PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP BANGUN PRISMA DAN LIMAS MELALUI METODE LEARNING START WITH A QUESTION (PTK Pembelajaran Matematika Kelas VIII SMP Assalam)

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep bangun prisma dan limas siswa kelas VIII SMP dengan menggunakan metode pembelajaran Learning Start With A Question. Subyek penelitian ini adalah guru kelas VIII D SMP Assalam sebagai subyek pemberi tindakan, kepala s...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: RISYUDA , RATNA
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
English
Published: 2010
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/11708/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804995414894575616
author RISYUDA , RATNA
author_facet RISYUDA , RATNA
author_sort RISYUDA , RATNA
collection ePrints
description Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep bangun prisma dan limas siswa kelas VIII SMP dengan menggunakan metode pembelajaran Learning Start With A Question. Subyek penelitian ini adalah guru kelas VIII D SMP Assalam sebagai subyek pemberi tindakan, kepala sekolah sebagai subyek yang membantu dalam perencanaan dan pengumpulan data penelitian, sedangkan siswa kelas VIIID SMP Assalam yang berjuml ah 36 orang sebagai subyek penerima tindakan. Data dikumpulkan melalui observasi, dan metode tes. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas bersifat kolaboratif antara peneliti, guru matematika, dan kepala sekolah. Data dianalisis sejak tindakan pembelajaran dilaksanakan, dikembangkan selama proses, untuk selanjutnya dianalisis melalui latihan - latihan soal setiap putaran selama tiga putaran, dan disajikan secara deskriptif untuk penarikan kesimpulan. Data hasil penelitian menyimpulkan terdapat peningkatan keaktifan bertanya dari 21% pada putaran I, 36% pada putaran II, 50% pada putaran III. Pemahaman konsep juga meningkat yang dapat dilihat dari hasil nilai tes dari 26,3% pada putaran I, 44% pada putaran II, 72% pada akhir penelitian. Dengan adanya peningkatan kedua aspek tersebut maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika melalui metode Learning Start With a Question dapat meningkatkan pemahaman konsep.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:11708
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
English
English
English
English
publishDate 2010
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:11708 https://eprints.ums.ac.id/11708/ PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP BANGUN PRISMA DAN LIMAS MELALUI METODE LEARNING START WITH A QUESTION (PTK Pembelajaran Matematika Kelas VIII SMP Assalam) RISYUDA , RATNA L Education (General) Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep bangun prisma dan limas siswa kelas VIII SMP dengan menggunakan metode pembelajaran Learning Start With A Question. Subyek penelitian ini adalah guru kelas VIII D SMP Assalam sebagai subyek pemberi tindakan, kepala sekolah sebagai subyek yang membantu dalam perencanaan dan pengumpulan data penelitian, sedangkan siswa kelas VIIID SMP Assalam yang berjuml ah 36 orang sebagai subyek penerima tindakan. Data dikumpulkan melalui observasi, dan metode tes. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas bersifat kolaboratif antara peneliti, guru matematika, dan kepala sekolah. Data dianalisis sejak tindakan pembelajaran dilaksanakan, dikembangkan selama proses, untuk selanjutnya dianalisis melalui latihan - latihan soal setiap putaran selama tiga putaran, dan disajikan secara deskriptif untuk penarikan kesimpulan. Data hasil penelitian menyimpulkan terdapat peningkatan keaktifan bertanya dari 21% pada putaran I, 36% pada putaran II, 50% pada putaran III. Pemahaman konsep juga meningkat yang dapat dilihat dari hasil nilai tes dari 26,3% pada putaran I, 44% pada putaran II, 72% pada akhir penelitian. Dengan adanya peningkatan kedua aspek tersebut maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika melalui metode Learning Start With a Question dapat meningkatkan pemahaman konsep. 2010 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11708/1/2._HALAMAN_DEPAN.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11708/2/3._BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11708/3/4._BAB_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11708/4/5._BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11708/8/6._BAB_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11708/9/7._BAB_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11708/11/8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11708/12/9._LAMPIRAN.pdf RISYUDA , RATNA (2010) PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP BANGUN PRISMA DAN LIMAS MELALUI METODE LEARNING START WITH A QUESTION (PTK Pembelajaran Matematika Kelas VIII SMP Assalam). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A410060 294
spellingShingle L Education (General)
RISYUDA , RATNA
PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP BANGUN PRISMA DAN LIMAS MELALUI METODE LEARNING START WITH A QUESTION (PTK Pembelajaran Matematika Kelas VIII SMP Assalam)
title PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP BANGUN PRISMA DAN LIMAS MELALUI METODE LEARNING START WITH A QUESTION (PTK Pembelajaran Matematika Kelas VIII SMP Assalam)
title_full PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP BANGUN PRISMA DAN LIMAS MELALUI METODE LEARNING START WITH A QUESTION (PTK Pembelajaran Matematika Kelas VIII SMP Assalam)
title_fullStr PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP BANGUN PRISMA DAN LIMAS MELALUI METODE LEARNING START WITH A QUESTION (PTK Pembelajaran Matematika Kelas VIII SMP Assalam)
title_full_unstemmed PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP BANGUN PRISMA DAN LIMAS MELALUI METODE LEARNING START WITH A QUESTION (PTK Pembelajaran Matematika Kelas VIII SMP Assalam)
title_short PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP BANGUN PRISMA DAN LIMAS MELALUI METODE LEARNING START WITH A QUESTION (PTK Pembelajaran Matematika Kelas VIII SMP Assalam)
title_sort peningkatan pemahaman konsep bangun prisma dan limas melalui metode learning start with a question ptk pembelajaran matematika kelas viii smp assalam
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/11708/
work_keys_str_mv AT risyudaratna peningkatanpemahamankonsepbangunprismadanlimasmelaluimetodelearningstartwithaquestionptkpembelajaranmatematikakelasviiismpassalam