PENINGKATAN AKTIVITAS DAN KREATIVITAS SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN ACTIVE LEARNING TIPE INDEX CARD MATCH (PTK Pembelajaran Matematika Kelas VIII Semester Genap SMP Muhammadiyah 7 Surakarta)
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendiskripsikan peningkatan aktivitas siswa dalam pembelajaran matematika melalui pendekatan Active Learning tipe Index Card Match, (2) Mendiskripsikan peningkatan kreativitas siswa dalam pembelajaran matematika melalui pendekatan Active Learning tipe...
Uloženo v:
Hlavní autor: | |
---|---|
Médium: | Diplomová práce |
Jazyk: | English English English English English English English English |
Vydáno: |
2011
|
Témata: | |
On-line přístup: | https://eprints.ums.ac.id/11702/ |
Tagy: |
Přidat tag
Žádné tagy, Buďte první, kdo vytvoří štítek k tomuto záznamu!
|
Shrnutí: | Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendiskripsikan peningkatan aktivitas
siswa dalam pembelajaran matematika melalui pendekatan Active Learning tipe
Index Card Match, (2) Mendiskripsikan peningkatan kreativitas siswa dalam
pembelajaran matematika melalui pendekatan Active Learning tipe Index Card
Match. Subyek pelaksana tindakan adalah guru dan subyek yang membantu
pelaksanaan adalah peneliti dan kepala sekolah. Teknik pengumpulan data
menggunakan metode observasi, catatan lapangan, tes dan dokumentasi. Analisis
data yang digunakan secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan
adanya peningkatan aktivitas dan kreativitas siswa dalam pembelajaran
matematika. Hal ini dapat dilihat dari (1) Siswa yang aktif mengerjakan soal di
depan kelas sebelum tindakan 16% setelah tindakan 80%, (2) Siswa yang aktif
bertanya ketika kurang jelas terhadap materi pelajaran sebelum tindakan 12%
setelah tindakan 76%, (3) Siswa yang mampu memanfaatkan sumber belajar
seperti buku paket dan LKS sebelum tindakan 24% setelah tindakan 92%, (4)
Siswa yang mampu menjawab pertanyaan dari guru sebelum tindakan 20%
setelah tindakan 88%, dan (5) Siswa yang mampu mengidentifikasi ide sebelum
tindakan 16% setelah tindakan 80%. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran
menggunakan pendekatan Active Learning tipe Index Card Match dapat
meningkatkan aktivitas dan kreativitas dalam pembelajaran matematika.
|
---|