PENINGKATAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN OPEN ENDED (PTK Pembelajaran Matematika di Kelas VII SMP N 1 Gatak)

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematika siswa kelas VIID SMP dengan menggunakan pendekatan pembelajaran Open-ended. Subyek penelitiannya antara lain adalah guru kelas VIID SMP N 1 Gatak sebagai subyek pemberi tindakan, kepala sekolah sebagai subyek yang membantu da...

Celý popis

Uloženo v:
Podrobná bibliografie
Hlavní autor: AMURWANI , ASTUTI
Médium: Diplomová práce
Jazyk:English
English
Vydáno: 2010
Témata:
On-line přístup:https://eprints.ums.ac.id/11707/
Tagy: Přidat tag
Žádné tagy, Buďte první, kdo vytvoří štítek k tomuto záznamu!
_version_ 1804995414624043008
author AMURWANI , ASTUTI
author_facet AMURWANI , ASTUTI
author_sort AMURWANI , ASTUTI
collection ePrints
description Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematika siswa kelas VIID SMP dengan menggunakan pendekatan pembelajaran Open-ended. Subyek penelitiannya antara lain adalah guru kelas VIID SMP N 1 Gatak sebagai subyek pemberi tindakan, kepala sekolah sebagai subyek yang membantu dalam perencanaan dan pengumpulan data penelitian, sedangkan siswa kelas VIID SMP N 1 Gatak yang berjumlah 40 siswa sebagai subyek penerima tindakan. Data dikumpulkan melalui observasi, catatan lapangan, tes dan dokumentasi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas bersifat kolaboratif antara peneliti,guru matematika dan kepala sekolah.. Data dianalisis sejak tindakan pembelajaran dilaksanakan dikembangkan selama proses, untuk selanjutnya diambil melalui latihan-latihan soal pacsa setiap putaran selama tiga putaran dianalisis secara kualitatif, kemudian hasil analisis tersebut disajikan secara deskriptif untuk penarikan kesimpulan. Data hasil penelitian menyimpulkan terdapat peningkatan kemampuan penalaran matematika siswa yang meliputi menemukan ide, melakukan manipulasi matematika, menarik kesimpulan dari 2,6 % sebelum tindakan, 7,5% pada putaran I, 10, 5 % pada putaran II, menjadi 26, 31% pada akhir penelitian. Hasil belajar juga mengalami peningkatan dari 12,5% sebelum penelitian, 31, 5% pada putaran I, 48, 7% pada putaran II, menjadi 54 % pada akhir penelitian. Dengan adanya peningkatan kedua aspek tersebut maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika melalui pendekatan pembelajaran Open-ended dapat meningkatkan kemampuan penalaran matematika.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:11707
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
publishDate 2010
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:11707 https://eprints.ums.ac.id/11707/ PENINGKATAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN OPEN ENDED (PTK Pembelajaran Matematika di Kelas VII SMP N 1 Gatak) AMURWANI , ASTUTI L Education (General) Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematika siswa kelas VIID SMP dengan menggunakan pendekatan pembelajaran Open-ended. Subyek penelitiannya antara lain adalah guru kelas VIID SMP N 1 Gatak sebagai subyek pemberi tindakan, kepala sekolah sebagai subyek yang membantu dalam perencanaan dan pengumpulan data penelitian, sedangkan siswa kelas VIID SMP N 1 Gatak yang berjumlah 40 siswa sebagai subyek penerima tindakan. Data dikumpulkan melalui observasi, catatan lapangan, tes dan dokumentasi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas bersifat kolaboratif antara peneliti,guru matematika dan kepala sekolah.. Data dianalisis sejak tindakan pembelajaran dilaksanakan dikembangkan selama proses, untuk selanjutnya diambil melalui latihan-latihan soal pacsa setiap putaran selama tiga putaran dianalisis secara kualitatif, kemudian hasil analisis tersebut disajikan secara deskriptif untuk penarikan kesimpulan. Data hasil penelitian menyimpulkan terdapat peningkatan kemampuan penalaran matematika siswa yang meliputi menemukan ide, melakukan manipulasi matematika, menarik kesimpulan dari 2,6 % sebelum tindakan, 7,5% pada putaran I, 10, 5 % pada putaran II, menjadi 26, 31% pada akhir penelitian. Hasil belajar juga mengalami peningkatan dari 12,5% sebelum penelitian, 31, 5% pada putaran I, 48, 7% pada putaran II, menjadi 54 % pada akhir penelitian. Dengan adanya peningkatan kedua aspek tersebut maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika melalui pendekatan pembelajaran Open-ended dapat meningkatkan kemampuan penalaran matematika. 2010 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11707/1/COVER_%2B_BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11707/3/SKRIPSI.pdf AMURWANI , ASTUTI (2010) PENINGKATAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN OPEN ENDED (PTK Pembelajaran Matematika di Kelas VII SMP N 1 Gatak). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A410060290
spellingShingle L Education (General)
AMURWANI , ASTUTI
PENINGKATAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN OPEN ENDED (PTK Pembelajaran Matematika di Kelas VII SMP N 1 Gatak)
title PENINGKATAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN OPEN ENDED (PTK Pembelajaran Matematika di Kelas VII SMP N 1 Gatak)
title_full PENINGKATAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN OPEN ENDED (PTK Pembelajaran Matematika di Kelas VII SMP N 1 Gatak)
title_fullStr PENINGKATAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN OPEN ENDED (PTK Pembelajaran Matematika di Kelas VII SMP N 1 Gatak)
title_full_unstemmed PENINGKATAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN OPEN ENDED (PTK Pembelajaran Matematika di Kelas VII SMP N 1 Gatak)
title_short PENINGKATAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN OPEN ENDED (PTK Pembelajaran Matematika di Kelas VII SMP N 1 Gatak)
title_sort peningkatan kemampuan penalaran matematika melalui pendekatan pembelajaran open ended ptk pembelajaran matematika di kelas vii smp n 1 gatak
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/11707/
work_keys_str_mv AT amurwaniastuti peningkatankemampuanpenalaranmatematikamelaluipendekatanpembelajaranopenendedptkpembelajaranmatematikadikelasviismpn1gatak