PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION DAN NUMBERED HEADS TOGETHER TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SOAL CERITA DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 COLOMADU
Penelitian ini bertujuan untuk:1) Untuk menganalisis dan menguji pengaruh pendekatan Group Investigation dan Numbered Heads Together terhadap kemampuan pemecahan masalah soal cerita, 2) Untuk menganalisis dan menguji pengaruh pendekatan Group Investigation dan Numbered Heads Together t...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English English English English English English |
Published: |
2011
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/11705/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Penelitian ini bertujuan untuk:1) Untuk menganalisis dan menguji pengaruh
pendekatan Group Investigation dan Numbered Heads Together terhadap kemampuan
pemecahan masalah soal cerita, 2) Untuk menganalisis dan menguji pengaruh
pendekatan Group Investigation dan Numbered Heads Together terhadap kemampuan
pemecahan masalah soal cerita ditinjau dari kemampuan awal siswa, 3) Untuk
menganalisis dan menguji interaksi antara pendekatan pembelajaran dan kemampuan
awal siswa terhadap kemampuan masalah soal cerita. Populasi penelitian ini adalah
kelas VII semester II SMP Negeri 2 Colomadu tahun ajaran 2009 / 2010. Sampel
digunakan dan diambil dengan cara cluster random sampling dengan cara undian dan
hasil dari teknik ini adalah kelas VII B sebagai kelas eksperimen VII A sebagai kelas
kontrol dan kelasVII C sebagai kelas uji coba. Metode pengumpulan data yang
digunakan dalam kelas ini adalah metode tes dan dokumentasi. Teknik analisis data
yang digunakan adalah analisis variansi dua jalur dengan sel tak sama yang
sebelumnya dilakukan uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas dan uji
homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Ada pengaruh pendekatan
pembelajaran terhadap kemampuan pemecahan masalah soal cerita dengan α= 5%.
Berarti penggunaan pendekatan pembelajaran GI dan NHT mempengaruhi
kemampuan pemecahan soal cerita. 2) Ada pengaruh yang signifikasi kemampuan
awal tinggi, sedang, maupun rendah terhadap kemampuan pemecahan masalah soal
cerita dengan α= 5%. Berarti kemampuan awal siswa mempengaruhi kemampuan
pemecahan soal cerita. 3) Tidak terdapat interaksi antara pendekatan pembelajaran dan
kemampuan awal siswa terhadap kemampuan pemecahan masalah soal cerita dengan
α= 5%. Berarti tidak ada interaksi antara kemampuan pemecahan masalah soal cerita
antara siswa yang diberikan pengajaran dengan pendekatan pembelajaran GI dan
pendekatan pembelajaran NHT |
---|