PENINGKATAN MINAT BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN MISSOURY MATHEMATICS PROJECT (MMP) DENGAN SUPERITEM (PTK Pembelajaran Matematika di Kelas VII SMP N 3 Colomadu Tahun 2010/2011)

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar dan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika melalui model Missoury Mathematics Project (MMP) dengan Superitem siswa kelas VII G SMP Negeri 3 Colomadu. Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VII G yang berjumlah 3...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: NI’MAH , A’YUN
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
English
Published: 2011
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/11717/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar dan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika melalui model Missoury Mathematics Project (MMP) dengan Superitem siswa kelas VII G SMP Negeri 3 Colomadu. Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VII G yang berjumlah 32 siswa dan subyek pelaksana tindakan adalah peneliti dan guru matematika kelas VII G. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, catatan lapangan dan dokumentasi. Untuk menjamin validitas data digunakan teknik triangulasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif yang terjadi dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah: 1) ada peningkatan minat belajar siswa dalam pembelajaran matematika melalui model Missoury Mathematics Project (MMP) dengan Superitem, hal ini dapat dilihat dari aspek a) mengerjakan tugas rumah atau PR yang diberikan guru sebelum tindakan 46,87% meningkat menjadi 90,63% pada akhir tindakan, b) bertanya mengenai materi yang belum dipahami sebelum tindakan 15,63% meningkat menjadi 65,63% pada akhir tindakan, c) mengerjakan soal-soal latihan di depan kelas sebelum tindakan 6,25% meningkat menjadi 28,13% pada akhir tindakan, dan d) mengemukakan pendapat atau ide sebelum tindakan 12,5% meningkat menjadi 65,63% pada akhir tindakan. 2) ada peningkatan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika melalui model Missoury Mathematics Project (MMP) dengan Superitem, hal ini dapat dilihat nilai siswa yang mencapai KKM sama dengan 65 sebelum tindakan 25% meningkat menjadi 65,63% pada akhir tindakan. Kesimpulan penelitian ini adalah dengan menerapkan model Missoury Mathematics Project (MMP) dengan Superitem dapat meningkatkan minat belajar dan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika pada pokok bahasan aritmatika sosial.