PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP DAN HASIL BELAJAR OPERASI DASAR BILANGAN BULAT MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN EVERYONE IS A TEACHER HERE ALAT PERAGA MISTAR HITUNG BAGI SISWA KELAS VII SEMESTER I SMP BHAKTI PRAJA MAYONG JEPARA TAHUN AJARAN 2010/2011

Tujuan penelitian (1) mendiskripsikan peningkatan pemahaman konsep operasi dasar bilangan bulat melalui penerapan strategi pembelajaran Everyone is a teacher here dan alat peraga mistar hitung, dan (2) mendiskripsikan peningkatan hasil belajar operasi dasar bilangan bulat melalui pene...

وصف كامل

محفوظ في:
التفاصيل البيبلوغرافية
المؤلف الرئيسي: ANGGRAENI , ERMA DWI
التنسيق: أطروحة
اللغة:English
English
English
English
English
English
English
English
منشور في: 2011
الموضوعات:
الوصول للمادة أونلاين:https://eprints.ums.ac.id/11735/
الوسوم: إضافة وسم
لا توجد وسوم, كن أول من يضع وسما على هذه التسجيلة!
_version_ 1804995422292279296
author ANGGRAENI , ERMA DWI
author_facet ANGGRAENI , ERMA DWI
author_sort ANGGRAENI , ERMA DWI
collection ePrints
description Tujuan penelitian (1) mendiskripsikan peningkatan pemahaman konsep operasi dasar bilangan bulat melalui penerapan strategi pembelajaran Everyone is a teacher here dan alat peraga mistar hitung, dan (2) mendiskripsikan peningkatan hasil belajar operasi dasar bilangan bulat melalui penerapan strategi pembelajaran Everyone is a teacher here dan alat peraga mistar hitung. Jenis penelitian PTK kolaboratif. Subyek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas VII SMP Bhakti Praja Mayong Jepara, yang berjumlah 46 siswa. Metode pengumpulan data melalui metode observasi, catatan lapangan, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Keabsahan data dilakukan dengan observasi secara terus menerus dan triangulasi data. Hasil penelitian ini: (1) ada peningkatan pemahaman konsep siswa dapat dilihat dari meningkatnya indikator banyaknya siswa yang: a) mengemukakan ide sebelum tindakan 4,3%, putaran I 13,1%, putaran II 34,8% dan di akhir tindakan 56,5%, b) menjawab pertanyaan guru sebelum tindakan 10,8%, putaran I 19,6%, putaran II 30,4% dan di akhir tindakan 76,1%, c) mengajukan pertanyaan atau tanggapan kepada guru sebelum tindakan 2,2%, putaran I 6,5%, putaran II 23,9% dan di akhir tindakan 45,7%, d) menyanggah atau menyetujui jawaban siswa atau kelompok lain sebelum tindakan 6,5 %, putaran I 10,8%, putaran II 21,7% dan di akhir tindakan 47,8%, e) mengkontruksikan soal ke dalam model matematika sebelum tindakan 21,2%, putaran I 45,6 %, putaran II 84,8% dan di akhir tindakan 93,5%, dan (2) ada peningkatan hasil belajar siswa yang mendapat nilai lebih dari sama dengan 61 sebelum tindakan 41,3 %, putaran I 60,9 %, putaran II 82,6 %, putaran III 91,3%. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penerapan strategi Everyone is a teacher here dan alat peraga mistar hitung dapat meningkatkan pemahaman konsep dan hasil belajar siswa.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:11735
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
English
English
English
English
publishDate 2011
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:11735 https://eprints.ums.ac.id/11735/ PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP DAN HASIL BELAJAR OPERASI DASAR BILANGAN BULAT MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN EVERYONE IS A TEACHER HERE ALAT PERAGA MISTAR HITUNG BAGI SISWA KELAS VII SEMESTER I SMP BHAKTI PRAJA MAYONG JEPARA TAHUN AJARAN 2010/2011 ANGGRAENI , ERMA DWI L Education (General) Tujuan penelitian (1) mendiskripsikan peningkatan pemahaman konsep operasi dasar bilangan bulat melalui penerapan strategi pembelajaran Everyone is a teacher here dan alat peraga mistar hitung, dan (2) mendiskripsikan peningkatan hasil belajar operasi dasar bilangan bulat melalui penerapan strategi pembelajaran Everyone is a teacher here dan alat peraga mistar hitung. Jenis penelitian PTK kolaboratif. Subyek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas VII SMP Bhakti Praja Mayong Jepara, yang berjumlah 46 siswa. Metode pengumpulan data melalui metode observasi, catatan lapangan, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Keabsahan data dilakukan dengan observasi secara terus menerus dan triangulasi data. Hasil penelitian ini: (1) ada peningkatan pemahaman konsep siswa dapat dilihat dari meningkatnya indikator banyaknya siswa yang: