PENINGKATAN KONEKSI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN TIME TOKEN DAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING PADA POKOK BAHASAN ARITMATIKA SOSIAL ( PTK Pembelajaran Matematika Kelas VII di SMP N 1 Sambi Tahun 2010 )

Penelitian ini bertujuan untuk 1) mendeskripsikan proses pembelajaran matematika dengan menggunakan strategi pembelajaran modifikasi Time Token Student Facilitator and Explaining dan 2) meningkatkan koneksi belajar matematika siswa selama proses pembelajaran matematika. Jenis penelitian pada...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: SAPUTRI , IRMA AGUSSETYANA
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
English
Published: 2011
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/11711/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804995415709319168
author SAPUTRI , IRMA AGUSSETYANA
author_facet SAPUTRI , IRMA AGUSSETYANA
author_sort SAPUTRI , IRMA AGUSSETYANA
collection ePrints
description Penelitian ini bertujuan untuk 1) mendeskripsikan proses pembelajaran matematika dengan menggunakan strategi pembelajaran modifikasi Time Token Student Facilitator and Explaining dan 2) meningkatkan koneksi belajar matematika siswa selama proses pembelajaran matematika. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VII E SMP Negeri 1 Sambi yang berjumlah 36 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi sebagai metode pokok, serta metode bantu yang meliputi catatan lapangan, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan koneksi belajar siswa dalam pembelajaran matematika pada pokok bahasan aritmatika sosial. Hal ini dapat dilihat dari : 1) siswa yang mampu menyampaikan materi dengan baik dengan teman satu kelompok dalam diskusi sebelum tindakan 8,3 % dan setelah tindakan 55,6 %, 2) siswa yang mampu mengarahkan dan mau berbagi cara dengan menjelaskan tahapan – tahapan dalam penyelesaian soal dengan teman sebaya baik dalam kerja kelompok ataupun tidak sebelum tindakan 2,7 % dan setelah tindakan mengalami peningkatan 44,4 %, 3) siswa yang berani maju ke depan kelas untuk menjelaskan dan menyampaikan pendapat ataupun mengerjakan soal tanpa harus ditunjuk oleh guru sebelum tindakan 5,5 % dan setelah tindakan meningkatkan 47,3 %, 4) siswa yang mampu berkomunikasi secara efektif dengan orang lain dalam mencari tahu solusi dalam penyelesaian masalah (soal) sebelum tindakan 0 % dan setelah tindakan meningkat 58,3 % dan 5) siswa yang mampu menyelesaikan soal dengan baik dengan konsep yang benar dan matang sebelum tindakan 11 % dan setelah tindakan meningkat 69,4 %. Kesimpulan penelitian ini adalah dengan menerapkan strategi pembelajaran Time Token Student Facilitator and Explaining dapat meningkatkan koneksi belajar matematika siswa pada pokok bahasan aritmatika sosial.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:11711
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
English
English
English
English
publishDate 2011
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:11711 https://eprints.ums.ac.id/11711/ PENINGKATAN KONEKSI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN TIME TOKEN DAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING PADA POKOK BAHASAN ARITMATIKA SOSIAL ( PTK Pembelajaran Matematika Kelas VII di SMP N 1 Sambi Tahun 2010 ) SAPUTRI , IRMA AGUSSETYANA L Education (General) Penelitian ini bertujuan untuk 1) mendeskripsikan proses pembelajaran matematika dengan menggunakan strategi pembelajaran modifikasi Time Token Student Facilitator and Explaining dan 2) meningkatkan koneksi belajar matematika siswa selama proses pembelajaran matematika. