EKSPERIMEN PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN STRATEGI GROUP RESUME DAN BAMBOO DANCING DITINJAU DARI MOTIVASI BERPRESTASI PADA SISWA KELAS XI SEMESTER 1 SMA NEGERI 1 KARTASURA
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, (1) pengaruh penggunaan strategi pembelajaran terhadap prestasi belajar matematika, (2) pengaruh prestasi belajar matematika ditinjau dari motivasi berprestasi siswa, (3) interaksi antara strategi pembelajaran ditinjau dari motivasi...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English English English English English English |
Published: |
2011
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/11741/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, (1) pengaruh penggunaan strategi pembelajaran terhadap prestasi belajar matematika, (2) pengaruh prestasi
belajar matematika ditinjau dari motivasi berprestasi siswa, (3) interaksi antara strategi pembelajaran ditinjau dari motivasi berprestasi siswa tehadap prestasi belajar matematika. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Kartasura. Sampel yang diambil dalam penelitian ini sebanyak 87
siswa, yang terdiri dari 43 siswa sebagai kelas eksperimen dan 44 siswa sebagai kelas kontrol. Tehnik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Cluster random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode angket, metode tes, dan metode dokumentasi. Tehnik analisis data
menggunakan uji analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama, yang sebelumnya menggunakan uji prasyarat analisis dengan metode Lilliefors untuk
uji normalitas dan metode Bartlett untuk uji homogenitas. Sebagai tindak lanjut dari analisis variansi dilakukan uji Scheffe. Dari hasil analisis data dengan taraf signifikansi 5% disimpulkan bahwa: (1) ada pengaruh yang signifikan penggunaan strategi pembelajaran terhadap prestasi belajar matematika, dengan nilai Fa = 17.844, (2) ada pengaruh yang signifikan prestasi belajar matematika ditinjau dari motivasi berprestasi siswa, dengan nilai Fb = 19.117, (3) tidak ada interaksi penggunaan strategi pembelajaran ditinjau dari motivasi berprestasi
siswa terhadap prestasi belajar matematika, dengan nilai Fab = 0.906. |
---|