PENINGKATAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN OPEN ENDED (PTK Pembelajaran Matematika di Kelas VII SMP N 1 Gatak)
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematika siswa kelas VIID SMP dengan menggunakan pendekatan pembelajaran Open-ended. Subyek penelitiannya antara lain adalah guru kelas VIID SMP N 1 Gatak sebagai subyek pemberi tindakan, kepala sekolah sebagai subyek yang membantu da...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English |
Published: |
2010
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/11707/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematika siswa kelas VIID SMP dengan menggunakan pendekatan pembelajaran Open-ended. Subyek penelitiannya antara lain adalah guru kelas VIID SMP N 1 Gatak sebagai subyek pemberi tindakan, kepala sekolah sebagai subyek yang membantu dalam perencanaan dan pengumpulan data penelitian, sedangkan siswa kelas VIID SMP N 1 Gatak yang berjumlah 40 siswa sebagai subyek penerima tindakan. Data dikumpulkan melalui observasi, catatan lapangan, tes dan dokumentasi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas bersifat kolaboratif antara peneliti,guru matematika dan kepala sekolah.. Data dianalisis sejak tindakan pembelajaran dilaksanakan dikembangkan selama proses, untuk selanjutnya diambil melalui latihan-latihan soal pacsa setiap putaran selama tiga putaran dianalisis secara kualitatif, kemudian hasil analisis tersebut disajikan secara deskriptif untuk penarikan kesimpulan.
Data hasil penelitian menyimpulkan terdapat peningkatan kemampuan penalaran matematika siswa yang meliputi menemukan ide, melakukan manipulasi matematika, menarik kesimpulan dari 2,6 % sebelum tindakan, 7,5% pada putaran I, 10, 5 % pada putaran II, menjadi 26, 31% pada akhir penelitian. Hasil belajar juga mengalami peningkatan dari 12,5% sebelum penelitian, 31, 5% pada putaran I, 48, 7% pada putaran II, menjadi 54 % pada akhir penelitian. Dengan adanya peningkatan kedua aspek tersebut maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika melalui pendekatan pembelajaran Open-ended dapat meningkatkan kemampuan penalaran matematika.
|
---|