CATALYS DAY SEBAGAI PROSES VISUALISASI KONSEP PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA SEKOLAH DASAR (STUDI SITUS DI SD LAZUARDI KAMILA)

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi, mengkaji, dan menggambarkan: (1) Gaya belajar matematika siswa SD Lazuardi Kamila dengan perantara Catalys Day; (2) Kebiasaan siswa SD Lazuardi Kamila dalam pembelajaran matematika dengan perantara Catalys Day; (3) Faktor-faktor pendukung dan...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: SAFITRI , DWI PUJI NUR
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
English
Published: 2011
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/11732/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804995421475438592
author SAFITRI , DWI PUJI NUR
author_facet SAFITRI , DWI PUJI NUR
author_sort SAFITRI , DWI PUJI NUR
collection ePrints
description Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi, mengkaji, dan menggambarkan: (1) Gaya belajar matematika siswa SD Lazuardi Kamila dengan perantara Catalys Day; (2) Kebiasaan siswa SD Lazuardi Kamila dalam pembelajaran matematika dengan perantara Catalys Day; (3) Faktor-faktor pendukung dan kendala dalam belajar matematika siswa SD Lazuardi Kamila dengan perantara Catalys Day. Penelitian dilakukan dengan metode kualitatif, dengan strategi penelitian bersifat etnografi. Subyek penelitian adalah seluruh siswa SD Lazuardi Kamila dengan obyek penelitian adalah Catalys Day termasuk di dalamnya perilaku siswa SD Lazuardi Kamila. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Teknik analisis data yang digunakan adalah model alur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Gaya belajar matematika yang digunakan di SD Lazuardi Kamila adalah Catalys Day dengan pendekatan prereferensi sensori dan profil kecerdasan (multiple intelligence); (2) Kebiasaan siswa SD Lazuardi Kamila dalam pembelajaran matematika melalui Catalys Day merupakan cara belajar yang efisien; (3) Faktor pendukung dalam belajar matematika siswa SD Lazuardi Kamila melalui Catalys Day adalah sistem pembelajarannya yang ringan sesuai keinginan siswa dengan mengarah pada segi psikomotorik untuk mencapai tahap belajar bermakna. Faktor yang menjadi kendala dalam belajar matematika siswa SD Lazuardi Kamila dengan perantara Catalys Day adalah tidak sadarnya siswa yang telah secara langsung menerapkan ilmu matematika yang didapat dalam kegiatan-kegiatan yang dilakukan.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:11732
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
English
English
English
English
publishDate 2011
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:11732 https://eprints.ums.ac.id/11732/ CATALYS DAY SEBAGAI PROSES VISUALISASI KONSEP PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA SEKOLAH DASAR (STUDI SITUS DI SD LAZUARDI KAMILA) SAFITRI , DWI PUJI NUR L Education (General) Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi, mengkaji, dan menggambarkan: (1) Gaya belajar matematika siswa SD Lazuardi Kamila dengan perantara Catalys Day; (2) Kebiasaan siswa SD Lazuardi Kamila dalam pembelajaran matematika dengan perantara Catalys Day; (3) Faktor-faktor pendukung dan kendala dalam belajar matematika siswa SD Lazuardi Kamila dengan perantara Catalys Day. Penelitian dilakukan dengan metode kualitatif, dengan strategi penelitian bersifat etnografi. Subyek penelitian adalah seluruh siswa SD Lazuardi Kamila dengan obyek penelitian adalah Catalys Day termasuk di dalamnya perilaku siswa SD Lazuardi Kamila. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Teknik analisis data yang digunakan adalah model alur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Gaya belajar matematika yang digunakan di SD Lazuardi Kamila adalah Catalys Day dengan pendekatan prereferensi sensori dan profil kecerdasan (multiple intelligence); (2) Kebiasaan siswa SD Lazuardi Kamila dalam pembelajaran matematika melalui Catalys Day merupakan cara belajar yang efisien; (3) Faktor pendukung dalam belajar matematika siswa SD Lazuardi Kamila melalui Catalys Day adalah sistem pembelajarannya yang ringan sesuai keinginan siswa dengan mengarah pada segi psikomotorik untuk mencapai tahap belajar bermakna. Faktor yang menjadi kendala dalam belajar matematika siswa SD Lazuardi Kamila dengan perantara Catalys Day adalah tidak sadarnya siswa yang telah secara langsung menerapkan ilmu matematika yang didapat dalam kegiatan-kegiatan yang dilakukan. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11732/1/Halaman_Depan.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11732/3/BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11732/5/BAB_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11732/7/BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11732/10/BAB_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11732/12/BAB_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11732/16/DAFPUS.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11732/40/LAMPIRAN.pdf SAFITRI , DWI PUJI NUR (2011) CATALYS DAY SEBAGAI PROSES VISUALISASI KONSEP PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA SEKOLAH DASAR (STUDI SITUS DI SD LAZUARDI KAMILA). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A410070083
spellingShingle L Education (General)
SAFITRI , DWI PUJI NUR
CATALYS DAY SEBAGAI PROSES VISUALISASI KONSEP PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA SEKOLAH DASAR (STUDI SITUS DI SD LAZUARDI KAMILA)
title CATALYS DAY SEBAGAI PROSES VISUALISASI KONSEP PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA SEKOLAH DASAR (STUDI SITUS DI SD LAZUARDI KAMILA)
title_full CATALYS DAY SEBAGAI PROSES VISUALISASI KONSEP PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA SEKOLAH DASAR (STUDI SITUS DI SD LAZUARDI KAMILA)
title_fullStr CATALYS DAY SEBAGAI PROSES VISUALISASI KONSEP PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA SEKOLAH DASAR (STUDI SITUS DI SD LAZUARDI KAMILA)
title_full_unstemmed CATALYS DAY SEBAGAI PROSES VISUALISASI KONSEP PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA SEKOLAH DASAR (STUDI SITUS DI SD LAZUARDI KAMILA)
title_short CATALYS DAY SEBAGAI PROSES VISUALISASI KONSEP PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA SEKOLAH DASAR (STUDI SITUS DI SD LAZUARDI KAMILA)
title_sort catalys day sebagai proses visualisasi konsep pembelajaran matematika siswa sekolah dasar studi situs di sd lazuardi kamila
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/11732/
work_keys_str_mv AT safitridwipujinur catalysdaysebagaiprosesvisualisasikonseppembelajaranmatematikasiswasekolahdasarstudisitusdisdlazuardikamila