EKSPERIMEN PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN STRATEGI GROUP INVESTIGATION (GI) DAN GUIDED TEACHING (GT) DITINJAU DARI MOTIVASI BERPRESTASI PADA POKOK BAHASAN LINEAR INEQUALITY WITH ONE VARIABLE ( Pada Kelas VII Semester I SMP Negeri 1 Boyolali )
Tujuan penelitian(1) pengaruh strategi pembelajaran Group Investigation dan Guided Teaching terhadap prestasi belajar matematika, (2) pengaruh tingkat motivasi berprestasi terhadap prestasi belajar matematika, (3) interaksi antara strategi pembelajaran dan motivasi ber...
Saved in:
主要作者: | |
---|---|
格式: | Thesis |
語言: | English English English English English English English English |
出版: |
2011
|
主題: | |
在線閱讀: | https://eprints.ums.ac.id/11738/ |
標簽: |
添加標簽
沒有標簽, 成為第一個標記此記錄!
|
總結: | Tujuan penelitian(1) pengaruh strategi pembelajaran Group Investigation
dan Guided Teaching terhadap prestasi belajar matematika, (2) pengaruh tingkat
motivasi berprestasi terhadap prestasi belajar matematika, (3) interaksi antara
strategi pembelajaran dan motivasi berprestasi terhadap prestasi belajar
matematika. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VII Semester
I SMP N 1 Boyolali tahun ajaran 2010/2011 sebanyak 6 kelas. Sampel dalam
penelitian ini terdiri dari dua kelas, yaitu kelas VII F sebagai kelas eksperimen
dan kelas VII E sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yang
digunakan adalah Cluster random sampling. Metode pengumpulan data yang
digunakan adalah metode tes dan metode angket sebagai metode pokok dan
metode dokumentasi sebagai metode bantu. Teknik analisis data menggunakan uji
analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama, yang sebelumnya menggunakan
uji prasyarat analisis dengan metode Lilliefors untuk uji normalitas dan metode
Bartlet untuk uji homogenitas, adapun uji pasca anava dengan metode Scheffe.
Dari hasil analisis data dengan taraf signifikasi 5% diperoleh hasil: (1) terdapat
pengaruh yang signifikan strategi pembelajaran Group Investigation dan Guided
Teaching terhadap prestasi belajar matematika, dengan Fa=5,233 (2) terdapat
pengaruh yang signifikan prestasi belajar matematika ditinjau dari motivasi
berprestasi, dengan Fb=45,542 (3) tidak terdapat interaksi antara strategi
pembelajaran dan motivasi berprestasi terhadap prestasi belajar matematika,
dengan Fab=0,713. |
---|