PENINGKATAN PARTISIPASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT (PTK di SMPN 3 Colomadu Pada Pokok Bahasan Lingkaran Kelas VIII Tahun 2010/2011)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan partisipasi dan prestasi belajar siswa kelas VIII pada proses pembelajaran melalui penerapan model pembelajaran missouri mathematic project pada pokok bahasan lingkaran. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Sub...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: SARI , HERLINA KUMALA
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
English
Published: 2011
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/11723/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan partisipasi dan prestasi belajar siswa kelas VIII pada proses pembelajaran melalui penerapan model pembelajaran missouri mathematic project pada pokok bahasan lingkaran. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII G SMP Negeri 3 Colomadu tahun ajaran 2010/2011 dengan jumlah siswa 36. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara, catatan lapangan, dan dokumentasi . Teknik analisis data pada penelitian ini dilakukan secara diskriptif kualitatif. Analisis diskriptif kualitatif dilaksanakan dengan metode alur. Data dianalisis sejak tindakan pembelajaran, setiap tindakan selama tiga putaran. Hasil penelitian ini yaitu: 1) ada peningkatan partisipasi belajar siswa pada pembelajaran matematika pada pokok bahasan lingkaran. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya siswa yang: a) menjawab pertanyaan sebelum tindakan 8,57% dan setelah tindakan 33,33%, b) mengajukan pertanyaan, ide atau tanggapan sebelum tindakan 5,71% dan setelah tindakan 27,77%, c) berani maju di depan kelas sebelum tindakan 11,42% dan setelah tindakan 41,66%, d) membuat kesimpulan secara benar dari materi sebelum tindakan 45,71% setelah tindakan 88,88% 2) ada peningkatan prestasi belajar siswa, hal ini dapat dilihat dari banyaknya siswa yang: a) lulus KKM (≥65) sebelum tindakan 51,42% dan setelah tindakan 97,22%. b) diatas rata-rata kelas sebelum tindakan 42,85 % dan setelah tindakan 50%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah model pembelajaran missouri mathematic project dapat meningkatkan partisipasi dan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika.