PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN TUTORIAL DAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA KOMPETENSI DASAR PERSEGI DAN PERSEGI PANJANG DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL SISWA (Kelas VII Semester 2 SMP Negeri I Kebakkramat)
Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk menguji dan menganalisis pengaruh pendekatan Tutorial dan Numbered Heads Together (NHT) terhadap hasil belajar matematika, 2) Untuk menguji dan menganalisis pengaruh pendekatan Tutorial dan Numbered Heads Together (NHT) terhadap hasil belajar matem...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English English English English English English |
Published: |
2010
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/11710/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
_version_ | 1804995415434592256 |
---|---|
author | SUYANTI , SUYANTI |
author_facet | SUYANTI , SUYANTI |
author_sort | SUYANTI , SUYANTI |
collection | ePrints |
description |
Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk menguji dan menganalisis pengaruh
pendekatan Tutorial dan Numbered Heads Together (NHT) terhadap hasil belajar
matematika, 2) Untuk menguji dan menganalisis pengaruh pendekatan Tutorial
dan Numbered Heads Together (NHT) terhadap hasil belajar matematika ditinjau
dari kemampuan awal siswa, 3) Untuk menguji dan menganalisis interaksi antara
pendekatan pembelajaran dan kemampuan awal siswa terhadap hasil belajar
matematika. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII semester II SMP
Negeri I Kebakkramat tahun ajaran 2009 / 2010. Sampel digunakan dan diambil
dengan cara cluster random sampling dengan cara undian dan hasil dari teknik ini
adalah kelas VII B sebagai kelas eksperimen VII A sebagai kelas kontrol dan
kelas VII C sebagai kelas uji coba. Metode pengumpulan data yang digunakan
dalam penelitian ini adalah metode tes dan dokumentasi. Teknik analisis data
yang digunakan adalah analisis variansi dua jalur dengan sel tak sama yang
sebelumnya dilakukan uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas dan uji
homogenitas. Hasil penelitian pada = 5 % menunjukkan bahwa : 1) Fhitung
=14,340 sehingga terdapat pengaruh pendekatan pembelajaran terhadap hasil
belajar matematika. 2) Fhitung = 9,912 sehingga terdapat pengaruh yang signifikan
kemampuan awal tinggi, sedang, maupun rendah terhadap hasil belajar
matematika. 3) Fhitung = 0,022 sehingga tidak terdapat interaksi antara pendekatan
pembelajaran dan kemampuan awal siswa terhadap hasil belajar matematika. |
format | Thesis |
id | oai:eprints.ums.ac.id:11710 |
institution | Universitas Muhammadiyah Surakarta |
language | English English English English English English English English |
publishDate | 2010 |
record_format | eprints |
spelling | oai:eprints.ums.ac.id:11710 https://eprints.ums.ac.id/11710/ PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN TUTORIAL DAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA KOMPETENSI DASAR PERSEGI DAN PERSEGI PANJANG DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL SISWA (Kelas VII Semester 2 SMP Negeri I Kebakkramat) SUYANTI , SUYANTI L Education (General) Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk menguji dan menganalisis pengaruh pendekatan Tutorial dan Numbered Heads Together (NHT) terhadap hasil belajar matematika, 2) Untuk menguji dan menganalisis pengaruh pendekatan Tutorial dan Numbered Heads Together (NHT) terhadap hasil belajar matematika ditinjau dari kemampuan awal siswa, 3) Untuk menguji dan menganalisis interaksi antara pendekatan pembelajaran dan kemampuan awal siswa terhadap hasil belajar matematika. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII semester II SMP Negeri I Kebakkramat tahun ajaran 2009 / 2010. Sampel digunakan dan diambil dengan cara cluster random sampling dengan cara undian dan hasil dari teknik ini adalah kelas VII B sebagai kelas eksperimen VII A sebagai kelas kontrol dan kelas VII C sebagai kelas uji coba. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis variansi dua jalur dengan sel tak sama yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian pada = 5 % menunjukkan bahwa : 1) Fhitung =14,340 sehingga terdapat pengaruh pendekatan pembelajaran terhadap hasil belajar matematika. 2) Fhitung = 9,912 sehingga terdapat pengaruh yang signifikan kemampuan awal tinggi, sedang, maupun rendah terhadap hasil belajar matematika. 3) Fhitung = 0,022 sehingga tidak terdapat interaksi antara pendekatan pembelajaran dan kemampuan awal siswa terhadap hasil belajar matematika. 2010 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11710/1/02._Halaman_Depan.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11710/3/03._BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11710/4/04._BAB_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11710/7/05._BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11710/8/06._BAB_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11710/10/07._BAB_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11710/12/08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11710/15/09._Lampiran-Lampiran.pdf SUYANTI , SUYANTI (2010) PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN TUTORIAL DAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA KOMPETENSI DASAR PERSEGI DAN PERSEGI PANJANG DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL SISWA (Kelas VII Semester 2 SMP Negeri I Kebakkramat). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A410060280 |
spellingShingle | L Education (General) SUYANTI , SUYANTI PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN TUTORIAL DAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA KOMPETENSI DASAR PERSEGI DAN PERSEGI PANJANG DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL SISWA (Kelas VII Semester 2 SMP Negeri I Kebakkramat) |
title | PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN TUTORIAL DAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA KOMPETENSI DASAR PERSEGI DAN PERSEGI PANJANG DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL SISWA (Kelas VII Semester 2 SMP Negeri I Kebakkramat) |
title_full | PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN TUTORIAL DAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA KOMPETENSI DASAR PERSEGI DAN PERSEGI PANJANG DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL SISWA (Kelas VII Semester 2 SMP Negeri I Kebakkramat) |
title_fullStr | PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN TUTORIAL DAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA KOMPETENSI DASAR PERSEGI DAN PERSEGI PANJANG DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL SISWA (Kelas VII Semester 2 SMP Negeri I Kebakkramat) |
title_full_unstemmed | PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN TUTORIAL DAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA KOMPETENSI DASAR PERSEGI DAN PERSEGI PANJANG DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL SISWA (Kelas VII Semester 2 SMP Negeri I Kebakkramat) |
title_short | PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN TUTORIAL DAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA KOMPETENSI DASAR PERSEGI DAN PERSEGI PANJANG DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL SISWA (Kelas VII Semester 2 SMP Negeri I Kebakkramat) |
title_sort | pengaruh pendekatan pembelajaran tutorial dan numbered heads together nht terhadap hasil belajar matematika pada kompetensi dasar persegi dan persegi panjang ditinjau dari kemampuan awal siswa kelas vii semester 2 smp negeri i kebakkramat |
topic | L Education (General) |
url | https://eprints.ums.ac.id/11710/ |
work_keys_str_mv | AT suyantisuyanti pengaruhpendekatanpembelajarantutorialdannumberedheadstogethernhtterhadaphasilbelajarmatematikapadakompetensidasarpersegidanpersegipanjangditinjaudarikemampuanawalsiswakelasviisemester2smpnegeriikebakkramat |