UPAYA PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN SCRAMBLE DENGAN PEMANFAATAN MACROMEDIA FLASH ( PTK Pembelajaran Matematika di Kelas VII SMP N 2 Grobogan )

Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika melalui pendekatan Scramble dengan pemanfaatan Macromedia Flash. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas bersifat kolaboratif antara peneliti, guru matematika, dan kepala sekolah. Sub...

Cijeli opis

Spremljeno u:
Bibliografski detalji
Glavni autor: MUNAWAROH , SITI
Format: Disertacija
Jezik:English
English
English
English
English
English
English
English
Izdano: 2011
Teme:
Online pristup:https://eprints.ums.ac.id/11743/
Oznake: Dodaj oznaku
Bez oznaka, Budi prvi tko označuje ovaj zapis!
_version_ 1804995424472268800
author MUNAWAROH , SITI
author_facet MUNAWAROH , SITI
author_sort MUNAWAROH , SITI
collection ePrints
description Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika melalui pendekatan Scramble dengan pemanfaatan Macromedia Flash. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas bersifat kolaboratif antara peneliti, guru matematika, dan kepala sekolah. Subjek penelitian yang dikenai tindakan adalah Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Grobogan yang berjumlah 35 siswa. Data dikumpulkan melalui metode observasi, tes, catatan lapangan dan dokumentasi. Analisis data secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika. Hal ini dapat dilihat dari motivasi siswa dalam: 1) Kesiapan siswa dalam mengikuti pelajaran meningkat dari sebelum tindakan (34,23%) menjadi (77,14%) di akhir tindakan. 2) Memperhatikan penjelasan dari guru meningkat dari sebelum tindakan (42,9%) menjadi (82,86%) di akhir tindakan. 3) Semangat siswa dalam mengerjakan soal- soal latihan dari guru meningkat dari sebelum tindakan (51,43%) menjadi (88,6%) di akhir tindakan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pendekatan scramble dengan pemanfaatan macromedia flash dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan motivasi belajar siswa.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:11743
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
English
English
English
English
publishDate 2011
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:11743 https://eprints.ums.ac.id/11743/ UPAYA PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN SCRAMBLE DENGAN PEMANFAATAN MACROMEDIA FLASH ( PTK Pembelajaran Matematika di Kelas VII SMP N 2 Grobogan ) MUNAWAROH , SITI L Education (General) Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika melalui pendekatan Scramble dengan pemanfaatan Macromedia Flash. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas bersifat kolaboratif antara peneliti, guru matematika, dan kepala sekolah. Subjek penelitian yang dikenai tindakan adalah Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Grobogan yang berjumlah 35 siswa. Data dikumpulkan melalui metode observasi, tes, catatan lapangan dan dokumentasi. Analisis data secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika. Hal ini dapat dilihat dari motivasi siswa dalam: 1) Kesiapan siswa dalam mengikuti pelajaran meningkat dari sebelum tindakan (34,23%) menjadi (77,14%) di akhir tindakan. 2) Memperhatikan penjelasan dari guru meningkat dari sebelum tindakan (42,9%) menjadi (82,86%) di akhir tindakan. 3) Semangat siswa dalam mengerjakan soal- soal latihan dari guru meningkat dari sebelum tindakan (51,43%) menjadi (88,6%) di akhir tindakan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pendekatan scramble dengan pemanfaatan macromedia flash dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11743/1/2._Halaman_Depan.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11743/3/3._BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11743/4/4._BAB_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11743/6/5._BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11743/7/6._BAB_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11743/9/7._BAB_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11743/11/8._Daftar_Pustaka.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11743/13/9._Lampiran.pdf MUNAWAROH , SITI (2011) UPAYA PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN SCRAMBLE DENGAN PEMANFAATAN MACROMEDIA FLASH ( PTK Pembelajaran Matematika di Kelas VII SMP N 2 Grobogan ). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A410070127
spellingShingle L Education (General)
MUNAWAROH , SITI
UPAYA PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN SCRAMBLE DENGAN PEMANFAATAN MACROMEDIA FLASH ( PTK Pembelajaran Matematika di Kelas VII SMP N 2 Grobogan )
title UPAYA PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN SCRAMBLE DENGAN PEMANFAATAN MACROMEDIA FLASH ( PTK Pembelajaran Matematika di Kelas VII SMP N 2 Grobogan )
title_full UPAYA PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN SCRAMBLE DENGAN PEMANFAATAN MACROMEDIA FLASH ( PTK Pembelajaran Matematika di Kelas VII SMP N 2 Grobogan )
title_fullStr UPAYA PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN SCRAMBLE DENGAN PEMANFAATAN MACROMEDIA FLASH ( PTK Pembelajaran Matematika di Kelas VII SMP N 2 Grobogan )
title_full_unstemmed UPAYA PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN SCRAMBLE DENGAN PEMANFAATAN MACROMEDIA FLASH ( PTK Pembelajaran Matematika di Kelas VII SMP N 2 Grobogan )
title_short UPAYA PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN SCRAMBLE DENGAN PEMANFAATAN MACROMEDIA FLASH ( PTK Pembelajaran Matematika di Kelas VII SMP N 2 Grobogan )
title_sort upaya peningkatan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika melalui pendekatan scramble dengan pemanfaatan macromedia flash ptk pembelajaran matematika di kelas vii smp n 2 grobogan
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/11743/
work_keys_str_mv AT munawarohsiti upayapeningkatanmotivasibelajarsiswadalampembelajaranmatematikamelaluipendekatanscrambledenganpemanfaatanmacromediaflashptkpembelajaranmatematikadikelasviismpn2grobogan