PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING DAN SUPERITEM UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA (PTK di SMPN 3 Colomadu Pada Pokok Bahasan SPNLDV Kelas VIII Tahun 2010/2011)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keaktifan dan prestasi belajar siswa kelas VIII melalui penerapan model pembelajaran mind mapping dan superitem pada pokok bahasan SPNLDV. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah sisw...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English English English English English English |
Published: |
2011
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/11719/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keaktifan dan
prestasi belajar siswa kelas VIII melalui penerapan model pembelajaran mind
mapping dan superitem pada pokok bahasan SPNLDV. Jenis penelitian ini
merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa
kelas VIII C SMP Negeri 3 Colomadu tahun ajaran 2010/2011 dengan jumlah
siswa 34. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi,
catatan lapangan, dokumentasi dan tes. Teknik analisis data pada penelitian ini
dilakukan secara diskriptif kualitatif. Analisis diskriptif kualitatif dilaksanakan
dengan metode alur. Data dianalisis sejak tindakan pembelajaran, setiap tindakan
selama tiga putaran. Hasil penelitian ini yaitu: 1) ada peningkatan keaktifan
belajar matematika pada pokok bahasan SPNLDV. Hal ini dapat dilihat dari
banyaknya siswa yang: a) menjawab pertanyaan meningkat 50%, b) mengajukan
pertanyaan, ide atau tanggapan meningkat 29,41%, c) berani maju di depan kelas
meningkat 32,36%, d) mengerjakan soal latihan meningkat 35,29%, e) berdiskusi
dalam kelompok atau teman sebangku meningkat 29,41%. 2) ada peningkatan
prestasi belajar siswa, hal ini dapat dilihat dari banyaknya siswa yang: a) lulus
KKM (≥64) meningkat 41,18%, b) mempunyai nilai diatas rata-rata kelas
meningkat 29,40%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah model pembelajaran
mind mapping dan superitem dapat meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar
siswa dalam pembelajaran matematika. |
---|