PENINGKATAN PARTISIPASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT (PTK di SMPN 3 Colomadu Pada Pokok Bahasan Lingkaran Kelas VIII Tahun 2010/2011)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan partisipasi dan prestasi belajar siswa kelas VIII pada proses pembelajaran melalui penerapan model pembelajaran missouri mathematic project pada pokok bahasan lingkaran. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Sub...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English English English English English English |
Published: |
2011
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/11723/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan partisipasi dan
prestasi belajar siswa kelas VIII pada proses pembelajaran melalui penerapan
model pembelajaran missouri mathematic project pada pokok bahasan lingkaran.
Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek
penelitian ini adalah siswa kelas VIII G SMP Negeri 3 Colomadu tahun ajaran
2010/2011 dengan jumlah siswa 36. Metode pengumpulan data yang digunakan
adalah metode observasi, wawancara, catatan lapangan, dan dokumentasi . Teknik
analisis data pada penelitian ini dilakukan secara diskriptif kualitatif. Analisis
diskriptif kualitatif dilaksanakan dengan metode alur. Data dianalisis sejak
tindakan pembelajaran, setiap tindakan selama tiga putaran. Hasil penelitian ini
yaitu: 1) ada peningkatan partisipasi belajar siswa pada pembelajaran matematika
pada pokok bahasan lingkaran. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya siswa yang: a)
menjawab pertanyaan sebelum tindakan 8,57% dan setelah tindakan 33,33%, b)
mengajukan pertanyaan, ide atau tanggapan sebelum tindakan 5,71% dan setelah
tindakan 27,77%, c) berani maju di depan kelas sebelum tindakan 11,42% dan
setelah tindakan 41,66%, d) membuat kesimpulan secara benar dari materi
sebelum tindakan 45,71% setelah tindakan 88,88% 2) ada peningkatan prestasi
belajar siswa, hal ini dapat dilihat dari banyaknya siswa yang: a) lulus KKM (≥65)
sebelum tindakan 51,42% dan setelah tindakan 97,22%. b) diatas rata-rata kelas
sebelum tindakan 42,85 % dan setelah tindakan 50%. Kesimpulan dari penelitian
ini adalah model pembelajaran missouri mathematic project dapat meningkatkan
partisipasi dan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika.
|
---|