PENINGKATAN MINAT BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN MISSOURY MATHEMATICS PROJECT (MMP) DENGAN SUPERITEM (PTK Pembelajaran Matematika di Kelas VII SMP N 3 Colomadu Tahun 2010/2011)

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar dan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika melalui model Missoury Mathematics Project (MMP) dengan Superitem siswa kelas VII G SMP Negeri 3 Colomadu. Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VII G yang berjumlah 3...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: NI’MAH , A’YUN
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
English
Published: 2011
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/11717/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804995417355583488
author NI’MAH , A’YUN
author_facet NI’MAH , A’YUN
author_sort NI’MAH , A’YUN
collection ePrints
description Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar dan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika melalui model Missoury Mathematics Project (MMP) dengan Superitem siswa kelas VII G SMP Negeri 3 Colomadu. Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VII G yang berjumlah 32 siswa dan subyek pelaksana tindakan adalah peneliti dan guru matematika kelas VII G. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, catatan lapangan dan dokumentasi. Untuk menjamin validitas data digunakan teknik triangulasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif yang terjadi dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah: 1) ada peningkatan minat belajar siswa dalam pembelajaran matematika melalui model Missoury Mathematics Project (MMP) dengan Superitem, hal ini dapat dilihat dari aspek a) mengerjakan tugas rumah atau PR yang diberikan guru sebelum tindakan 46,87% meningkat menjadi 90,63% pada akhir tindakan, b) bertanya mengenai materi yang belum dipahami sebelum tindakan 15,63% meningkat menjadi 65,63% pada akhir tindakan, c) mengerjakan soal-soal latihan di depan kelas sebelum tindakan 6,25% meningkat menjadi 28,13% pada akhir tindakan, dan d) mengemukakan pendapat atau ide sebelum tindakan 12,5% meningkat menjadi 65,63% pada akhir tindakan. 2) ada peningkatan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika melalui model Missoury Mathematics Project (MMP) dengan Superitem, hal ini dapat dilihat nilai siswa yang mencapai KKM sama dengan 65 sebelum tindakan 25% meningkat menjadi 65,63% pada akhir tindakan. Kesimpulan penelitian ini adalah dengan menerapkan model Missoury Mathematics Project (MMP) dengan Superitem dapat meningkatkan minat belajar dan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika pada pokok bahasan aritmatika sosial.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:11717
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
English
English
English
English
publishDate 2011
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:11717 https://eprints.ums.ac.id/11717/ PENINGKATAN MINAT BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN MISSOURY MATHEMATICS PROJECT (MMP) DENGAN SUPERITEM (PTK Pembelajaran Matematika di Kelas VII SMP N 3 Colomadu Tahun 2010/2011) NI’MAH , A’YUN L Education (General) Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar dan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika melalui model Missoury Mathematics Project (MMP) dengan Superitem siswa kelas VII G SMP Negeri 3 Colomadu. Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VII G yang berjumlah 32 siswa dan subyek pelaksana tindakan adalah peneliti dan guru matematika kelas VII G. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, catatan lapangan dan dokumentasi. Untuk menjamin validitas data digunakan teknik triangulasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif yang terjadi dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah: 1) ada peningkatan minat belajar siswa dalam pembelajaran matematika melalui model Missoury Mathematics Project (MMP) dengan Superitem, hal ini dapat dilihat dari aspek a) mengerjakan tugas rumah atau PR yang diberikan guru sebelum tindakan 46,87% meningkat menjadi 90,63% pada akhir tindakan, b) bertanya mengenai materi yang belum dipahami sebelum tindakan 15,63% meningkat menjadi 65,63% pada akhir tindakan, c) mengerjakan soal-soal latihan di depan kelas sebelum tindakan 6,25% meningkat menjadi 28,13% pada akhir tindakan, dan d) mengemukakan pendapat atau ide sebelum tindakan 12,5% meningkat menjadi 65,63% pada akhir tindakan. 2) ada peningkatan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika melalui model Missoury Mathematics Project (MMP) dengan Superitem, hal ini dapat dilihat nilai siswa yang mencapai KKM sama dengan 65 sebelum tindakan 25% meningkat menjadi 65,63% pada akhir tindakan. Kesimpulan penelitian ini adalah dengan menerapkan model Missoury Mathematics Project (MMP) dengan Superitem dapat meningkatkan minat belajar dan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika pada pokok bahasan aritmatika sosial. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11717/1/2._HALAMAN_DEPAN.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11717/2/3._BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11717/3/4._BAB_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11717/4/5._BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11717/5/6._BAB_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11717/6/7._BAB_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11717/7/8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11717/9/9._LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf NI’MAH , A’YUN (2011) PENINGKATAN MINAT BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN MISSOURY MATHEMATICS PROJECT (MMP) DENGAN SUPERITEM (PTK Pembelajaran Matematika di Kelas VII SMP N 3 Colomadu Tahun 2010/2011). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A410070016
spellingShingle L Education (General)
NI’MAH , A’YUN
PENINGKATAN MINAT BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN MISSOURY MATHEMATICS PROJECT (MMP) DENGAN SUPERITEM (PTK Pembelajaran Matematika di Kelas VII SMP N 3 Colomadu Tahun 2010/2011)
title PENINGKATAN MINAT BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN MISSOURY MATHEMATICS PROJECT (MMP) DENGAN SUPERITEM (PTK Pembelajaran Matematika di Kelas VII SMP N 3 Colomadu Tahun 2010/2011)
title_full PENINGKATAN MINAT BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN MISSOURY MATHEMATICS PROJECT (MMP) DENGAN SUPERITEM (PTK Pembelajaran Matematika di Kelas VII SMP N 3 Colomadu Tahun 2010/2011)
title_fullStr PENINGKATAN MINAT BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN MISSOURY MATHEMATICS PROJECT (MMP) DENGAN SUPERITEM (PTK Pembelajaran Matematika di Kelas VII SMP N 3 Colomadu Tahun 2010/2011)
title_full_unstemmed PENINGKATAN MINAT BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN MISSOURY MATHEMATICS PROJECT (MMP) DENGAN SUPERITEM (PTK Pembelajaran Matematika di Kelas VII SMP N 3 Colomadu Tahun 2010/2011)
title_short PENINGKATAN MINAT BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN MISSOURY MATHEMATICS PROJECT (MMP) DENGAN SUPERITEM (PTK Pembelajaran Matematika di Kelas VII SMP N 3 Colomadu Tahun 2010/2011)
title_sort peningkatan minat belajar siswa dalam pembelajaran matematika melalui model pembelajaran missoury mathematics project mmp dengan superitem ptk pembelajaran matematika di kelas vii smp n 3 colomadu tahun 2010 2011
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/11717/
work_keys_str_mv AT nimahayun peningkatanminatbelajarsiswadalampembelajaranmatematikamelaluimodelpembelajaranmissourymathematicsprojectmmpdengansuperitemptkpembelajaranmatematikadikelasviismpn3colomadutahun20102011