dapat meningkatkan minat dan prestasi belajar siswa matematika materi Aljabar dengan menggunakan alat peraga AEM.. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11746/1/Halaman_depan_pdf.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11746/2/BAB_I_pdf.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11746/4/BAB_II_pdf.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11746/6/BAB_III_pdf.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11746/7/BAB_IV_pdf.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11746/10/bab_V_pdf.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11746/12/DAFTAR_PUSTAKA_pdf.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11746/14/lampiran_pdf.pdf DELINA , NUZUL PUTRI (2011) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN THE POWER OF TWO UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MATERI ALJABAR DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA ALGEBRAIC EXPERIENCE MATERIALS (AEM) (PTK di Kelas VII Semester I SMP Negeri 2 Bulu Tahun Ajaran 2010 / 2011). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A410070148
spellingShingle L Education (General)
DELINA , NUZUL PUTRI
PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN THE POWER OF TWO UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MATERI ALJABAR DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA ALGEBRAIC EXPERIENCE MATERIALS (AEM) (PTK di Kelas VII Semester I SMP Negeri 2 Bulu Tahun Ajaran 2010 / 2011)
title PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN THE POWER OF TWO UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MATERI ALJABAR DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA ALGEBRAIC EXPERIENCE MATERIALS (AEM) (PTK di Kelas VII Semester I SMP Negeri 2 Bulu Tahun Ajaran 2010 / 2011)
title_full PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN THE POWER OF TWO UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MATERI ALJABAR DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA ALGEBRAIC EXPERIENCE MATERIALS (AEM) (PTK di Kelas VII Semester I SMP Negeri 2 Bulu Tahun Ajaran 2010 / 2011)
title_fullStr PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN THE POWER OF TWO UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MATERI ALJABAR DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA ALGEBRAIC EXPERIENCE MATERIALS (AEM) (PTK di Kelas VII Semester I SMP Negeri 2 Bulu Tahun Ajaran 2010 / 2011)
title_full_unstemmed PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN THE POWER OF TWO UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MATERI ALJABAR DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA ALGEBRAIC EXPERIENCE MATERIALS (AEM) (PTK di Kelas VII Semester I SMP Negeri 2 Bulu Tahun Ajaran 2010 / 2011)
title_short PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN THE POWER OF TWO UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MATERI ALJABAR DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA ALGEBRAIC EXPERIENCE MATERIALS (AEM) (PTK di Kelas VII Semester I SMP Negeri 2 Bulu Tahun Ajaran 2010 / 2011)
title_sort penerapan strategi pembelajaran the power of two untuk meningkatkan minat dan prestasi belajar matematika materi aljabar dengan menggunakan alat peraga algebraic experience materials aem ptk di kelas vii semester i smp negeri 2 bulu tahun ajaran 2010 2011
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/11746/
work_keys_str_mv AT delinanuzulputri penerapanstrategipembelajaranthepoweroftwountukmeningkatkanminatdanprestasibelajarmatematikamaterialjabardenganmenggunakanalatperagaalgebraicexperiencematerialsaemptkdikelasviisemesterismpnegeri2bulutahunajaran20102011