EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZA TION (TAI)MELALUI PEMANFAATAN LKS TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISWA POKOK BAHASAN BANGUN RUANG SISI DATAR KUBUS DAN BALOK PADA SISWA KELAS VIII SEMESTER 2 SMP NEGERI 1 GIRIMARTO TAHUN AJARAN 2009/2010

Penelitian ini bertujuan:1. Perbedaan pemahaman konsep Bangun Ruang Sisi Datar Kubus dan Balok antara siswa yang diberi pembelajaran dengan metode pembelajaran kooperatif tipe TAI (Team Assisted Individualization) dan siswa yang diberi pembelajaran dengan metode konvensional. 2. Pemahaman ko...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: ASTRIYANI, LINNA
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
English
Published: 2010
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/11701/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804995412971487232
author ASTRIYANI, LINNA
author_facet ASTRIYANI, LINNA
author_sort ASTRIYANI, LINNA
collection ePrints
description Penelitian ini bertujuan:1. Perbedaan pemahaman konsep Bangun Ruang Sisi Datar Kubus dan Balok antara siswa yang diberi pembelajaran dengan metode pembelajaran kooperatif tipe TAI (Team Assisted Individualization) dan siswa yang diberi pembelajaran dengan metode konvensional. 2. Pemahaman konsep siswa yang diberi pembelajaran dengan metode kooperatif tipe TAI (Team Assisted Individualization) dengan media LKS (Lembar Kerja Siswa) lebih baik dari pada siswa yang diberi pembelajaran dengan metode konvensional. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan menggunakan rumus T-tesyang sebelumnya dilakukan uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh nilai thitung sebesar 2,251; dan dengan nilai df= 50 maka diperoleh ttabel sebesar 2,009. Oleh karena nilai ttabel < thtung (2,009 < 2,251) maka H0 ditolak, sehingga terdapat perbedaan pemahaman konsep Bangun Ruang Sisi Datar Kubus dan Balok antara siswa yang diberi pembelajaran dengan metode pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) dan siswa yang diberi pembelajaran dengan metode konvensional.Hasil perhitungan juga diketahui bahwa untuk kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata sebesar 7,62 dan untuk kelas kontrol diperoleh nilai rata- rata sebesar 6,62; sehingga pemahaman konsep siswa yang diberi pembelajaran dengan metode kooperatif tipe TAI (Team Assisted Individualization) dengan media LKS (Lembar Kerja Siswa) lebih baik dari pada siswa yang diberi pembelajaran dengan metode konvensional.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:11701
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
English
English
English
English
publishDate 2010
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:11701 https://eprints.ums.ac.id/11701/ EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZA TION (TAI)MELALUI PEMANFAATAN LKS TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISWA POKOK BAHASAN BANGUN RUANG SISI DATAR KUBUS DAN BALOK PADA SISWA KELAS VIII SEMESTER 2 SMP NEGERI 1 GIRIMARTO TAHUN AJARAN 2009/2010 ASTRIYANI, LINNA L Education (General) Penelitian ini bertujuan:1. Perbedaan pemahaman konsep Bangun Ruang Sisi Datar Kubus dan Balok antara siswa yang diberi pembelajaran dengan metode pembelajaran kooperatif tipe TAI (Team Assisted Individualization) dan siswa yang diberi pembelajaran dengan metode konvensional. 2. Pemahaman konsep siswa yang diberi pembelajaran dengan metode kooperatif tipe TAI (Team Assisted Individualization) dengan media LKS (Lembar Kerja Siswa) lebih baik dari pada siswa yang diberi pembelajaran dengan metode konvensional. