EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN METODE INDEX CARD MATCH DAN PROBLEM POSING DITINJAU DARI KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN HIMPUNAN (Penelitian Eksperimen pada Kelas VII SMP Negeri 3 Colomadu)

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) pengaruh metode pembelajaran index card match dan problem posing terhadap prestasi belajar, (2) pengaruh keaktifan belajar siswa terhadap prestasi belajar, (3) interaksi antara metode pembelajaran index card match dan problem posing dengan...

詳細記述

保存先:
書誌詳細
第一著者: Aini, Anisa Nur
フォーマット: 学位論文
言語:English
English
English
English
English
English
English
English
出版事項: 2011
主題:
オンライン・アクセス:https://eprints.ums.ac.id/11716/
タグ: タグ追加
タグなし, このレコードへの初めてのタグを付けませんか!
その他の書誌記述
要約:Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) pengaruh metode pembelajaran index card match dan problem posing terhadap prestasi belajar, (2) pengaruh keaktifan belajar siswa terhadap prestasi belajar, (3) interaksi antara metode pembelajaran index card match dan problem posing dengan keaktifan siswa terhadap prestasi belajar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP N 3 Colomadu yang berjumlah 246 siswa. Sampel yang diambil dalam penelitian ini sebanyak 60 siswa yang terdiri dari 31 siswa sebagai kelas index card match dan 29 siswa sebagai kelas problem posing. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik pengambilan acak kelompok (cluster random sampling). Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes, metode angket, dan metode dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji analisis variansi dua jalan sel tak sama, yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat analisis untuk uji normalitas dan uji homogenitas. Dari hasil analisis data diperoleh bahwa: (1) adanya pengaruh metode pembelajaran index card match dan problem posing terhadap prestasi belajar dengan nilai signifikansi 0,039 < 0,05, (2) adanya pengaruh keaktifan belajar siswa terhadap prestasi belajar dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, (3) tidak terdapat interaksi antara metode pembelajaran yang digunakan dengan tingkat keaktifan belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika pada pokok bahasan himpunan, dengan nilai signifikansi 0,885 > 0,05. Penelitian ini menyimpulkan bahwa ada perbedaan prestasi belajar ditinjau dari metode pembelajaran dan keaktifan belajar, sedangkan interaksi antara metode pembelajaran dengan keaktifan belajar tidak memberikan dampak yang berarti pada prestasi belajar khususnya dalam pokok bahasan himpunan.