PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP DAN HASIL BELAJAR OPERASI DASAR BILANGAN BULAT MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN EVERYONE IS A TEACHER HERE ALAT PERAGA MISTAR HITUNG BAGI SISWA KELAS VII SEMESTER I SMP BHAKTI PRAJA MAYONG JEPARA TAHUN AJARAN 2010/2011
Tujuan penelitian (1) mendiskripsikan peningkatan pemahaman konsep operasi dasar bilangan bulat melalui penerapan strategi pembelajaran Everyone is a teacher here dan alat peraga mistar hitung, dan (2) mendiskripsikan peningkatan hasil belajar operasi dasar bilangan bulat melalui pene...
Shranjeno v:
Glavni avtor: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Jezik: | English English English English English English English English |
Izdano: |
2011
|
Teme: | |
Online dostop: | https://eprints.ums.ac.id/11735/ |
Oznake: |
Označite
Brez oznak, prvi označite!
|
Izvleček: | Tujuan penelitian (1) mendiskripsikan peningkatan pemahaman konsep
operasi dasar bilangan bulat melalui penerapan strategi pembelajaran Everyone is
a teacher here dan alat peraga mistar hitung, dan (2) mendiskripsikan peningkatan
hasil belajar operasi dasar bilangan bulat melalui penerapan strategi pembelajaran
Everyone is a teacher here dan alat peraga mistar hitung. Jenis penelitian PTK
kolaboratif. Subyek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas VII SMP
Bhakti Praja Mayong Jepara, yang berjumlah 46 siswa. Metode pengumpulan data
melalui metode observasi, catatan lapangan, tes dan dokumentasi. Teknik analisis
data secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Keabsahan data dilakukan
dengan observasi secara terus menerus dan triangulasi data. Hasil penelitian ini:
(1) ada peningkatan pemahaman konsep siswa dapat dilihat dari meningkatnya
indikator banyaknya siswa yang: a) mengemukakan ide sebelum tindakan 4,3%,
putaran I 13,1%, putaran II 34,8% dan di akhir tindakan 56,5%, b) menjawab
pertanyaan guru sebelum tindakan 10,8%, putaran I 19,6%, putaran II 30,4% dan
di akhir tindakan 76,1%, c) mengajukan pertanyaan atau tanggapan kepada guru
sebelum tindakan 2,2%, putaran I 6,5%, putaran II 23,9% dan di akhir tindakan
45,7%, d) menyanggah atau menyetujui jawaban siswa atau kelompok lain
sebelum tindakan 6,5 %, putaran I 10,8%, putaran II 21,7% dan di akhir tindakan
47,8%, e) mengkontruksikan soal ke dalam model matematika sebelum tindakan
21,2%, putaran I 45,6 %, putaran II 84,8% dan di akhir tindakan 93,5%, dan (2)
ada peningkatan hasil belajar siswa yang mendapat nilai lebih dari sama dengan
61 sebelum tindakan 41,3 %, putaran I 60,9 %, putaran II 82,6 %, putaran III
91,3%. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penerapan strategi Everyone is a
teacher here dan alat peraga mistar hitung dapat meningkatkan pemahaman
konsep dan hasil belajar siswa.
|
---|