PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN TUTORIAL DAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA KOMPETENSI DASAR PERSEGI DAN PERSEGI PANJANG DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL SISWA (Kelas VII Semester 2 SMP Negeri I Kebakkramat)
Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk menguji dan menganalisis pengaruh pendekatan Tutorial dan Numbered Heads Together (NHT) terhadap hasil belajar matematika, 2) Untuk menguji dan menganalisis pengaruh pendekatan Tutorial dan Numbered Heads Together (NHT) terhadap hasil belajar matem...
Saved in:
主要作者: | |
---|---|
格式: | Thesis |
语言: | English English English English English English English English |
出版: |
2010
|
主题: | |
在线阅读: | https://eprints.ums.ac.id/11710/ |
标签: |
添加标签
没有标签, 成为第一个标记此记录!
|
总结: | Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk menguji dan menganalisis pengaruh
pendekatan Tutorial dan Numbered Heads Together (NHT) terhadap hasil belajar
matematika, 2) Untuk menguji dan menganalisis pengaruh pendekatan Tutorial
dan Numbered Heads Together (NHT) terhadap hasil belajar matematika ditinjau
dari kemampuan awal siswa, 3) Untuk menguji dan menganalisis interaksi antara
pendekatan pembelajaran dan kemampuan awal siswa terhadap hasil belajar
matematika. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII semester II SMP
Negeri I Kebakkramat tahun ajaran 2009 / 2010. Sampel digunakan dan diambil
dengan cara cluster random sampling dengan cara undian dan hasil dari teknik ini
adalah kelas VII B sebagai kelas eksperimen VII A sebagai kelas kontrol dan
kelas VII C sebagai kelas uji coba. Metode pengumpulan data yang digunakan
dalam penelitian ini adalah metode tes dan dokumentasi. Teknik analisis data
yang digunakan adalah analisis variansi dua jalur dengan sel tak sama yang
sebelumnya dilakukan uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas dan uji
homogenitas. Hasil penelitian pada = 5 % menunjukkan bahwa : 1) Fhitung
=14,340 sehingga terdapat pengaruh pendekatan pembelajaran terhadap hasil
belajar matematika. 2) Fhitung = 9,912 sehingga terdapat pengaruh yang signifikan
kemampuan awal tinggi, sedang, maupun rendah terhadap hasil belajar
matematika. 3) Fhitung = 0,022 sehingga tidak terdapat interaksi antara pendekatan
pembelajaran dan kemampuan awal siswa terhadap hasil belajar matematika. |
---|