PENERAPAN MODEL ELICITING ACTIVITIES UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA (PTK Pembelajaran Matematika di Kelas VIII Semester II SMP Negeri 1 Nogosari)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keaktifan siswa melalui penerapan Model Eliciting Activities. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Subyek penelitian ini adalah guru matematika kelas VIII A SMP Negeri 1 Nogosari sebaga...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English English English English English English |
Published: |
2011
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/11721/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keaktifan siswa
melalui penerapan Model Eliciting Activities. Jenis penelitian ini adalah penelitian
tindakan kelas, yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Subyek penelitian ini adalah
guru matematika kelas VIII A SMP Negeri 1 Nogosari sebagai pemberi tindakan,
serta siswa-siswa kelas VIII A yang berjumlah 35 siswa sebagai subyek penerima
tindakan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi, catatan
lapangan, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara deskriptif
kualitatif dengan metode alur yaitu data dianalisis sejak tindakan pembelajaran
dilaksanakan dan dikembangkan selama proses pembelajaran. Beberapa hal yang
dapat disimpulkan dari penelitian tindakan kelas ini antara lain: 1) Adanya
peningkatan aktifitas mencatat atau membuat ringkasan ketika mengikuti
pembelajaran, meningkat dari 14,28% menjadi 51,43%. 2) Adanya peningkatan
aktifitas siswa dalam mengajukan dan menjawab pertanyaan, meningkat dari
11,28% menjadi 54,28%. 3) Adanya peningkatan mengemukakan ide dalam
pembelajaran, meningkat dari 5,71% menjadi 60,00%. 4) Adanya peningkatan
siswa yang mengerjakan soal dan tugas, meningkat dari 25,71% menjadi 71,42%.
5) terjadi peningkatan siswa yang mengerjakan soal kedepan kelas, meningkat
dari 2,86% menjadi 22,86%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan
Model Eliciting Activities dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam
pembelajaran matematika. |
---|