PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING(CPS) DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA UNTUK MENINGKATKAN KEBERANIAN SISWA MENGERJAKAN SOAL-SOALLATIHAN DI DEPAN KELAS (PTKpada Siswa KelasVIISMPNegeri 3ColomaduTahun Ajaran 2009/2010)

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keberanian dan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan alat peraga melalui pendekatan creative problem solving(CPS) pada bangun datar persegi panjang dan persegi. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas d...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: SUSILO, FERY JOKO
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
English
Published: 2010
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/11709/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804995415165108224
author SUSILO, FERY JOKO
author_facet SUSILO, FERY JOKO
author_sort SUSILO, FERY JOKO
collection ePrints
description Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keberanian dan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan alat peraga melalui pendekatan creative problem solving(CPS) pada bangun datar persegi panjang dan persegi. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian siswa kelas VII CSMP Negeri 3 Colomadutahun ajaran 2009/2010 sebanyak 40siswa. Data dikumpulkan melalui metode observasi, catatan lapangan, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara diskriptif kualitatif dengan metode alur. Hasil penelitian adalah; 1) keberanian siswa meningkat meliputi aspek:a) siswa yang menanyakan materi yang belum jelassebelum tindakan(17,5 %), setelahtindakan (60%), b) siswa yang menjawab pertanyaan dari guru atau siswa lainsebelum tindakan(30%), sesudah tindakan (55%), c) siswa yang mengemukakan ide atau gagasan sebelum tindakan (20%),sesudah tindakan (52,5 %), d) siswa yang mengerjakan soal latihan didepan kelassebelum tindakan(12,5%)sesudah tindakan (50%), 2) prestasi belajar siswa meningkat, sebelum tindakan sebesar 23siswa (57,5 %) memiliki nilai ≥ 65 dan diakhir tindakan 32 siswa (80%) siswa memiliki nilai ≥ 65. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan pendekatan Creative Problem Solving (CPS) dengan menggunakan alat peraga dapat meningkatkan keberaniandan prestasi belajar matematika siswa.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:11709
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
English
English
English
English
publishDate 2010
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:11709 https://eprints.ums.ac.id/11709/ PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING(CPS) DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA UNTUK MENINGKATKAN KEBERANIAN SISWA MENGERJAKAN SOAL-SOALLATIHAN DI DEPAN KELAS (PTKpada Siswa KelasVIISMPNegeri 3ColomaduTahun Ajaran 2009/2010) SUSILO, FERY JOKO L Education (General) Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keberanian dan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan alat peraga melalui pendekatan creative problem solving(CPS) pada bangun datar persegi panjang dan persegi. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian siswa kelas VII CSMP Negeri 3 Colomadutahun ajaran 2009/2010 sebanyak 40siswa. Data dikumpulkan melalui metode observasi, catatan lapangan, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara diskriptif kualitatif dengan metode alur. Hasil penelitian adalah; 1) keberanian siswa meningkat meliputi aspek:a) siswa yang menanyakan materi yang belum jelassebelum tindakan(17,5 %), setelahtindakan (60%), b) siswa yang menjawab pertanyaan dari guru atau siswa lainsebelum tindakan(30%), sesudah tindakan (55%), c) siswa yang mengemukakan ide atau gagasan sebelum tindakan (20%),sesudah tindakan (52,5 %), d) siswa yang mengerjakan soal latihan didepan kelassebelum tindakan(12,5%)sesudah tindakan (50%), 2) prestasi belajar siswa meningkat, sebelum tindakan sebesar 23siswa (57,5 %) memiliki nilai ≥ 65 dan diakhir tindakan 32 siswa (80%) siswa memiliki nilai ≥ 65. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan pendekatan Creative Problem Solving (CPS) dengan menggunakan alat peraga dapat meningkatkan keberaniandan prestasi belajar matematika siswa. 2010 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11709/1/Halaman_Depan.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11709/2/BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11709/3/BAB_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11709/4/BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11709/5/BAB_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11709/6/BAB_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11709/9/DAFTAR_PUSTAKA.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11709/12/Lampiran-lampiran.pdf SUSILO, FERY JOKO (2010) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING(CPS) DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA UNTUK MENINGKATKAN KEBERANIAN SISWA MENGERJAKAN SOAL-SOALLATIHAN DI DEPAN KELAS (PTKpada Siswa KelasVIISMPNegeri 3ColomaduTahun Ajaran 2009/2010). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A410060295
spellingShingle L Education (General)
SUSILO, FERY JOKO
PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING(CPS) DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA UNTUK MENINGKATKAN KEBERANIAN SISWA MENGERJAKAN SOAL-SOALLATIHAN DI DEPAN KELAS (PTKpada Siswa KelasVIISMPNegeri 3ColomaduTahun Ajaran 2009/2010)
title PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING(CPS) DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA UNTUK MENINGKATKAN KEBERANIAN SISWA MENGERJAKAN SOAL-SOALLATIHAN DI DEPAN KELAS (PTKpada Siswa KelasVIISMPNegeri 3ColomaduTahun Ajaran 2009/2010)
title_full PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING(CPS) DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA UNTUK MENINGKATKAN KEBERANIAN SISWA MENGERJAKAN SOAL-SOALLATIHAN DI DEPAN KELAS (PTKpada Siswa KelasVIISMPNegeri 3ColomaduTahun Ajaran 2009/2010)
title_fullStr PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING(CPS) DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA UNTUK MENINGKATKAN KEBERANIAN SISWA MENGERJAKAN SOAL-SOALLATIHAN DI DEPAN KELAS (PTKpada Siswa KelasVIISMPNegeri 3ColomaduTahun Ajaran 2009/2010)
title_full_unstemmed PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING(CPS) DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA UNTUK MENINGKATKAN KEBERANIAN SISWA MENGERJAKAN SOAL-SOALLATIHAN DI DEPAN KELAS (PTKpada Siswa KelasVIISMPNegeri 3ColomaduTahun Ajaran 2009/2010)
title_short PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING(CPS) DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA UNTUK MENINGKATKAN KEBERANIAN SISWA MENGERJAKAN SOAL-SOALLATIHAN DI DEPAN KELAS (PTKpada Siswa KelasVIISMPNegeri 3ColomaduTahun Ajaran 2009/2010)
title_sort penerapan metode pembelajaran creative problem solving cps dengan menggunakan alat peraga untuk meningkatkan keberanian siswa mengerjakan soal soallatihan di depan kelas ptkpada siswa kelasviismpnegeri 3colomadutahun ajaran 2009 2010
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/11709/
work_keys_str_mv AT susiloferyjoko penerapanmetodepembelajarancreativeproblemsolvingcpsdenganmenggunakanalatperagauntukmeningkatkankeberaniansiswamengerjakansoalsoallatihandidepankelasptkpadasiswakelasviismpnegeri3colomadutahunajaran20092010