PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT (MMP) DAN INQUIRING MINDS WANT TO KNOW UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA (PTK di SMPN 3 Colomadu Pada Pokok Bahasan Aritmetika Sosial Kelas VII Tahun 2010/2011)
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk: 1) mengetahui peningkatan minat siswa dalam proses pembelajaran matematika melalui penerapan model pembelajaran missouri mathematics project (MMP) dan inquiring minds want to know. 2) mengetahui peningkatan hasil belajar siswa melalui penerapan model...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English English English English English English |
Published: |
2011
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/11718/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk: 1) mengetahui peningkatan minat siswa dalam proses pembelajaran matematika melalui penerapan model
pembelajaran missouri mathematics project (MMP) dan inquiring minds want to know. 2) mengetahui peningkatan hasil belajar siswa melalui penerapan model
pembelajaran missouri mathematics project (MMP) dan inquiring minds want to know. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode pokok yang meliputi metode observasi dan metode tes tertulis serta metode bantu yang
meliputi catatan lapangan dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Berdasarkan hasil penelitian tersebut menunjukkan: 1) penerapan model pembelajaran missouri
mathematics project (MMP) dan inquiring minds want to know dapat meningkatkan minat siswa dalam pembelajaran matematika, (a) siswa memperhatikan materi yang dijelaskan oleh guru mengalami peningkatan sebesar 44,27%, (b) kemauan siswa mengerjakan PR mengalami peningkatan sebesar
44,5%, (c) kemauan siswa mengerjakan soal-soal yang diberikan oleh guru mengalami peningkatan sebesar 29,81%. 2) penerapan model pembelajaran missouri mathematics project (MMP) dan inquiring minds want to know dapat
meningkatkan hasil belajar matematika, (a) siswa berperilaku santun selama pembelajaran mengalami peningkatan sebesar 31,37%, (b) kemampuan siswa menjelaskan materi yang telah dipahami kepada siswa lain mengalami
peningkatan sebesar 43,6%, (c) nilai siswa diatas standar kelulusan minimal mengalami peningkatan sebesar 50,5%, (d) nilai siswa diatas rata-rata kelas mengalami peningkatan sebesar 27,25%. Mengacu hasil penelitian tersebut,
peneliti mengambil kesimpulan penerapan model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) dan Inquiring Minds Want To Know dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika. |
---|