PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT (MMP) DAN INQUIRING MINDS WANT TO KNOW UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA (PTK di SMPN 3 Colomadu Pada Pokok Bahasan Aritmetika Sosial Kelas VII Tahun 2010/2011)

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk: 1) mengetahui peningkatan minat siswa dalam proses pembelajaran matematika melalui penerapan model pembelajaran missouri mathematics project (MMP) dan inquiring minds want to know. 2) mengetahui peningkatan hasil belajar siswa melalui penerapan model...

Cijeli opis

Spremljeno u:
Bibliografski detalji
Glavni autor: SUKWANDANI , NOVIKA
Format: Disertacija
Jezik:English
English
English
English
English
English
English
English
Izdano: 2011
Teme:
Online pristup:https://eprints.ums.ac.id/11718/
Oznake: Dodaj oznaku
Bez oznaka, Budi prvi tko označuje ovaj zapis!
_version_ 1804995417638699008
author SUKWANDANI , NOVIKA
author_facet SUKWANDANI , NOVIKA
author_sort SUKWANDANI , NOVIKA
collection ePrints
description Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk: 1) mengetahui peningkatan minat siswa dalam proses pembelajaran matematika melalui penerapan model pembelajaran missouri mathematics project (MMP) dan inquiring minds want to know. 2) mengetahui peningkatan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran missouri mathematics project (MMP) dan inquiring minds want to know. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode pokok yang meliputi metode observasi dan metode tes tertulis serta metode bantu yang meliputi catatan lapangan dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Berdasarkan hasil penelitian tersebut menunjukkan: 1) penerapan model pembelajaran missouri mathematics project (MMP) dan inquiring minds want to know dapat meningkatkan minat siswa dalam pembelajaran matematika, (a) siswa memperhatikan materi yang dijelaskan oleh guru mengalami peningkatan sebesar 44,27%, (b) kemauan siswa mengerjakan PR mengalami peningkatan sebesar 44,5%, (c) kemauan siswa mengerjakan soal-soal yang diberikan oleh guru mengalami peningkatan sebesar 29,81%. 2) penerapan model pembelajaran missouri mathematics project (MMP) dan inquiring minds want to know dapat meningkatkan hasil belajar matematika, (a) siswa berperilaku santun selama pembelajaran mengalami peningkatan sebesar 31,37%, (b) kemampuan siswa menjelaskan materi yang telah dipahami kepada siswa lain mengalami peningkatan sebesar 43,6%, (c) nilai siswa diatas standar kelulusan minimal mengalami peningkatan sebesar 50,5%, (d) nilai siswa diatas rata-rata kelas mengalami peningkatan sebesar 27,25%. Mengacu hasil penelitian tersebut, peneliti mengambil kesimpulan penerapan model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) dan Inquiring Minds Want To Know dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:11718
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
English
English
English
English
publishDate 2011
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:11718 https://eprints.ums.ac.id/11718/ PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT (MMP) DAN INQUIRING MINDS WANT TO KNOW UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA (PTK di SMPN 3 Colomadu Pada Pokok Bahasan Aritmetika Sosial Kelas VII Tahun 2010/2011) SUKWANDANI , NOVIKA L Education (General) Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk: 1) mengetahui peningkatan minat siswa dalam proses pembelajaran matematika melalui penerapan model pembelajaran missouri mathematics project (MMP) dan inquiring minds want to know. 2) mengetahui peningkatan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran missouri mathematics project (MMP) dan inquiring minds want to know. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode pokok yang meliputi metode observasi dan metode tes tertulis serta metode bantu yang meliputi catatan lapangan dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Berdasarkan hasil penelitian tersebut menunjukkan: 1) penerapan model pembelajaran missouri mathematics project (MMP) dan inquiring minds want to know dapat meningkatkan minat siswa dalam pembelajaran matematika, (a) siswa memperhatikan materi yang dijelaskan oleh guru mengalami peningkatan sebesar 44,27%, (b) kemauan siswa mengerjakan PR mengalami peningkatan sebesar 44,5%, (c) kemauan siswa mengerjakan soal-soal yang diberikan oleh guru mengalami peningkatan sebesar 29,81%. 2) penerapan model pembelajaran missouri mathematics project (MMP) dan inquiring minds want to know dapat meningkatkan hasil belajar matematika, (a) siswa berperilaku santun selama pembelajaran mengalami peningkatan sebesar 31,37%, (b) kemampuan siswa menjelaskan materi yang telah dipahami kepada siswa lain mengalami peningkatan sebesar 43,6%, (c) nilai siswa diatas standar kelulusan minimal mengalami peningkatan sebesar 50,5%, (d) nilai siswa diatas rata-rata kelas mengalami peningkatan sebesar 27,25%. Mengacu hasil penelitian tersebut, peneliti mengambil kesimpulan penerapan model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) dan Inquiring Minds Want To Know dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11718/1/HALAMAN_AWAL.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11718/2/BAB_I_Fika.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11718/3/BAB_II_fika.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11718/4/BAB_III_fika.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11718/7/BAB_IV_fika.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11718/8/BAB_V_fika.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11718/12/DAFTAR_PUSTAKA.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11718/17/lampiran-lampiran.pdf SUKWANDANI , NOVIKA (2011) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT (MMP) DAN INQUIRING MINDS WANT TO KNOW UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA (PTK di SMPN 3 Colomadu Pada Pokok Bahasan Aritmetika Sosial Kelas VII Tahun 2010/2011). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A410070030
spellingShingle L Education (General)
SUKWANDANI , NOVIKA
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT (MMP) DAN INQUIRING MINDS WANT TO KNOW UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA (PTK di SMPN 3 Colomadu Pada Pokok Bahasan Aritmetika Sosial Kelas VII Tahun 2010/2011)
title PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT (MMP) DAN INQUIRING MINDS WANT TO KNOW UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA (PTK di SMPN 3 Colomadu Pada Pokok Bahasan Aritmetika Sosial Kelas VII Tahun 2010/2011)
title_full PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT (MMP) DAN INQUIRING MINDS WANT TO KNOW UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA (PTK di SMPN 3 Colomadu Pada Pokok Bahasan Aritmetika Sosial Kelas VII Tahun 2010/2011)
title_fullStr PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT (MMP) DAN INQUIRING MINDS WANT TO KNOW UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA (PTK di SMPN 3 Colomadu Pada Pokok Bahasan Aritmetika Sosial Kelas VII Tahun 2010/2011)
title_full_unstemmed PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT (MMP) DAN INQUIRING MINDS WANT TO KNOW UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA (PTK di SMPN 3 Colomadu Pada Pokok Bahasan Aritmetika Sosial Kelas VII Tahun 2010/2011)
title_short PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT (MMP) DAN INQUIRING MINDS WANT TO KNOW UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA (PTK di SMPN 3 Colomadu Pada Pokok Bahasan Aritmetika Sosial Kelas VII Tahun 2010/2011)
title_sort penerapan model pembelajaran missouri mathematics project mmp dan inquiring minds want to know untuk meningkatkan minat dan hasil belajar matematika ptk di smpn 3 colomadu pada pokok bahasan aritmetika sosial kelas vii tahun 2010 2011
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/11718/
work_keys_str_mv AT sukwandaninovika penerapanmodelpembelajaranmissourimathematicsprojectmmpdaninquiringmindswanttoknowuntukmeningkatkanminatdanhasilbelajarmatematikaptkdismpn3colomadupadapokokbahasanaritmetikasosialkelasviitahun20102011