PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING(CPS) DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA UNTUK MENINGKATKAN KEBERANIAN SISWA MENGERJAKAN SOAL-SOALLATIHAN DI DEPAN KELAS (PTKpada Siswa KelasVIISMPNegeri 3ColomaduTahun Ajaran 2009/2010)

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keberanian dan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan alat peraga melalui pendekatan creative problem solving(CPS) pada bangun datar persegi panjang dan persegi. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas d...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: SUSILO, FERY JOKO
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
English
Published: 2010
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/11709/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keberanian dan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan alat peraga melalui pendekatan creative problem solving(CPS) pada bangun datar persegi panjang dan persegi. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian siswa kelas VII CSMP Negeri 3 Colomadutahun ajaran 2009/2010 sebanyak 40siswa. Data dikumpulkan melalui metode observasi, catatan lapangan, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara diskriptif kualitatif dengan metode alur. Hasil penelitian adalah; 1) keberanian siswa meningkat meliputi aspek:a) siswa yang menanyakan materi yang belum jelassebelum tindakan(17,5 %), setelahtindakan (60%), b) siswa yang menjawab pertanyaan dari guru atau siswa lainsebelum tindakan(30%), sesudah tindakan (55%), c) siswa yang mengemukakan ide atau gagasan sebelum tindakan (20%),sesudah tindakan (52,5 %), d) siswa yang mengerjakan soal latihan didepan kelassebelum tindakan(12,5%)sesudah tindakan (50%), 2) prestasi belajar siswa meningkat, sebelum tindakan sebesar 23siswa (57,5 %) memiliki nilai ≥ 65 dan diakhir tindakan 32 siswa (80%) siswa memiliki nilai ≥ 65. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan pendekatan Creative Problem Solving (CPS) dengan menggunakan alat peraga dapat meningkatkan keberaniandan prestasi belajar matematika siswa.