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VII E SMP Negeri 1 Sambi yang berjumlah 36 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi sebagai metode pokok, serta metode bantu yang meliputi catatan lapangan, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan koneksi belajar siswa dalam pembelajaran matematika pada pokok bahasan aritmatika sosial. Hal ini dapat dilihat dari : 1) siswa yang mampu menyampaikan materi dengan baik dengan teman satu kelompok dalam diskusi sebelum tindakan 8,3 % dan setelah tindakan 55,6 %, 2) siswa yang mampu mengarahkan dan mau berbagi cara dengan menjelaskan tahapan – tahapan dalam penyelesaian soal dengan teman sebaya baik dalam kerja kelompok ataupun tidak sebelum tindakan 2,7 % dan setelah tindakan mengalami peningkatan 44,4 %, 3) siswa yang berani maju ke depan kelas untuk menjelaskan dan menyampaikan pendapat ataupun mengerjakan soal tanpa harus ditunjuk oleh guru sebelum tindakan 5,5 % dan setelah tindakan meningkatkan 47,3 %, 4) siswa yang mampu berkomunikasi secara efektif dengan orang lain dalam mencari tahu solusi dalam penyelesaian masalah (soal) sebelum tindakan 0 % dan setelah tindakan meningkat 58,3 % dan 5) siswa yang mampu menyelesaikan soal dengan baik dengan konsep yang benar dan matang sebelum tindakan 11 % dan setelah tindakan meningkat 69,4 %. Kesimpulan penelitian ini adalah dengan menerapkan strategi pembelajaran Time Token Student Facilitator and Explaining dapat meningkatkan koneksi belajar matematika siswa pada pokok bahasan aritmatika sosial. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11711/1/HALAMAN_DEPAN.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11711/2/BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11711/3/BAB_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11711/4/BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11711/5/BAB_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11711/8/BAB_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11711/10/Daftar_Pustaka.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11711/12/Lampiran-Lampiran.pdf SAPUTRI , IRMA AGUSSETYANA (2011) PENINGKATAN KONEKSI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN TIME TOKEN DAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING PADA POKOK BAHASAN ARITMATIKA SOSIAL ( PTK Pembelajaran Matematika Kelas VII di SMP N 1 Sambi Tahun 2010 ). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A410070001
spellingShingle L Education (General)
SAPUTRI , IRMA AGUSSETYANA
PENINGKATAN KONEKSI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN TIME TOKEN DAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING PADA POKOK BAHASAN ARITMATIKA SOSIAL ( PTK Pembelajaran Matematika Kelas VII di SMP N 1 Sambi Tahun 2010 )
title PENINGKATAN KONEKSI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN TIME TOKEN DAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING PADA POKOK BAHASAN ARITMATIKA SOSIAL ( PTK Pembelajaran Matematika Kelas VII di SMP N 1 Sambi Tahun 2010 )
title_full PENINGKATAN KONEKSI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN TIME TOKEN DAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING PADA POKOK BAHASAN ARITMATIKA SOSIAL ( PTK Pembelajaran Matematika Kelas VII di SMP N 1 Sambi Tahun 2010 )
title_fullStr PENINGKATAN KONEKSI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN TIME TOKEN DAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING PADA POKOK BAHASAN ARITMATIKA SOSIAL ( PTK Pembelajaran Matematika Kelas VII di SMP N 1 Sambi Tahun 2010 )
title_full_unstemmed PENINGKATAN KONEKSI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN TIME TOKEN DAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING PADA POKOK BAHASAN ARITMATIKA SOSIAL ( PTK Pembelajaran Matematika Kelas VII di SMP N 1 Sambi Tahun 2010 )
title_short PENINGKATAN KONEKSI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN TIME TOKEN DAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING PADA POKOK BAHASAN ARITMATIKA SOSIAL ( PTK Pembelajaran Matematika Kelas VII di SMP N 1 Sambi Tahun 2010 )
title_sort peningkatan koneksi belajar matematika melalui strategi pembelajaran time token dan student facilitator and explaining pada pokok bahasan aritmatika sosial ptk pembelajaran matematika kelas vii di smp n 1 sambi tahun 2010
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/11711/
work_keys_str_mv AT saputriirmaagussetyana peningkatankoneksibelajarmatematikamelaluistrategipembelajarantimetokendanstudentfacilitatorandexplainingpadapokokbahasanaritmatikasosialptkpembelajaranmatematikakelasviidismpn1sambitahun2010