PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP BANGUN PRISMA DAN LIMAS MELALUI METODE LEARNING START WITH A QUESTION (PTK Pembelajaran Matematika Kelas VIII SMP Assalam)
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep bangun prisma dan limas siswa kelas VIII SMP dengan menggunakan metode pembelajaran Learning Start With A Question. Subyek penelitian ini adalah guru kelas VIII D SMP Assalam sebagai subyek pemberi tindakan, kepala s...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English English English English English English |
Published: |
2010
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/11708/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
_version_ | 1804995414894575616 |
---|---|
author | RISYUDA , RATNA |
author_facet | RISYUDA , RATNA |
author_sort | RISYUDA , RATNA |
collection | ePrints |
description | Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemahaman
konsep bangun prisma dan limas siswa kelas VIII SMP dengan menggunakan
metode pembelajaran Learning Start With A Question. Subyek penelitian ini
adalah guru kelas VIII D SMP Assalam sebagai subyek pemberi tindakan, kepala
sekolah sebagai subyek yang membantu dalam perencanaan dan pengumpulan
data penelitian, sedangkan siswa kelas VIIID SMP Assalam yang berjuml ah 36
orang sebagai subyek penerima tindakan. Data dikumpulkan melalui observasi,
dan metode tes. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas bersifat
kolaboratif antara peneliti, guru matematika, dan kepala sekolah. Data dianalisis
sejak tindakan pembelajaran dilaksanakan, dikembangkan selama proses, untuk
selanjutnya dianalisis melalui latihan - latihan soal setiap putaran selama tiga
putaran, dan disajikan secara deskriptif untuk penarikan kesimpulan.
Data hasil penelitian menyimpulkan terdapat peningkatan keaktifan
bertanya dari 21% pada putaran I, 36% pada putaran II, 50% pada putaran III.
Pemahaman konsep juga meningkat yang dapat dilihat dari hasil nilai tes dari
26,3% pada putaran I, 44% pada putaran II, 72% pada akhir penelitian. Dengan
adanya peningkatan kedua aspek tersebut maka dapat disimpulkan bahwa
pembelajaran matematika melalui metode Learning Start With a Question dapat
meningkatkan pemahaman konsep. |
format | Thesis |
id | oai:eprints.ums.ac.id:11708 |
institution | Universitas Muhammadiyah Surakarta |
language | English English English English English English English English |
publishDate | 2010 |
record_format | eprints |
spelling | oai:eprints.ums.ac.id:11708 https://eprints.ums.ac.id/11708/ PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP BANGUN PRISMA DAN LIMAS MELALUI METODE LEARNING START WITH A QUESTION (PTK Pembelajaran Matematika Kelas VIII SMP Assalam) RISYUDA , RATNA L Education (General) Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep bangun prisma dan limas siswa kelas VIII SMP dengan menggunakan metode pembelajaran Learning Start With A Question. Subyek penelitian ini adalah guru kelas VIII D SMP Assalam sebagai subyek pemberi tindakan, kepala sekolah sebagai subyek yang membantu dalam perencanaan dan pengumpulan data penelitian, sedangkan siswa kelas VIIID SMP Assalam yang berjuml ah 36 orang sebagai subyek penerima tindakan. Data dikumpulkan melalui observasi, dan metode tes. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas bersifat kolaboratif antara peneliti, guru matematika, dan kepala sekolah. Data dianalisis sejak tindakan pembelajaran dilaksanakan, dikembangkan selama proses, untuk selanjutnya dianalisis melalui latihan - latihan soal setiap putaran selama tiga putaran, dan disajikan secara deskriptif untuk penarikan kesimpulan. Data hasil penelitian menyimpulkan terdapat peningkatan keaktifan bertanya dari 21% pada putaran I, 36% pada putaran II, 50% pada putaran III. Pemahaman konsep juga meningkat yang dapat dilihat dari hasil nilai tes dari 26,3% pada putaran I, 44% pada putaran II, 72% pada akhir penelitian. Dengan adanya peningkatan kedua aspek tersebut maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika melalui metode Learning Start With a Question dapat meningkatkan pemahaman konsep. 2010 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11708/1/2._HALAMAN_DEPAN.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11708/2/3._BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11708/3/4._BAB_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11708/4/5._BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11708/8/6._BAB_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11708/9/7._BAB_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11708/11/8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11708/12/9._LAMPIRAN.pdf RISYUDA , RATNA (2010) PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP BANGUN PRISMA DAN LIMAS MELALUI METODE LEARNING START WITH A QUESTION (PTK Pembelajaran Matematika Kelas VIII SMP Assalam). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A410060 294 |
spellingShingle | L Education (General) RISYUDA , RATNA PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP BANGUN PRISMA DAN LIMAS MELALUI METODE LEARNING START WITH A QUESTION (PTK Pembelajaran Matematika Kelas VIII SMP Assalam) |
title | PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP BANGUN PRISMA DAN LIMAS MELALUI METODE LEARNING START WITH A QUESTION (PTK Pembelajaran Matematika Kelas VIII SMP Assalam) |
title_full | PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP BANGUN PRISMA DAN LIMAS MELALUI METODE LEARNING START WITH A QUESTION (PTK Pembelajaran Matematika Kelas VIII SMP Assalam) |
title_fullStr | PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP BANGUN PRISMA DAN LIMAS MELALUI METODE LEARNING START WITH A QUESTION (PTK Pembelajaran Matematika Kelas VIII SMP Assalam) |
title_full_unstemmed | PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP BANGUN PRISMA DAN LIMAS MELALUI METODE LEARNING START WITH A QUESTION (PTK Pembelajaran Matematika Kelas VIII SMP Assalam) |
title_short | PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP BANGUN PRISMA DAN LIMAS MELALUI METODE LEARNING START WITH A QUESTION (PTK Pembelajaran Matematika Kelas VIII SMP Assalam) |
title_sort | peningkatan pemahaman konsep bangun prisma dan limas melalui metode learning start with a question ptk pembelajaran matematika kelas viii smp assalam |
topic | L Education (General) |
url | https://eprints.ums.ac.id/11708/ |
work_keys_str_mv | AT risyudaratna peningkatanpemahamankonsepbangunprismadanlimasmelaluimetodelearningstartwithaquestionptkpembelajaranmatematikakelasviiismpassalam |