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan menggunakan rumus T-tesyang sebelumnya dilakukan uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh nilai thitung sebesar 2,251; dan dengan nilai df= 50 maka diperoleh ttabel sebesar 2,009. Oleh karena nilai ttabel < thtung (2,009 < 2,251) maka H0 ditolak, sehingga terdapat perbedaan pemahaman konsep Bangun Ruang Sisi Datar Kubus dan Balok antara siswa yang diberi pembelajaran dengan metode pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) dan siswa yang diberi pembelajaran dengan metode konvensional.Hasil perhitungan juga diketahui bahwa untuk kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata sebesar 7,62 dan untuk kelas kontrol diperoleh nilai rata- rata sebesar 6,62; sehingga pemahaman konsep siswa yang diberi pembelajaran dengan metode kooperatif tipe TAI (Team Assisted Individualization) dengan media LKS (Lembar Kerja Siswa) lebih baik dari pada siswa yang diberi pembelajaran dengan metode konvensional. 2010 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11701/1/Halaman_Depan.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11701/3/BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11701/6/BAB_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11701/7/BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11701/11/BAB_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11701/13/BAB_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11701/17/DAFTAR_PUSTAKA.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11701/20/Lampiran-lampiran.pdf ASTRIYANI, LINNA (2010) EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZA TION (TAI)MELALUI PEMANFAATAN LKS TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISWA POKOK BAHASAN BANGUN RUANG SISI DATAR KUBUS DAN BALOK PADA SISWA KELAS VIII SEMESTER 2 SMP NEGERI 1 GIRIMARTO TAHUN AJARAN 2009/2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A410060279
spellingShingle L Education (General)
ASTRIYANI, LINNA
EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZA TION (TAI)MELALUI PEMANFAATAN LKS TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISWA POKOK BAHASAN BANGUN RUANG SISI DATAR KUBUS DAN BALOK PADA SISWA KELAS VIII SEMESTER 2 SMP NEGERI 1 GIRIMARTO TAHUN AJARAN 2009/2010
title EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZA TION (TAI)MELALUI PEMANFAATAN LKS TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISWA POKOK BAHASAN BANGUN RUANG SISI DATAR KUBUS DAN BALOK PADA SISWA KELAS VIII SEMESTER 2 SMP NEGERI 1 GIRIMARTO TAHUN AJARAN 2009/2010
title_full EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZA TION (TAI)MELALUI PEMANFAATAN LKS TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISWA POKOK BAHASAN BANGUN RUANG SISI DATAR KUBUS DAN BALOK PADA SISWA KELAS VIII SEMESTER 2 SMP NEGERI 1 GIRIMARTO TAHUN AJARAN 2009/2010
title_fullStr EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZA TION (TAI)MELALUI PEMANFAATAN LKS TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISWA POKOK BAHASAN BANGUN RUANG SISI DATAR KUBUS DAN BALOK PADA SISWA KELAS VIII SEMESTER 2 SMP NEGERI 1 GIRIMARTO TAHUN AJARAN 2009/2010
title_full_unstemmed EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZA TION (TAI)MELALUI PEMANFAATAN LKS TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISWA POKOK BAHASAN BANGUN RUANG SISI DATAR KUBUS DAN BALOK PADA SISWA KELAS VIII SEMESTER 2 SMP NEGERI 1 GIRIMARTO TAHUN AJARAN 2009/2010
title_short EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZA TION (TAI)MELALUI PEMANFAATAN LKS TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISWA POKOK BAHASAN BANGUN RUANG SISI DATAR KUBUS DAN BALOK PADA SISWA KELAS VIII SEMESTER 2 SMP NEGERI 1 GIRIMARTO TAHUN AJARAN 2009/2010
title_sort eksperimentasi pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe team assisted individualiza tion tai melalui pemanfaatan lks terhadap pemahaman konsep siswa pokok bahasan bangun ruang sisi datar kubus dan balok pada siswa kelas viii semester 2 smp negeri 1 girimarto tahun ajaran 2009 2010
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/11701/
work_keys_str_mv AT astriyanilinna eksperimentasipembelajarandenganmenggunakanmetodepembelajarankooperatiftipeteamassistedindividualizationtaimelaluipemanfaatanlksterhadappemahamankonsepsiswapokokbahasanbangunruangsisidatarkubusdanbalokpadasiswakelasviiisemester2smpnegeri1girimartotahunaja