UPAYA PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN SCRAMBLE DENGAN PEMANFAATAN MACROMEDIA FLASH ( PTK Pembelajaran Matematika di Kelas VII SMP N 2 Grobogan )

Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika melalui pendekatan Scramble dengan pemanfaatan Macromedia Flash. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas bersifat kolaboratif antara peneliti, guru matematika, dan kepala sekolah. Sub...

תיאור מלא

שמור ב:
מידע ביבליוגרפי
מחבר ראשי: MUNAWAROH , SITI
פורמט: Thesis
שפה:English
English
English
English
English
English
English
English
יצא לאור: 2011
נושאים:
גישה מקוונת:https://eprints.ums.ac.id/11743/
תגים: הוספת תג
אין תגיות, היה/י הראשונ/ה לתייג את הרשומה!
תיאור
סיכום:Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika melalui pendekatan Scramble dengan pemanfaatan Macromedia Flash. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas bersifat kolaboratif antara peneliti, guru matematika, dan kepala sekolah. Subjek penelitian yang dikenai tindakan adalah Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Grobogan yang berjumlah 35 siswa. Data dikumpulkan melalui metode observasi, tes, catatan lapangan dan dokumentasi. Analisis data secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika. Hal ini dapat dilihat dari motivasi siswa dalam: 1) Kesiapan siswa dalam mengikuti pelajaran meningkat dari sebelum tindakan (34,23%) menjadi (77,14%) di akhir tindakan. 2) Memperhatikan penjelasan dari guru meningkat dari sebelum tindakan (42,9%) menjadi (82,86%) di akhir tindakan. 3) Semangat siswa dalam mengerjakan soal- soal latihan dari guru meningkat dari sebelum tindakan (51,43%) menjadi (88,6%) di akhir tindakan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pendekatan scramble dengan pemanfaatan macromedia flash dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan motivasi belajar siswa.