EKSPERIMEN PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN STRATEGI GROUP INVESTIGATION (GI) DAN GUIDED TEACHING (GT) DITINJAU DARI MOTIVASI BERPRESTASI PADA POKOK BAHASAN LINEAR INEQUALITY WITH ONE VARIABLE ( Pada Kelas VII Semester I SMP Negeri 1 Boyolali )

Tujuan penelitian(1) pengaruh strategi pembelajaran Group Investigation dan Guided Teaching terhadap prestasi belajar matematika, (2) pengaruh tingkat motivasi berprestasi terhadap prestasi belajar matematika, (3) interaksi antara strategi pembelajaran dan motivasi ber...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: DEWI , ARIANTI PUSPITA
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
English
Published: 2011
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/11738/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Tujuan penelitian(1) pengaruh strategi pembelajaran Group Investigation dan Guided Teaching terhadap prestasi belajar matematika, (2) pengaruh tingkat motivasi berprestasi terhadap prestasi belajar matematika, (3) interaksi antara strategi pembelajaran dan motivasi berprestasi terhadap prestasi belajar matematika. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VII Semester I SMP N 1 Boyolali tahun ajaran 2010/2011 sebanyak 6 kelas. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas, yaitu kelas VII F sebagai kelas eksperimen dan kelas VII E sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Cluster random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes dan metode angket sebagai metode pokok dan metode dokumentasi sebagai metode bantu. Teknik analisis data menggunakan uji analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama, yang sebelumnya menggunakan uji prasyarat analisis dengan metode Lilliefors untuk uji normalitas dan metode Bartlet untuk uji homogenitas, adapun uji pasca anava dengan metode Scheffe. Dari hasil analisis data dengan taraf signifikasi 5% diperoleh hasil: (1) terdapat pengaruh yang signifikan strategi pembelajaran Group Investigation dan Guided Teaching terhadap prestasi belajar matematika, dengan Fa=5,233 (2) terdapat pengaruh yang signifikan prestasi belajar matematika ditinjau dari motivasi berprestasi, dengan Fb=45,542 (3) tidak terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dan motivasi berprestasi terhadap prestasi belajar matematika, dengan Fab=0,713.