KONTRIBUSI MINAT BELAJAR, KEMAMPUAN AWAL SISWA DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS VIII SEMESTER II TAHUN AJARAN 2010/2011 DI MTs N WONOSEGORO BOYOLALI
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menganalisis dan menguji kontribusi minat belajar, kemampuan awal siswa dan motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika, (2) menganalisis dan menguji kontribusi minat belajar terhadap hasil belajar matematika, (3) menganalisis dan menguji kontri...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English English English English English English |
Published: |
2011
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/11729/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
_version_ | 1804995420654403584 |
---|---|
author | TRISHANANTO , YUDHA |
author_facet | TRISHANANTO , YUDHA |
author_sort | TRISHANANTO , YUDHA |
collection | ePrints |
description | Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menganalisis dan menguji kontribusi
minat belajar, kemampuan awal siswa dan motivasi belajar terhadap hasil belajar
matematika, (2) menganalisis dan menguji kontribusi minat belajar terhadap hasil
belajar matematika, (3) menganalisis dan menguji kontribusi kemampuan awal siswa
terhadap hasil belajar matematika, (4) menganalisis dan menguji kontribusi motivasi
belajar terhadap hasil belajar matematika. Jenis penelitian ini merupakan penelitian
kuantitatif. Subyek penelitian ini semua siswa Kelas VIIIG dan VIIIF SMP MTs N
Wonosegoro sebanyak 66 siswa. Sedangkan sampelnya sebanyak 66 siswa yang
diambil dengan teknik random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan:
metode angket, metode tes dan metode dokumentasi. Teknik analisis data yang
digunakan adalah uji hipotesis, uji F dan uji t. Hasil penelitian ini yaitu: (1) Terdapat
kontribusi minat belajar, kemampuan awal siswa dan motivasi belajar terhadap hasil
belajar matematika melalui minat belajar, kemampuan awal siswa dan motivasi
belajar berpengaruh langsung ke hasil belajar matematika melalui analisis uji F
diperoleh nilai F hitung sebesar 27,912 (27,912 > 2,76), (2) terdapat kontribusi minat
belajar terhadap hasil belajar matematika dengan nilai t-hitung sebesar 2,258, oleh
karena hasil uji t-hitung lebih besar dari nilai t- tabel (2,258 > 1,960), (3) terdapat
kontribusi kemampuan awal siswa terhadap hasil belajar matematika dengan nilai t-
hitung sebesar 7,733, oleh karena hasil uji t-hitung lebih besar dari nilai t-tabel
(2,733 > 1,960), (4) terdapat kontribusi motivasi belajar terhadap hasil belajar
matematika dengan nilai t-hitung sebesar 2,240, oleh karena hasil uji t-hitung lebih
besar dari nilai t-tabel (2,240 > 1,960). |
format | Thesis |
id | oai:eprints.ums.ac.id:11729 |
institution | Universitas Muhammadiyah Surakarta |
language | English English English English English English English English |
publishDate | 2011 |
record_format | eprints |
spelling | oai:eprints.ums.ac.id:11729 https://eprints.ums.ac.id/11729/ KONTRIBUSI MINAT BELAJAR, KEMAMPUAN AWAL SISWA DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS VIII SEMESTER II TAHUN AJARAN 2010/2011 DI MTs N WONOSEGORO BOYOLALI TRISHANANTO , YUDHA L Education (General) Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menganalisis dan menguji kontribusi minat belajar, kemampuan awal siswa dan motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika, (2) menganalisis dan menguji kontribusi minat belajar terhadap hasil belajar matematika, (3) menganalisis dan menguji kontribusi kemampuan awal siswa terhadap hasil belajar matematika, (4) menganalisis dan menguji kontribusi motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Subyek penelitian ini semua siswa Kelas VIIIG dan VIIIF SMP MTs N Wonosegoro sebanyak 66 siswa. Sedangkan sampelnya sebanyak 66 siswa yang diambil dengan teknik random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan: metode angket, metode tes dan metode dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji hipotesis, uji F dan uji t. Hasil penelitian ini yaitu: (1) Terdapat kontribusi minat belajar, kemampuan awal siswa dan motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika melalui minat belajar, kemampuan awal siswa dan motivasi belajar berpengaruh langsung ke hasil belajar matematika melalui analisis uji F diperoleh nilai F hitung sebesar 27,912 (27,912 > 2,76), (2) terdapat kontribusi minat belajar terhadap hasil belajar matematika dengan nilai t-hitung sebesar 2,258, oleh karena hasil uji t-hitung lebih besar dari nilai t- tabel (2,258 > 1,960), (3) terdapat kontribusi kemampuan awal siswa terhadap hasil belajar matematika dengan nilai t- hitung sebesar 7,733, oleh karena hasil uji t-hitung lebih besar dari nilai t-tabel (2,733 > 1,960), (4) terdapat kontribusi motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika dengan nilai t-hitung sebesar 2,240, oleh karena hasil uji t-hitung lebih besar dari nilai t-tabel (2,240 > 1,960). 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11729/1/HALAMAN_DEPAN.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11729/2/BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11729/4/BAB_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11729/7/BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11729/10/BAB_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11729/12/BAB_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11729/15/DAFTAR_PUSTAKA.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11729/16/LAMPIRAN.pdf TRISHANANTO , YUDHA (2011) KONTRIBUSI MINAT BELAJAR, KEMAMPUAN AWAL SISWA DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS VIII SEMESTER II TAHUN AJARAN 2010/2011 DI MTs N WONOSEGORO BOYOLALI. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A410070077 |
spellingShingle | L Education (General) TRISHANANTO , YUDHA KONTRIBUSI MINAT BELAJAR, KEMAMPUAN AWAL SISWA DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS VIII SEMESTER II TAHUN AJARAN 2010/2011 DI MTs N WONOSEGORO BOYOLALI |
title | KONTRIBUSI MINAT BELAJAR, KEMAMPUAN AWAL SISWA DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS VIII SEMESTER II TAHUN AJARAN 2010/2011 DI MTs N WONOSEGORO BOYOLALI |
title_full | KONTRIBUSI MINAT BELAJAR, KEMAMPUAN AWAL SISWA DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS VIII SEMESTER II TAHUN AJARAN 2010/2011 DI MTs N WONOSEGORO BOYOLALI |
title_fullStr | KONTRIBUSI MINAT BELAJAR, KEMAMPUAN AWAL SISWA DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS VIII SEMESTER II TAHUN AJARAN 2010/2011 DI MTs N WONOSEGORO BOYOLALI |
title_full_unstemmed | KONTRIBUSI MINAT BELAJAR, KEMAMPUAN AWAL SISWA DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS VIII SEMESTER II TAHUN AJARAN 2010/2011 DI MTs N WONOSEGORO BOYOLALI |
title_short | KONTRIBUSI MINAT BELAJAR, KEMAMPUAN AWAL SISWA DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS VIII SEMESTER II TAHUN AJARAN 2010/2011 DI MTs N WONOSEGORO BOYOLALI |
title_sort | kontribusi minat belajar kemampuan awal siswa dan motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas viii semester ii tahun ajaran 2010 2011 di mts n wonosegoro boyolali |
topic | L Education (General) |
url | https://eprints.ums.ac.id/11729/ |
work_keys_str_mv | AT trishanantoyudha kontribusiminatbelajarkemampuanawalsiswadanmotivasibelajarterhadaphasilbelajarmatematikapadasiswakelasviiisemesteriitahunajaran20102011dimtsnwonosegoroboyolali |