PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN THE POWER OF TWO UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MATERI ALJABAR DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA ALGEBRAIC EXPERIENCE MATERIALS (AEM) (PTK di Kelas VII Semester I SMP Negeri 2 Bulu Tahun Ajaran 2010 / 2011)
Tujuan penelitian (1) meningkatkan minat belajar siswa matematika melalui strategi pembelajaran The Power of Two pada siswa SMP Negeri 2 Bulu, (2)meningkatkan prestasi belajar siswa matematika melalui strategi pembelajaran The Power of Two pada siswa SMP Negeri 2 Bu...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English English English English English English |
Published: |
2011
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/11746/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Tujuan penelitian (1) meningkatkan minat belajar siswa matematika melalui
strategi pembelajaran The Power of Two pada siswa SMP Negeri 2 Bulu,
(2)meningkatkan prestasi belajar siswa matematika melalui strategi pembelajaran
The Power of Two pada siswa SMP Negeri 2 Bulu. Jenis penelitian PTK
kolaboratif. Subyek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas VII SMP
Negeri 2 Bulu Rembang, yang berjumlah 23 siswa. Metode pengumpulan data
melalui metode observasi, catatan lapangan, tes ,wawancara dan dokumentasi.
Teknik analisis data secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Keabsahan
data dilakukan dengan observasi secara terus menerus dan triangulasi data. Hasil
penelitian ini: (1) ada peningkatan minat belajar siswa yang dapat dilihat dari
meningkatnya indikator minat yang meliputi: a) keinginan siswa untuk menjawab
pertanyaan yang diberikan oleh guru meningkat yaitu sebelum dilakukan tindakan
17,04% dan pada akhir tindakan 86,96%, b) keaktifan siswa dalam bertanya
tentang materi yang tidak dimengerti meningkat yaitu sebelum dilakukan tindakan
0,00% dan pada akhir tindakan 82,61%, c) kemauan siswa untuk mengerjakan
soal di depan kelas juga meningkat yaitu sebelum dilakukan tindakan sebanyak
4,75% dan pada akhir tindakan 78,26%. (2) ada peningkatan prestasi belajar siswa
yang mendapat nilai lebih dari sama dengan 60 sebelum tindakan 8,79% dan pada
akhir tindakan 82,61%. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penerapan
strategi pembelajaran The Power of Two dapat meningkatkan minat dan prestasi
belajar siswa matematika materi Aljabar dengan menggunakan alat peraga AEM..
|
---|