UPAYA PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN SCRAMBLE DENGAN PEMANFAATAN MACROMEDIA FLASH ( PTK Pembelajaran Matematika di Kelas VII SMP N 2 Grobogan )

Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika melalui pendekatan Scramble dengan pemanfaatan Macromedia Flash. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas bersifat kolaboratif antara peneliti, guru matematika, dan kepala sekolah. Sub...

Descrición completa

Gardado en:
Detalles Bibliográficos
Autor Principal: MUNAWAROH , SITI
Formato: Thesis
Idioma:English
English
English
English
English
English
English
English
Publicado: 2011
Subjects:
Acceso en liña:https://eprints.ums.ac.id/11743/
Tags: Engadir etiqueta
Sen Etiquetas, Sexa o primeiro en etiquetar este rexistro!
Descripción
Summary:Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika melalui pendekatan Scramble dengan pemanfaatan Macromedia Flash. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas bersifat kolaboratif antara peneliti, guru matematika, dan kepala sekolah. Subjek penelitian yang dikenai tindakan adalah Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Grobogan yang berjumlah 35 siswa. Data dikumpulkan melalui metode observasi, tes, catatan lapangan dan dokumentasi. Analisis data secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika. Hal ini dapat dilihat dari motivasi siswa dalam: 1) Kesiapan siswa dalam mengikuti pelajaran meningkat dari sebelum tindakan (34,23%) menjadi (77,14%) di akhir tindakan. 2) Memperhatikan penjelasan dari guru meningkat dari sebelum tindakan (42,9%) menjadi (82,86%) di akhir tindakan. 3) Semangat siswa dalam mengerjakan soal- soal latihan dari guru meningkat dari sebelum tindakan (51,43%) menjadi (88,6%) di akhir tindakan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pendekatan scramble dengan pemanfaatan macromedia flash dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan motivasi belajar siswa.