a) mengemukakan ide sebelum tindakan 4,3%, putaran I 13,1%, putaran II 34,8% dan di akhir tindakan 56,5%, b) menjawab pertanyaan guru sebelum tindakan 10,8%, putaran I 19,6%, putaran II 30,4% dan di akhir tindakan 76,1%, c) mengajukan pertanyaan atau tanggapan kepada guru sebelum tindakan 2,2%, putaran I 6,5%, putaran II 23,9% dan di akhir tindakan 45,7%, d) menyanggah atau menyetujui jawaban siswa atau kelompok lain sebelum tindakan 6,5 %, putaran I 10,8%, putaran II 21,7% dan di akhir tindakan 47,8%, e) mengkontruksikan soal ke dalam model matematika sebelum tindakan 21,2%, putaran I 45,6 %, putaran II 84,8% dan di akhir tindakan 93,5%, dan (2) ada peningkatan hasil belajar siswa yang mendapat nilai lebih dari sama dengan 61 sebelum tindakan 41,3 %, putaran I 60,9 %, putaran II 82,6 %, putaran III 91,3%. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penerapan strategi Everyone is a teacher here dan alat peraga mistar hitung dapat meningkatkan pemahaman konsep dan hasil belajar siswa. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11735/1/cover_%2B_halaman_dpn.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11735/2/bab_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11735/4/Bab_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11735/6/BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11735/8/BAB_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11735/10/BAB_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11735/12/DAPUS_03.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11735/20/isi_lampiranQ.pdf ANGGRAENI , ERMA DWI (2011) PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP DAN HASIL BELAJAR OPERASI DASAR BILANGAN BULAT MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN EVERYONE IS A TEACHER HERE ALAT PERAGA MISTAR HITUNG BAGI SISWA KELAS VII SEMESTER I SMP BHAKTI PRAJA MAYONG JEPARA TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A410070115
spellingShingle L Education (General)
ANGGRAENI , ERMA DWI
PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP DAN HASIL BELAJAR OPERASI DASAR BILANGAN BULAT MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN EVERYONE IS A TEACHER HERE ALAT PERAGA MISTAR HITUNG BAGI SISWA KELAS VII SEMESTER I SMP BHAKTI PRAJA MAYONG JEPARA TAHUN AJARAN 2010/2011
title PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP DAN HASIL BELAJAR OPERASI DASAR BILANGAN BULAT MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN EVERYONE IS A TEACHER HERE ALAT PERAGA MISTAR HITUNG BAGI SISWA KELAS VII SEMESTER I SMP BHAKTI PRAJA MAYONG JEPARA TAHUN AJARAN 2010/2011
title_full PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP DAN HASIL BELAJAR OPERASI DASAR BILANGAN BULAT MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN EVERYONE IS A TEACHER HERE ALAT PERAGA MISTAR HITUNG BAGI SISWA KELAS VII SEMESTER I SMP BHAKTI PRAJA MAYONG JEPARA TAHUN AJARAN 2010/2011
title_fullStr PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP DAN HASIL BELAJAR OPERASI DASAR BILANGAN BULAT MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN EVERYONE IS A TEACHER HERE ALAT PERAGA MISTAR HITUNG BAGI SISWA KELAS VII SEMESTER I SMP BHAKTI PRAJA MAYONG JEPARA TAHUN AJARAN 2010/2011
title_full_unstemmed PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP DAN HASIL BELAJAR OPERASI DASAR BILANGAN BULAT MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN EVERYONE IS A TEACHER HERE ALAT PERAGA MISTAR HITUNG BAGI SISWA KELAS VII SEMESTER I SMP BHAKTI PRAJA MAYONG JEPARA TAHUN AJARAN 2010/2011
title_short PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP DAN HASIL BELAJAR OPERASI DASAR BILANGAN BULAT MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN EVERYONE IS A TEACHER HERE ALAT PERAGA MISTAR HITUNG BAGI SISWA KELAS VII SEMESTER I SMP BHAKTI PRAJA MAYONG JEPARA TAHUN AJARAN 2010/2011
title_sort peningkatan pemahaman konsep dan hasil belajar operasi dasar bilangan bulat melalui strategi pembelajaran everyone is a teacher here alat peraga mistar hitung bagi siswa kelas vii semester i smp bhakti praja mayong jepara tahun ajaran 2010 2011
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/11735/
work_keys_str_mv AT anggraeniermadwi peningkatanpemahamankonsepdanhasilbelajaroperasidasarbilanganbulatmelaluistrategipembelajaraneveryoneisateacherherealatperagamistarhitungbagisiswakelasviisemesterismpbhaktiprajamayongjeparatahunajaran20102011