EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZA TION (TAI)MELALUI PEMANFAATAN LKS TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISWA POKOK BAHASAN BANGUN RUANG SISI DATAR KUBUS DAN BALOK PADA SISWA KELAS VIII SEMESTER 2 SMP NEGERI 1 GIRIMARTO TAHUN AJARAN 2009/2010
Penelitian ini bertujuan:1. Perbedaan pemahaman konsep Bangun Ruang Sisi Datar Kubus dan Balok antara siswa yang diberi pembelajaran dengan metode pembelajaran kooperatif tipe TAI (Team Assisted Individualization) dan siswa yang diberi pembelajaran dengan metode konvensional. 2. Pemahaman ko...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English English English English English English |
Published: |
2010
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/11701/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Penelitian ini bertujuan:1. Perbedaan pemahaman konsep Bangun Ruang Sisi
Datar Kubus dan Balok antara siswa yang diberi pembelajaran dengan metode
pembelajaran kooperatif tipe TAI (Team Assisted Individualization) dan siswa
yang diberi pembelajaran dengan metode konvensional. 2. Pemahaman konsep
siswa yang diberi pembelajaran dengan metode kooperatif tipe TAI (Team
Assisted Individualization) dengan media LKS (Lembar Kerja Siswa) lebih baik
dari pada siswa yang diberi pembelajaran dengan metode konvensional. Metode
pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode tes dan
dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan menggunakan
rumus T-tesyang sebelumnya dilakukan uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas
dan uji homogenitas. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh nilai thitung sebesar
2,251; dan dengan nilai df= 50 maka diperoleh ttabel sebesar 2,009. Oleh karena
nilai ttabel < thtung (2,009 < 2,251) maka H0 ditolak, sehingga terdapat perbedaan
pemahaman konsep Bangun Ruang Sisi Datar Kubus dan Balok antara siswa yang
diberi pembelajaran dengan metode pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted
Individualization (TAI) dan siswa yang diberi pembelajaran dengan metode
konvensional.Hasil perhitungan juga diketahui bahwa untuk kelas eksperimen
diperoleh nilai rata-rata sebesar 7,62 dan untuk kelas kontrol diperoleh nilai rata-
rata sebesar 6,62; sehingga pemahaman konsep siswa yang diberi pembelajaran
dengan metode kooperatif tipe TAI (Team Assisted Individualization) dengan
media LKS (Lembar Kerja Siswa) lebih baik dari pada siswa yang diberi
pembelajaran dengan metode konvensional. |
---|