EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN METODE INDEX CARD MATCH DAN PROBLEM POSING DITINJAU DARI KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN HIMPUNAN (Penelitian Eksperimen pada Kelas VII SMP Negeri 3 Colomadu)
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) pengaruh metode pembelajaran index card match dan problem posing terhadap prestasi belajar, (2) pengaruh keaktifan belajar siswa terhadap prestasi belajar, (3) interaksi antara metode pembelajaran index card match dan problem posing dengan...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English English English English English English |
Published: |
2011
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/11716/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) pengaruh metode
pembelajaran index card match dan problem posing terhadap prestasi belajar, (2)
pengaruh keaktifan belajar siswa terhadap prestasi belajar, (3) interaksi antara
metode pembelajaran index card match dan problem posing dengan keaktifan
siswa terhadap prestasi belajar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa
kelas VII SMP N 3 Colomadu yang berjumlah 246 siswa. Sampel yang diambil
dalam penelitian ini sebanyak 60 siswa yang terdiri dari 31 siswa sebagai kelas
index card match dan 29 siswa sebagai kelas problem posing. Teknik
pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik
pengambilan acak kelompok (cluster random sampling). Metode pengumpulan
data yang digunakan adalah metode tes, metode angket, dan metode dokumentasi.
Teknik analisis data menggunakan uji analisis variansi dua jalan sel tak sama,
yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat analisis untuk uji normalitas dan uji
homogenitas. Dari hasil analisis data diperoleh bahwa:
(1) adanya pengaruh metode pembelajaran index card match dan problem posing
terhadap prestasi belajar dengan nilai signifikansi 0,039 < 0,05, (2) adanya
pengaruh keaktifan belajar siswa terhadap prestasi belajar dengan nilai
signifikansi 0,000 < 0,05, (3) tidak terdapat interaksi antara metode pembelajaran
yang digunakan dengan tingkat keaktifan belajar siswa terhadap prestasi belajar
matematika pada pokok bahasan himpunan, dengan nilai signifikansi 0,885 >
0,05. Penelitian ini menyimpulkan bahwa ada perbedaan prestasi belajar ditinjau
dari metode pembelajaran dan keaktifan belajar, sedangkan interaksi antara
metode pembelajaran dengan keaktifan belajar tidak memberikan dampak yang
berarti pada prestasi belajar khususnya dalam pokok bahasan himpunan. |
---|