PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN TUTORIAL DAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA KOMPETENSI DASAR PERSEGI DAN PERSEGI PANJANG DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL SISWA (Kelas VII Semester 2 SMP Negeri I Kebakkramat)

Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk menguji dan menganalisis pengaruh pendekatan Tutorial dan Numbered Heads Together (NHT) terhadap hasil belajar matematika, 2) Untuk menguji dan menganalisis pengaruh pendekatan Tutorial dan Numbered Heads Together (NHT) terhadap hasil belajar matem...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: SUYANTI , SUYANTI
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
English
Published: 2010
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/11710/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk menguji dan menganalisis pengaruh pendekatan Tutorial dan Numbered Heads Together (NHT) terhadap hasil belajar matematika, 2) Untuk menguji dan menganalisis pengaruh pendekatan Tutorial dan Numbered Heads Together (NHT) terhadap hasil belajar matematika ditinjau dari kemampuan awal siswa, 3) Untuk menguji dan menganalisis interaksi antara pendekatan pembelajaran dan kemampuan awal siswa terhadap hasil belajar matematika. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII semester II SMP Negeri I Kebakkramat tahun ajaran 2009 / 2010. Sampel digunakan dan diambil dengan cara cluster random sampling dengan cara undian dan hasil dari teknik ini adalah kelas VII B sebagai kelas eksperimen VII A sebagai kelas kontrol dan kelas VII C sebagai kelas uji coba. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis variansi dua jalur dengan sel tak sama yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian pada  = 5 % menunjukkan bahwa : 1) Fhitung =14,340 sehingga terdapat pengaruh pendekatan pembelajaran terhadap hasil belajar matematika. 2) Fhitung = 9,912 sehingga terdapat pengaruh yang signifikan kemampuan awal tinggi, sedang, maupun rendah terhadap hasil belajar matematika. 3) Fhitung = 0,022 sehingga tidak terdapat interaksi antara pendekatan pembelajaran dan kemampuan awal siswa terhadap hasil belajar matematika.