PENINGKATAN AKTIVITAS DAN KREATIVITAS SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN ACTIVE LEARNING TIPE INDEX CARD MATCH (PTK Pembelajaran Matematika Kelas VIII Semester Genap SMP Muhammadiyah 7 Surakarta)

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendiskripsikan peningkatan aktivitas siswa dalam pembelajaran matematika melalui pendekatan Active Learning tipe Index Card Match, (2) Mendiskripsikan peningkatan kreativitas siswa dalam pembelajaran matematika melalui pendekatan Active Learning tipe...

Celý popis

Uloženo v:
Podrobná bibliografie
Hlavní autor: HARDANI , DITA PUTRI
Médium: Diplomová práce
Jazyk:English
English
English
English
English
English
English
English
Vydáno: 2011
Témata:
On-line přístup:https://eprints.ums.ac.id/11702/
Tagy: Přidat tag
Žádné tagy, Buďte první, kdo vytvoří štítek k tomuto záznamu!
Popis
Shrnutí:Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendiskripsikan peningkatan aktivitas siswa dalam pembelajaran matematika melalui pendekatan Active Learning tipe Index Card Match, (2) Mendiskripsikan peningkatan kreativitas siswa dalam pembelajaran matematika melalui pendekatan Active Learning tipe Index Card Match. Subyek pelaksana tindakan adalah guru dan subyek yang membantu pelaksanaan adalah peneliti dan kepala sekolah. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, catatan lapangan, tes dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan aktivitas dan kreativitas siswa dalam pembelajaran matematika. Hal ini dapat dilihat dari (1) Siswa yang aktif mengerjakan soal di depan kelas sebelum tindakan 16% setelah tindakan 80%, (2) Siswa yang aktif bertanya ketika kurang jelas terhadap materi pelajaran sebelum tindakan 12% setelah tindakan 76%, (3) Siswa yang mampu memanfaatkan sumber belajar seperti buku paket dan LKS sebelum tindakan 24% setelah tindakan 92%, (4) Siswa yang mampu menjawab pertanyaan dari guru sebelum tindakan 20% setelah tindakan 88%, dan (5) Siswa yang mampu mengidentifikasi ide sebelum tindakan 16% setelah tindakan 80%. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan pendekatan Active Learning tipe Index Card Match dapat meningkatkan aktivitas dan kreativitas dalam pembelajaran matematika.