PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN TEAM QUIZ DAN QUESTIONS STUDENTS HAVE UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA PERSEGI DAN PERSEGI PANJANG (PTK Kelas VII Semester II di SMP NEGERI 2 Colomadu)
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) meningkatkan keaktifan belajar siswa dalam proses pembelajaran matematika melalui penerapan pendekatan Team Quiz dan Questions Students Have, (2) meningkatkan prestasi belajar siswa setelah dilakukan proses pembelajaran matematika pada persegi dan perseg...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English English English English English English |
Published: |
2010
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/11704/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Penelitian ini bertujuan untuk: (1) meningkatkan keaktifan belajar siswa
dalam proses pembelajaran matematika melalui penerapan pendekatan Team Quiz
dan Questions Students Have, (2) meningkatkan prestasi belajar siswa setelah
dilakukan proses pembelajaran matematika pada persegi dan persegi panjang
melalui penerapan pendekatan Team Quiz dan Questions Students Have. Subjek
pelaksana tindakan adalah guru dan subjek yang membantu pelaksana adalah
peneliti dan kepala sekolah. Teknik pengumpulan data menggunakan metode
observasi, catatan lapangan, metode tes, dan dokumentasi. Analisis Data yang
digunakan secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini terdapat peningkatan
keaktifan siswa dalam (1) mengajukan pertanyaan sebelum tindakan sebanyak 4
siswa (9,7%) setelah tindakan 21 siswa (51,2%), (2) mengerjakan soal-soal latihan
di depan kelas sebelum tindakan sebanyak 5 siswa (12,2%) setelah tindakan 23
siswa ( 56,1%), (3) mengemukakan pendapat atau ide sebelum tindakan 3 siswa
(7,3%) setelah tindakan 20 siswa (48,8%), (4) menjawab pertanyaan sebelum
tindakan 6 siswa (14,6%) sesudah tindakan 24 siswa (58,5%), (5) menyanggah
atau menyetujui ide teman sebelum tindakan 5 siswa (12,2%) sesudah tindakan 21
siswa (51,2%). Hasil tes tertulis yang dilakukan sebelum dan sesudah penelitian
menunjukkan adanya peningkatan pada prestasi belajar siswa. Sebelum tindakan
siswa yang mendapat nilai lebih besar sama dengan 70 sebelum tindakan 12 siswa
(29,3%) sesudah tindakan 29 siswa (70,7%). Dengan demikian penelitian ini dapat
disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan pendekatan Team Quiz dan
Questions Students Have dapat meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa. |
---|